logo GajiGesa

Blog

5 Cara Ampuh Atur Keuangan untuk Single Parent

cara atur keuangan untuk single parent

Menjadi orang tua tunggal bukanlah hal yang mudah, terutama jika membahas keperluan finansial. Melihat hal tersebut, ada baiknya kamu mengetahui beberapa cara jitu atur keuangan untuk single parent.

Single parent atau orang tua tunggal merujuk kepada satu individu yang harus membesarkan dan merawat anak tanpa bantuan pasangannya.

Mereka harus memenuhi kewajiban dalam rumah tangga seorang diri, tanpa mendapatkan dukungan dari pasangan atau orang lain.

Hal ini lah yang mengharuskan para single parent untuk bisa pandai dalam mengatur dan mengelola keuangan.

Masalahnya, mengelola keuangan secara mandiri merupakan hal yang sulit. Terutama kini kamu harus bisa menghidupi buah hati di rumah.

Meskipun demikian, kamu yang menjadi orang tua tunggal pasti bisa melakukannya dengan baik, selama memiliki rencana keuangan yang baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan sebagai single parent untuk mengatur keuangan. Yuk, disimak!

Cara Atur Keuangan untuk Single Parent

cara atur keuangan untuk single parent

1. Memiliki rencana yang tepat

Cara atur keuangan pertama untuk kamu yang orang tua tunggal adalah memiliki rencana tepat.

Rencana merupakan sebuah langkah awal dalam hal mengatur keuangan. Di sini, kamu bisa memilah berbagai keinginan dan kebutuhan keluargamu dan menyusunnya secara matang.

Tentunya, menyusun sebuah rencana keuangan akan membutuhkan banyak pertimbangan. Tujuannya tak lain agar hal yang direncanakan dapat terwujudkan dengan baik.

Apabila membuat rencana keuangan yang asal-asalan, kamu hanya akan membuat kondisi finansial keluarga menjadi berantakan.

Maka dari itu, sebagai saran, bentuk rencana keuangan secara realistis, di mana semuanya tetap seimbang dan bisa memberikan efek positif terhadap keluarga kamu.

2. Prioritaskan kebutuhan pokok dan masa depan

Cara atur keuangan untuk single parent selanjutnya adalah memprioritaskan kebutuhan pokok dan masa depan.

Sebagai tumpuan keluarga, kamu harus bisa membedakan prioritas dengan baik, seperti keinginan, kebutuhan, dan kewajiban.

Dengan begitu, kamu jadi bisa memahami hal yang perlu diutamakan serta cara terbaik untuk mengatur pengeluarannya di kemudian hari.

Memikirkan dan merencanakan masa depan merupakan hal yang sangat penting dalam mengatur keuangan.

Maka dari itu, selalu upayakan untuk mengatur dan memikirkan hal-hal harus dipersiapkan untuk masa depan, seperti asuransi kesehatan, asuransi pensiun, dan juga dana pendidikan.

3. Menerapkan pola hidup hemat

Cara atur keuangan untuk single parent lainnya adalah menerapkan pola hidup hemat.

Sebagai single parent, pendapatan hanya akan berasal dari satu pihak, yaitu diri kamu sendiri. Dengan demikian, penghasilan yang kamu terima harus bisa memenuhi berbagai kebutuhan keluarga.

Oleh karena itu, cobalah untuk membiasakan diri dalam pola hidup hemat.

Jangan gunakan uang untuk berbagai hal yang tidak penting. Kebiasaan buruk ini pada akhirnya akan membuatmu boros dan kehabisan uang untuk keperluan di masa mendatang.

4. Mendapatkan penghasilan tambahan

Cara atur keuangan untuk single parent lainnya adalah dengan mendapatkan penghasilan tambahan.

Seperti yang sudah dipaparkan, sumber pendapatanmu sebagai seorang orang tua tunggal sudah pasti akan terbatas.

Maka dari itu, tak ada salahnya bagimu untuk mencari pekerjaan sampingan dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Hal ini akan sangat berguna apabila kamu memiliki sejumlah kebutuhan yang tidak semuanya bisa terpenuhi.

Pemasukan tambahan ini juga dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan keluarga, seperti pengeluaran harian, bulanan, sampai jangka panjang.

Jadi jangan sampai kamu bergantung dan mengandalkan penghasilan yang kamu dapatkan dari pekerjaan yang kamu miliki saat ini.

5. Menghindari berutang

Cara atur keuangan untuk single parent yang terakhir adalah menghindari berutang.

Terkadang, ada banyak single parent yang terlilit utang karena memiliki pendapatan yang tidak sepadan dengan pengeluaran.

Padahal, keadaan ini bisa kamu hindari dengan membuat rencana keuangan yang tepat atau mencari pekerjaan sampingan.

Utang memang berguna untuk keperluan jangka pendek, tetapi untuk jangka panjang kebiasaan ini malah akan menimbulkan masalah.

Dengan demikian, sebisa mungkin hindari mengambil utang dalam bentuk apapun. Utang hanya akan memperburuk situasi finansial keluarga, terutama saat keuangan kamu belum stabil.

Nah, itulah rangkuman dari berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatur keuangan sebagai single parent. Semoga beruntung ya!

Hubungi Kami