Resources

Serba-serbi Earned Wage Access yang Perlu Kamu Ketahui

Earned wage access adalah gaji yang dapat ditarik secara fleksibel. Ingin mengetahui lebih lanjut? Simak ulasan artikel berikut ini!

earned wage access adalah

Earned wage access adalah salah satu opsi yang paling memungkinkan bagi perusahaan untuk menyederhanakan sistem operasional dan juga mensejahterakan karyawan. 

Akses gaji fleksibel atau earned wage access menjadi keuntungan finansial yang semakin populer ditawarkan oleh perusahaan untuk karyawan. Artikel berikut ini akan membahas serba-serbi yang perlu kamu ketahui mengenai earned wage access atau akses gaji fleksibel.

Baca juga: Startup vs korporat, Simak 6 Perbedaan Budaya Kerjanya

Akses Gaji Fleksibel atau Earned Wage Access (EWA)

Earned wage access adalah istilah yang tepat digunakan saat berbicara tentang kemajuan pemberian upah kerja dalam bisnis. EWA menurut definisi adalah skema gaji di muka yang ditawarkan perusahaan yang memungkinkan karyawan mereka mengakses upah yang mereka peroleh pada tanggal sebelum hari gajian. Hal ini memungkinkan fleksibilitas finansial bagi karyawan untuk menggunakan penghasilan mereka saat mereka paling membutuhkannya. 

Mengapa hal itu penting?

Kesejahteraan finansial memiliki pengaruh terhadap tingkat kinerja karyawan. Dapat dikatakan, tekanan finansial dapat berdampak negatif pada produktivitas karyawan.  Menurut SHRM, 80% pengusaha melaporkan bahwa tekanan finansial menurunkan tingkat kinerja karyawan mereka, dan hal itu merugikan mereka hampir setengah triliun dolar per tahun. 

Mengapa karyawan membutuhkan earned wage access (EWA)?

  • Tagihan melebihi jumlah gaji.
  • Biaya pengobatan mendadak.
  • Tagihan tak terduga tidak terbayar.

Ketika karyawan memiliki earned wage access (EWA) ke penghasilan mereka sebelum hari gajian, kebutuhan keuangan yang mendesak dapat ditangani tanpa melibatkan pinjaman uang atau pinjol yang menimbulkan lebih banyak hutang, biaya, dan stres. 

Baca juga: 5 Pillar Employee Wellbeing yang Harus Perusahaan Berikan!

Manfaat Earned Wage Access (EWA)

  • EWA dapat menurunkan tingkat turnover karyawan, menurut laporan Visa Insights, 80% karyawan mengatakan mereka akan bertahan lebih lama dalam sebuah perusahaan jika mereka menawarkan EWA.
  • EWA membantu menarik bakat baru, EWA dapat membantu perusahaan mempertahankan bakat tetapi juga dapat membantu menarik karyawan baru.
  • Menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan karyawan, membangun hubungan yang baik dengan karyawan merupakan bagian penting dari bisnis.  EWA membuat karyawan merasa dihargai dan diperhatikan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kinerja mereka.

Baca juga: Perusahaan Ternyata Mempunyai Peran Penting dalam Kesehatan Mental Karyawan

Kesalahpahaman Tentang Earned Wage Access (EWA)

Earned wage access (EWA) bukanlah pinjaman. EWA tidak meminta biaya bunga tetapi biaya kecil mungkin terjadi. Hal ini tentu berbeda dengan jasa pinjaman uang atau pinjol, yang memberikan pinjaman jangka pendek tanpa jaminan yang biasanya dikenakan bunga tinggi. EWA merupakan solusi keuangan jangka pendek ketika karyawan membutuhkannya. 

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai akses gaji fleksibel. Tertarik untuk bergabung bersama GajiGesa? Hubungi kami.

Sumber: Zetl

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!