fbpx
hidup yang berkualitas

Hidup Lebih Berkualitas dengan 10 Cara Simple Ini!

Hidup yang berkualitas adalah kehidupan yang diinginkan oleh banyak orang dan perlu usaha untuk mewujudkannya.

Sama seperti banyak orang yang memiliki definisi sukses yang beragam, kita semua juga memiliki pandangan yang berbeda dalam mengartikan hidup yang berkualitas. Banyak cara yang dapat dilakukan setiap orang untuk membuat hidup lebih menyenangkan. Dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini, kamu dapat meningkatkan kesejahteraan pribadi kamu dan membuat setiap hari lebih terasa bermakna. Berikut 10 cara untuk mendapatkan hidup yang berkualitas yang dapat kamu tiru. 

Baca juga: 16 Cara Menenangkan Hati & Pikiran Selama Pandemi, Coba Yuk!

#1 Bekerja keras dan tantang diri sendiri

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjalani hidup yang berkualitas ialah percaya pada pekerjaan yang kamu lakukan. Dengan cara mendorong diri kamu untuk menuju level yang lebih tinggi akan membuat kamu merasa lebih berguna dan berhasil. Sangat penting untuk percaya pada pekerjaan yang kamu lakukan, jangan melakukan pekerjaan yang tidak kamu suka. Temukan apa saja yang kamu suka dan curahkan semua ke dalamnya. Maka kamu tidak akan pernah merasa seolah-olah kamu tidak menjalani kehidupan yang memuaskan. 

#2 Jangan mengambil apapun terlalu serius

Kebanyakan orang menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan hal sehari-hari yang tidak terlalu penting. Bukan berarti kamu tidak boleh mencoba bekerja keras dan melakukan hal-hal sebaik mungkin, namun jangan sampai berlebihan. Bagaimanapun, semua orang akan membuat kesalahan. Kamu tidak perlu khawatir dan jangan terlalu stres tentang hal-hal kecil yang tidak berjalan sesuai rencana. Kamu hanya perlu fokus pada apa yang benar-benar penting bagi kamu dan jangan menganggapnya terlalu serius. 

#3 Jangan menempatkan banyak nilai pada hal-hal material

Kamu tidak pernah menjadi orang yang mengerti ketika kamu begitu peduli dengan hal-hal materi.  Kamu jarang tahu apa yang “trendi” saat ini dan tidak dapat memahami mengapa orang lain memperdulikannya. Meskipun demikian, alih-alih memberi nilai pada dompet baru, kalung berlian yang baru saja didapat, atau sepatu baru, lebih baik berikan nilai pada manusia dan hewan dan bumi tempat kita hidup. Alih-alih memikirkan berapa banyak uang yang dikeluarkan untuk dompet baru, lebih baik pikirkan mengapa kita bisa membelinya.  Apakah beberapa pekerja yang terlalu banyak bekerja dan dibayar rendah harus menderita agar bisa terlihat “keren”? Kamu akan jauh lebih puas dan mendapat hidup yang berkualitas ketika mampu berhenti memperdulikan hal-hal materi. 

Baca juga: Apa Itu Generasi Sandwich? Apa Kamu Salah Satunya?

#4 Dengarkan orang

Cara untuk menjalani hidup yang berkualitas selanjutnya bisa dengan mendengarkan orang. Setiap orang punya cerita untuk diceritakan dan kamu bisa belajar sesuatu dari setiap orang yang kamu ajak bicara, atau lebih tepatnya kamu dengarkan. Semua orang mengalami emosi yang sama dan dapat berhubungan satu sama lain dari manapun mereka berasal.  Sadarilah bahwa setiap orang yang kamu ajak bicara dapat mengajarimu sesuatu hal. Mendengarkan orang bisa diartikan juga untuk mengambil pelajaran dari orang lain. 

#5 Bangun pendapat kamu sendiri

Setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Kamu dapat mendengarkan mereka tetapi jangan menganggap semua yang dikatakannya benar. Orang cenderung berpikir bahwa mereka benar namun mereka gagal mempertimbangkan pihak lain. Kamu dapat membangun pendapat kamu sendiri tetapi tetap selalu berpikiran terbuka.  Hanya karena kamu membentuk opini pada suatu saat, bukan berarti opini tersebut tidak akan berubah dikemudian hari. Percaya intuisi kamu sendiri dan teruslah mendengarkan diri sendiri dan orang lain. 

#6 Jangan terlalu percaya diri

Pikirkan tentang berapa banyak orang di dunia ini. Pikirkan tentang seberapa besar Alam Semesta. Sekarang pikirkan tentang dirimu sendiri. Kamu bukan satu-satunya yang penting. Berhentilah berpikir bahwa pikiran, perasaan, dan pendapat kamu lebih penting atau benar daripada orang lain.  Kesampingkan ego yang berlebihan dan hindari sifat keras kepala. Hidup yang berkualitas akan hadir apabila kesadaran dalam diri kita baik. 

#7 Sadarilah kamu memiliki kemampuan untuk membuat perubahan

Meskipun kamu tampak tidak penting pada suatu hal, sebenarnya kamu memiliki kemampuan hebat untuk melakukan hal-hal luar biasa lainnya. Temukan sesuatu yang penting bagi kamu agar dapat menjalani hidup yang berkualitas dan banggalah dengan apa yang kamu lakukan. Tidak ada yang tahu apa-apa tentang di mana kita lahir dan ke mana kita pergi, jadi buatlah hidup yang kamu jalani sekarang ini berarti. Menyadari kemampuan yang kamu punya akan meningkatkan hidup yang berkualitas. 

Baca juga: 6 Cara Ini Bisa Bikin Merdeka Finansial, Sudah Coba Belum?

#8 Bersikap baik

Dengan bersikap baik pada semua orang akan membuat kamu menjalani hidup yang berkualitas.

#9 Habiskan waktu di alam

Untuk menjalani hidup yang berkualitas kamu dapat mencoba dengan pergi ke alam. Dengan berada disana akan membuat kamu bertanya-tanya tentang bumi yang kita tinggali ini. Alam memberi kamu waktu dan suasana yang menenangkan pikiran. Hal ini akan membuat kamu rehat sejenak dari aktivitas sehari-hari. Hidup yang berkualitas juga diukur dari keseimbangan antara kerja dan istirahat.  

#10 Jangan ikuti “Aturan”

Masyarakat telah menempatkan sejumlah “aturan” di tempat yang sering diikuti orang. Seiring bertambahnya usia, kamu akan menyadari bahwa tidak ada aturan yang ditetapkan untuk kehidupan yang kita jalani. Jika kamu ingin berhenti dari pekerjaan kamu dan pindah ke seluruh negeri, kamu bisa melakukannya. Jika kamu ingin belajar menari pada usia 60 tahun, kamu bisa melakukannya. Tidak ada cara yang pasti untuk menjalani hidup kamu. Selama apa yang kamu lakukan tidak berdampak negatif pada orang lain, lakukanlah. Lupakan apa yang “mereka” katakan seharusnya untuk yang kamu lakukan dalam hidup.  Hidup yang berkualitas tidak berdasarkan aturan yang disetujui banyak orang.

 

Sumber: Thought Catalog

Simak juga:

10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *