fbpx
manfaat payroll bagi perusahaan

Manfaat Payroll Bagi Perusahaan yang Perlu Anda Tahu!

Payroll otomatis akan membuat kehidupan administratif semakin mudah. Berikut manfaat payroll bagi perusahaan yang perlu kamu ketahui!

Seorang HR tidak memiliki waktu sepanjang hari untuk menghabiskan waktu menghitung dan mengelola spreadsheet. Banyak juga yang memiliki tanggung jawab lain seperti perekrutan, hubungan karyawan, pelatihan dan pengembangan, dan manajemen tunjangan. Mungkin payroll atau penggajian hanyalah bagian kecil dari pekerjaan mereka. Payroll otomatis akan memudahkan hidup mereka. Berikut manfaat payroll bagi perusahaan.

Apa itu payroll otomatis? Payroll otomatis adalah cara untuk membantu Anda menyederhanakan tindakan membayar karyawan secara tepat waktu dan akurat. Sistem payroll otomatis dapat menghemat waktu dan tenaga pada proses yang memicu sakit kepala seperti pengarsipan pajak, memproses setoran langsung, menghasilkan laporan, dan menghitung pemotongan pajak.

Baca juga: Serba-serbi Payroll Perusahaan, 6 Hal yang Perlu Kamu Tahu!

Sistem payroll otomatis memang tidak dapat melakukan segalanya untuk Anda, tetapi dapat sangat membantu. Jika Anda mempertanyakan apakah software payroll otomatis yang mahal akan sepadan dengan biayanya, bandingkan dengan manfaat payroll bagi perusahaan berikut ini.

Manfaat payroll bagi perusahaan

Berikut adalah 6 manfaat payroll bagi perusahaan:

#1 Mengurangi kesalahan

Uang adalah suatu hal yang sangat sensitif. Anda tidak mau bermain-main dengan gaji karyawan, yang bisa mengakibatkan kekecewaan mereka. Sama

Sama seperti kalkulator yang sedikit lebih baik dalam matematika daripada otak manusia kita, software payroll otomatis lebih baik dalam menghitung pemotongan, gaji lembur, dan komisi yang memengaruhi gaji karyawan. Selain itu, jika Anda tidak memasukkan data secara manual, tidak ada risiko salah mengetik nomor atau menyalin data dengan tidak benar.

#2 Menghemat waktu

HRD, personalia, manajer payroll atau siapa pun dalam perusahaan Anda yang bertanggung jawab terhadap penggajian karyawan, memiliki tugas lain. Mengotomatiskan beberapa tugas tersebut dapat menghemat banyak waktu, bahkan sampai lima jam kerja.

#3 Meningkatkan keamanan

Dokumen dan spreadsheet bukanlah tempat yang sangat aman untuk menyimpan data penggajian penting Anda. Dengan sistem payroll otomatis, data Anda dienkripsi dan dilindungi kata sandi, jadi tidak ada orang (selain Anda dan tim Anda) yang dapat mengaksesnya dengan mudah.

#4 Menciptakan laporan dengan mudah

Membuat keputusan penggajian strategis atau memprediksi biaya tenaga kerja lebih mudah dengan sedikit bantuan otomatis. Yang tidak mudah adalah menggali semua pekerjaan manual Anda untuk melacak informasi penggajian Anda dan menyusunnya menjadi laporan dengan tangan. Banyak platform software payroll otomatis akan memberi Anda laporan yang dapat diunduh, sehingga Anda dapat yakin bahwa semuanya berjalan lancar dan Anda membuat keputusan yang tepat untuk organisasi Anda.

#5 Menyederhanakan pengarsipan pajak

Pengarsipan dan penghitungan pajak bisa menjadi sangat rumit. Mengikuti semua perubahan ini bisa memakan waktu dan sangat mahal jika Anda salah. Payroll otomatis melacak pembaruan ini dalam kebijakan pajak, memastikan Anda memenuhi semua tenggat waktu yang benar, dan menghitung pemotongan pajak untuk masing-masing karyawan. Dengan cara ini, Anda dapat merasa yakin bahwa pajak Anda diajukan dengan benar dan tepat waktu.

Baca juga: 5 Tips Kembangkan Potensi Karyawan dengan Tepat Demi Kesuksesan Bisnis

#6 Menghemat uang

Anda mungkin ragu untuk menggunakan sistem payroll otomatis, tetapi American Payroll Assocation memperkirakan bahwa otomatisasi dapat mengurangi biaya pemrosesan penggajian Anda hingga 80 persen. Banyak dari manfaat payroll bagi perusahaan yang disebutkan sebelumnya berkontribusi pada biaya keseluruhan yang lebih rendah untuk organisasi Anda. Jika Anda menghilangkan kesalahan yang paling mahal, Anda dapat menurunkan biaya dalam jangka panjang. Plus, seperti yang mereka katakan, waktu adalah uang — yang terutama berlaku untuk bisnis.

Apa yang harus dipertimbangkan?

Saat Anda mempertimbangkan opsi sistem payroll otomatis yang berbeda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

  •  Apakah sistem ini berfungsi dengan ukuran perusahaan saya saat ini? Bisakah sistem ini tumbuh bersama kita?
  • Apakah sistem penggajian otomatis ini terintegrasi dengan perangkat lunak HR saya?
  • Berapa banyak waktu yang saat ini saya habiskan untuk menyelesaikan penggajian? Berapa lama waktu yang saya perlukan dengan sistem otomatis ini?
  • Fitur apa yang paling penting bagi saya dalam sistem penggajian? Apakah sistem ini menyertakan fitur-fitur itu?

Jika Anda masih menjalankan penggajian secara manual setiap periode, semoga Anda sudah yakin sekarang bahwa manfaat payroll bagi perusahaan yang diotomatisasi sepadan dengan prosesnya. Mulailah meneliti berbagai sistem payroll otomatis dan mengolah angkanya untuk menemukan ROI. Anda akan menemukan manfaat payroll otomatis dapat menghemat banyak waktu dan uang dan membuat Anda sedikit lebih jarang menggunakan obat sakit kepala.

 

Sumber: BambooHR

5 Tipe Karyawan di Kantor dan Bagaimana Memimpin Mereka

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *