fbpx
karyawan bahagia

Jaga Kebahagiaan Karyawan di Perusahaanmu dengan 12 Cara Ini Yuk!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat karyawan bahagia tanpa perlu menaikan gaji. Apa saja caranya?

Karyawan yang bahagia akan lebih kreatif dan produktif. Menjadi transparan dan jujur ​​dengan karyawan akan membantu mereka merasa dihargai dan dihormati. Sebagai pemilik perusahaan ketika mengatakan “terima kasih” adalah cara sederhana namun efektif untuk menunjukkan penghargaan.

Meskipun mendapat gaji lebih tinggi dapat membuat karyawan kamu tersenyum, itu bukan satu-satunya cara untuk membuat mereka tetap ceria. Meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja, bersikap transparan, menawarkan manfaat yang lebih baik, dan lebih sering mengucapkan “terima kasih” semuanya membantu meningkatkan semangat kerja karyawan.

Memberikan kenaikan gaji adalah cara yang mahal untuk membahagiakan karyawan.  Lihat 12 cara ini untuk membuat karyawan bahagia tanpa kenaikan gaji.

Baca juga: Para Employer, Ini 10 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Kantor!

#1 Prioritaskan work-life-balance

Memberikan pekerjaan yang terus-menerus kepada karyawan bisa menjadi masalah dalam lingkungan kerja. Para karyawan merasa dijadikan alat bagi perusahaan. Pentingnya memberikan work-life-balance dalam sistem kerja karyawan bisa menyelesaikan masalah tersebut. Karyawan akan merasa dihargai atas apa yang kamu berikan.

#2 Menjadikan karyawan bagian penting dari perusahaan

Menunjukan sikap peduli kepada karyawan akan membuat karyawan bahagia. Karyawan akan menganggap dirinya bagian penting dari perusahaan. Anggapan seperti itu justru memberikan dampak baik untuk lingkungan kerja.

#3 Bersikap transparan dan jujur

Membicarakan masalah dan jujur kepada karyawan atas apa yang sedang terjadi akan memberikan dampak baik. Karyawan bahagia atas kebesaran hati yang kamu tunjukan kepadanya. Kejujuran yang kamu lakukan juga membuat karyawan merasa nyaman untuk bekerja.

#4 Tawarkan lebih banyak waktu liburan

Liburan harus menjadi pertimbangan penting untuk karyawan. Beberapa karyawan mempunyai masalah yang berat di luar perusahaan. Pertimbangkan untuk mereka libur dalam beberapa hari. Karyawan bahagia atas solusi yang kamu berikan atas masalahnya.

Baca juga: HRD Wajib Catat! 6 Cara Merekrut dan Meretain Talent Terbaik di Organisasimu

#5 Puaskan karyawan dengan memberikan kebutuhan seperti camilan atau minuman

Melebihkan sedikit biaya operasional di lingkungan kerja untuk karyawan itu penting. Misalkan dengan cemilan atau air mineral yang disiapkan tiap bulan. Karyawan bahagia atas perhatian yang kamu berikan. 

#6 Menularkan kebahagiaan

Kebahagiaan bisa menjadi energi positif. Energi positif di lingkungan kerja bisa membantu karyawan merasa nyaman saat bekerja. Karyawan bahagia dengan lingkungan yang mendukung seperti itu. Maka sebarkan energi positif itu kepada karyawan kamu. 

#7 Merubah sistem kerja yang lebih baik

Lingkungan kerja sangat memberikan pengaruh terhadap perasaan karyawan. Sistem kerja yang tidak harmonis akan membuat komunikasi karyawan terhambat. Kinerja karyawan ikut menurun. Kamu bisa merubah sistem kerja dengan cara yang sederhana seperti membuat list yang diperlukan oleh karyawan. 

#8 Memberdayakan karyawan

Memberdayakan karyawan adalah satu upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman sehingga karyawan dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi perusahaan. Karyawan bahagia atas usaha dari perusahaan untuk membuka peluang bagi mereka untuk lebih berkembang. 

#9 Memberikan contoh

Kamu harus memberikan contoh dihadapan karyawan. Contoh baik akan berdampak baik pada asumsi karyawan terhadap kamu. Contoh buruk akan berdampak buruk pada loyalitas karyawan terhadap kamu. Memberikan contoh bisa menjadikan kamu dihormati oleh karyawan. Karyawan bahagia atas contoh baik yang kamu perlihatkan.

#10 Selalu ucapkan ‘terima kasih’

Mengucapkan terima kasih adalah hal yang sepele. Namun, hal ini berdampak besar bagi karyawan. Ketika kamu sering mengucapkan terima kasih maka secara tidak langsung karyawan akan merasa dibutuhkan. Karyawan bahagia bila ia merasa dibutuhkan dan dihargai semestinya.

Baca juga: 18 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik, Wajib Catat!

#11 Sering-seringlah mengenali dan memberi penghargaan kepada karyawan

Mengenali karyawan bisa kamu lakukan dengan cara menceritakan hal-hal yang personal. Hal ini akan membuat kamu dan karyawan merasa akrab. Memberi penghargaan kepada karyawan juga langkah yang tepat dilakukan. Apalagi dengan penghargaan yang karyawan suka. Karyawan bahagia dengan tidak adanya jarak yang jauh antara kamu dan dirinya. 

#12 Menawarkan fasilitas kesehatan tingkat tinggi

Menjaga kesehatan karyawan adalah hal yang penting kamu lakukan demi keberlangsungan karyawan. Membuat rencana terhadap kesehatan fisik maupun mental akan membuat karyawan merasa diperhatikan. Fasilitas kesehatan yang ditawarkan bukan sekedar obat-obatan, melainkan alat-alat untuk mencegah dari penyakit. Karyawan bahagia bila perusahaan peduli dengan fisik dan mental pekerjanya.

 

Sumber: Business News Daily

Simak juga:

Mengukur Kesehatan Finansial Karyawan: Tips untuk Para HR!

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *