fbpx
mencari penghasilan tambahan

Tips yang Mau Punya Penghasilan Tambahan. Simak Caranya di Sini!

 

Walaupun kamu sudah memiliki pekerjaan penuh waktu, tapi lebih baik kalau kamu juga mencari penghasilan tambahan lho. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan!

Kondisi ekonomi yang tidak menentu mungkin membuat kamu mengkhawatirkan masa depan. Meskipun saat ini kamu memiliki pekerjaan penuh waktu, namun kemungkinan kehilangan pekerjaan bisa saja terjadi jika kamu adalah seorang karyawan. Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya untuk menyiapkan masa depan dan menjaga kondisi finansial. Salah satunya dengan mencari penghasilan tambahan. Lantas bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan?

Bagaimana kamu bisa melindungi kondisi finansial kamu? Kamu bisa menghilangkan sebagian kekhawatiran kamu dengan diversifikasi pemasukan. Diversifikasi pemasukan berarti menambah beberapa aliran pemasukan selain dari pemasukan utama yaitu full time job kamu. Cara mendapatkan penghasilan tambahan memang bisa menantang apalagi kalau kamu punya pekerjaan utama yang menyita waktu. Namun ada kok, cara-cara yang memungkinkan dan dapat dilakukan siapa saja.

Baca juga: Mulai Berapapun, Ini Cara Berinvestasi untuk Gaji 3 Juta!

Ada beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan, beberapa metode cocok untuk kamu yang sudah memiliki tabungan yang banyak dan aset, tapi ada juga kok metode yang cocok untuk siapa saja yang baru memulai atau masih hidup dari gaji ke gaji. Apakah kamu sedang mencari cara lebih cepat melunasi utang, mencari penghasilan tambahan untuk berbisnis atau sekadar menabung untuk masa depan, ini beberapa cara untuk memulai. Apa saja sih caranya?

Pertama cara menambah penghasilan secara aktif

Mencari penghasilan tambahan secara aktif berarti kamu harus rela menyediakan waktu lebih untuk ‘side hustle’ alias sampingan. Di luar jam kerja 9 to 5, kamu harus merelakan waktu beristirahat atau bersenang-senang untuk menghasilkan uang lebih. Namun, ini akan sepadan dengan hasilnya dalam jangka waktu penjang. Berikut beberapa ide yang bisa kamu lakukan.

  • Membuka usaha sampingan kecil-kecilan

Tidak perlu jauh-jauh, pikirkan saja dari apa yang kamu suka lakukan. Kamu bisa mengubah hobi kamu menjadi bisnis kecil-kecilan. Ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang menyenangkan. Misalnya jika kamu hobi memasak kamu bisa menjual hasil masakan kamu atau membuka usaha katering kecil-kecilan, atau kamu seorang yang crafty? Kamu bisa menjual barang kerajinan yang kamu buat. Kamu juga bisa menggunakan expertise yang kamu miliki, misalnya dengan menjadi konsultan atau pengajar.

  • Mencoba kewirausahaan mikro

Tidak tahu mulai darimana? Saat ini ada berbagai kewirausahaan mikro yang bisa kamu coba, seperti delivery makanan atau supir mobil atau motor berbasis online yang bisa kamu kerjakan di luar jam kerja. Cara mendapatkan penghasilan tambahan seperti ini tidak membutuhkan modal besar (kecuali mobil atau motor yang sudah kamu miliki sebelumnya) dan persiapan sebelumnya, berbeda jika kamu berwirausaha seutuhnya.

  • Memanfaatkan internet

Kamu dapat memanfaatkan internet untuk cara mendapatkan penghasilan tambahan. Di zaman sekarang ada banyak sekali peluang mencari penghasilan tambahan yang bisa didapatkan dari internet. Misalnya dengan menjadi penjual dropship atau reseller. Atau bahkan dengan modal yang lebih besar dan koneksi supplier, kamu dapat membuka online store-mu sendiri atau memanfaatkan e-commerce yang sudah ada.

Kamu juga bisa memanfaatkan internet dengan mengikuti program Affiliate Marketing, yaitu metode menghasilkan uang melalui kode referral. Yang perlu kamu lakukan cukup promosi produk di berbagai platform online kamu seperti website, blog, dan sosial media.

  • Mencari pekerjaan freelance

Kamu bisa tanya-tanya teman atau kolega di luar kantor untuk menjadi pekerjaan freelance atau sering juga disebut side job, bisa yang serupa dengan pekerjaan utamamu atau sama sekali berbeda yang penting kamu memiliki skill-nya. Kamu juga bisa cek situs-situs penyedia pekerjaan freelance seperti freelancer, sribulancer, projects, fiverr, dan lain-lain.

Kedua, secara pasif

Apakah gagasan menghasilkan uang saat kamu tidur terdengar menarik? Hal ini mungkin terjadi dengan aliran pendapatan pasif tetapi perlu diingat bahwa kamu harus bekerja keras atau mengeluarkan modal banyak di awal-awal sebelum kamu dapat menghasilkan keuntungan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

  • Menyewakan properti

Menyewakan properti bisa menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan secara pasif yang sangat efektif. Metode ini terbaik jika kamu memiliki modal yang cukup untuk membeli rumah secara cash atau membayar hipotek tambahan. Ini juga bisa menjadi aset dengan keuntungan besar dalam jangka waktu panjang. Kamu bahkan bisa membeli properti dengan harga yang jauh lebih murah di luar kota dan menyewa grup manajemen properti lokal untuk mengelola properti kamu tersebut.

  • Investasi

Ada berbagai jenis investasi yang bisa kamu lakukan seperti emas, deposito, saham, reksa dana, dan lain-lain. Meskipun ide melipatgandakan uang dan uang bekerja sendiri selama kamu tidur tampak menggiurkan, namun kamu tidak boleh sembarangan berinvestasi. Bekali diri dengan berbagai pengetahuan dasar mengenai investasi yang perlu kamu pahami, atau pilih manajer investasi yang terpercaya.

  • Upgrade skill atau mempelajari skill baru

Ini memang bukan cara mencari penghasilan tambahan secara langsung, namun dengan mempelajari skill baru atau meng-upgrade skill kamu yang sudah ada, kamu berinvestasi kepada diri sendiri untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan nantinya atau bahkan bisa melampaui penghasilan utama kamu.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

Nah, itu tadi tips-tips cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan karena jam kerjamu akan bertambah dari biasanya dan juga untuk tetap memprioritaskan pekerjaan utamamu agar performamu tidak menurun di kantor!

Referensi: The Balance

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *