Resources

Ingin Hidup Hemat? Terapkan 5 Cara Gaya Hidup Hemat Berikut!

Hindari hidup boros dengan menerapkan gaya hidup hemat atau frugal living. Begini cara menerapkannya!

gaya hidup hemat

Di masa pandemi Covid-19 ini tentunya sangat pas jika ingin menerapkan gaya hidup hemat atau frugal living. Karena akibat dampak dari pandemi telah menghancurkan perekonomian dunia, bahkan individu. Oleh sebab itu, saat ini banyak orang mulai melakukan hidup hemat agar dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari. Solusi dari masalah tersebut salah satunya yaitu dengan menerapkan frugal living. Dengan menerapkan gaya hidup tersebut dapat membantu kamu untuk memenuhi tujuan keuangan di masa depan. Karena, frugal living akan membantu kamu untuk membuat keputusan dalam mengelola keuangan yang di mana kamu akan lebih memilih prioritas dibanding gaya hidup. Lalu, bagaimana cara menerapkan gaya hidup tersebut?

Baca juga: Serba-serbi Gaya Hidup Hedonisme yang Harus Diketahui!

#1 Menerapkan gaya hidup hemat dengan mementingkan prioritas: kebutuhan atau keinginan

Jika ingin hidup berhemat, kamu harus memeriksa pengeluaran secara teratur serta menahan diri. Karena uang yang kamu miliki harus dialokasikan untuk kebutuhan terlebih dahulu. Misalnya saja, kamu harus membuat daftar belanja pasti setiap bulannya. Jangan memasukkan barang atau hal-hal yang bersifat keinginan ke dalam daftar tersebut. Ketika ingin membeli sesuatu yang sifatnya keinginan harus dipikirkan baik-baik terlebih dahulu.

#2 Pengeluaran harus lebih kurang dari pendapatan

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki pendapatan kecil? Jika iya, pendapatan tersebut harus digunakan dengan sebaik mungkin. Usahakan untuk tidak menghamburkan uang demi kepentingan yang sifatnya hanya sebuah keinginan dan bukan kebutuhan. Oleh sebab itu, kamu harus menjaga pengeluaran kamu tidak boleh lebih besar dari pendapatan. Hal ini berguna untuk membantu kamu supaya terhindar dari berhutang.

Baca juga: 7 Pilihan Gaya Hidup, Manakah yang Cocok Untukmu?

#3 Membeli barang-barang investasi untuk menerapkan gaya hidup hemat

Banyak sekali barang yang dapat kamu investasikan, contohnya saja emas. Daripada uang yang kamu hasilkan dihamburkan tidak jelas, lebih baik kamu menginvestasikannya dengan berupa barang. Karena emas merupakan barang investasi dengan kemungkinan rugi yang sangat kecil dan jarang terjadi penurunan nilai yang drastis.

#4 Disiplin dalam menabung

Menabung merupakan hal yang wajib dalam menerapkan frugal living. Karena dengan menabung akan membantu mewujudkan tujuan keuangan kamu. Misalnya saja untuk dana darurat, dana menikah, pendidikan anak, atau masa pensiun. Oleh sebab itu, dengan disiplin dalam menabung akan memudahkan kamu untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Menyimpan Lebih Banyak Uang dengan Gaya Hidup Minimalis

#5 Menerapkan go green

Go green juga merupakan salah satu cara untuk menerapkan hidup hemat. Karena sikap ramah lingkungan dapat membantu kamu untuk menumbuhkan sikap hemat dalam kehidupan sehari-hari lho. Misalnya saja dengan mengurangi penggunaan listrik, menghemat air, atau bahkan menggunakan kendaraan sepeda.

Gaya hidup hemat atau frugal living ini jika terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari akan memberikan manfaat yang baik. Kamu akan terhindar dari stres, lebih banyak waktu untuk hal-hal yang berarti, serta dapat membantu kamu untuk pensiun dini.

 

Sumber: Cermati

Simak juga:

5 Cara Tidak Boros Berikut Ini Bikin Kamu Makin Hemat

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!