Resources

Apa Sih Pentingnya Background Check Karyawan Bagi Perusahaan?

Background check merupakan tahapan yang perlu dilakukan dalam merekrut karyawan baru. Simak ulasannya di artikel berikut mengenai pentingnya melakukan background check!

background check

Background check ialah upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk memastikan identitas karyawan lebih rinci. 

Karyawan merupakan aset berharga bagi perusahaan, karena karyawan ialah sebagai penentu sukses atau tidaknya perusahaan di masa yang akan datang. Namun, saat ini dalam merekrut karyawan yang tepat sangatlah sulit dan menantang. Terlebih maraknya pemalsuan surat lamaran kerja (CV) yang tidak sesuai dengan skill yang dimiliki. Jika perusahaan merekrut karyawan yang tidak tepat atau salah tentu akan mendapatkan risiko besar. Seperti pencurian aset perusahaan, korupsi, serta tindakan lainnya yang merugikan perusahaan. Oleh sebab itu, melakukan background check merupakan langkah yang tepat untuk menghindari kejadian seperti itu. Ingin tahu apa saja pentingnya perusahaan dalam melakukan background check? Simak ulasannya di sini.

Baca juga: Benefit Karyawan: 5 Strategi Perusahaan Bangun Ketahanan Finansial Karyawan

#1 Uji tuntas menghindari risiko di masa depan

Apa itu uji tuntas? Uji tuntas atau due diligence merupakan tahapan di dalam background check karyawan yang tidak boleh dilewatkan. Hal ini dilakukan dengan memberikan masa pelatihan kepada calon karyawan agar dapat menunjukkan performa serta kemampuannya. Tanpa melakukan hal ini, akan memberikan dampak yang merugikan bagi perusahaan. Misalnya saja seorang karyawan supir taxi yang mengendarai mobil tapi sedang berada di bawah pengaruh alkohol, lalu terjadi tabrakan dan perusahaan yang harus dimintai pertanggungjawaban karena tidak selektif dalam mempekerjakan karyawan. 

#2 Memperhatikan criminal record

Melakukan background check dengan meminta surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) kepada calon pelamar merupakan syarat yang penting. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah calon pelamar tersebut memiliki catatan kriminal atau tidak. Tentunya dengan meminta SKCK dapat menjadi pertimbangan HR untuk menerima atau tidak calon karyawan tersebut. Karena apabila calon pelamar memiliki catatan kriminal hal ini tidak menutup kemungkinan ia untuk mengulangi lagi. 

#3 Memberikan gambaran lengkap dari pelamar

Saat melakukan background check kepada calon pelamar akan membantu perusahaan untuk mengetahui gambaran lengkap dari pelamar. Dengan proses ini maka perusahaan dapat mencari tahu siapakah sebenarnya pelamar kerja yang sedang diwawancarai. Hal penting lainnya, dapat membantu perusahaan mengetahui potensi karyawan tersebut. Lalu, perusahaan dapat membuat keputusan apakah calon pelamar tersebut cocok untuk bekerja di perusahaan atau tidak. 

Baca juga: 5 Tahapan Background Check Sebelum Merekrut Karyawan, Apa Saja?

#4 Mewujudkan rasa aman

Setiap karyawan yang bekerja di perusahaan tentunya menginginkan rasa aman bukan? Tanpa rasa aman karyawan tidak akan bertahan lama bekerja di perusahaan. Oleh karena itu sangat penting bagi perusahaan untuk melakukan background check agar tidak sampai mempekerjakan seorang kriminal. Perusahaan tentu saja tidak tahu mengenai masa lalu dari seorang pelamar. Bisa saja pelamar tersebut merupakan orang yang membahayakan atau seorang penjahat dan buronan. 

#5 Menciptakan lingkungan bebas narkoba

Saat melakukan background check juga penting untuk meminta surat bebas narkoba dari pelamar. Karena, seorang pecandu narkoba bisa saja akan mempengaruhi rekan kerja untuk terlibat dengan narkoba. Selain itu, pecandu narkoba juga dapat mengurangi produktivitas kerja. Oleh sebab itu, perusahaan harus menghindari mempekerjakan karyawan yang terlibat dengan narkoba. 

Itulah manfaat yang didapat dari hasil background check karyawan. 

 

Sumber: LinovHR

Simak juga:

Ingin Mendapatkan Top Talent? Simak 6 Strategi Rekrutmen Berikut!