fbpx
manfaat dana pensiun

Menyiapkan Benefit Dana Pensiun Bagi Karyawan

Manfaat dana pensiun bagi karyawan akan terealisasi di masa depan namun kinerja dan moral akan meningkat secara langsung.  

Salah satu cara untuk mendapatkan masa pensiun yang aman adalah memilih dan menyiapkan rencana pensiun yang tepat. Umumnya masa pensiun dapat berlangsung selama 30 tahun lebih,  untuk itu karyawan kamu mungkin membutuhkan kurang lebih 80% dari pendapatan tahunan. Lantas, apa saja manfaat dana pensiun yang akan diperoleh oleh perusahaan?

Rencana pensiun memiliki banyak manfaat bagi seorang karyawan dan perusahaan.  Manfaat dana pensiun memungkinkan kamu berinvestasi untuk keamanan finansial seorang karyawan. Sebagai bonus, perusahaan dan karyawan mendapatkan keuntungan yang signifikan dan insentif lainnya. 

Baca juga: Bingung Cara Pencairan BPJS Dana Pensiun? Begini Caranya

Manfaat dana pensiun juga bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Ketika seorang karyawan merasa dipedulikan oleh perusahaan maka secara tidak langsung keinginan untuk melakukan pekerjaan menjadi lebih produktif dan meningkat. Tentunya tidak hanya itu, nilai moral yang ditunjukan oleh karyawan juga akan meningkat. 

Hal terpenting dari menyiapkan dana pensiun untuk karyawan ialah rencana dana pensiun dapat menarik dan mempertahankan karyawan. Secara biaya, ini akan mengurangi pengeluaran untuk pelatihan karyawan baru. Kontribusi dana pensiun ini juga mudah dilakukan hanya dengan melalui pemotongan gaji. Manfaat dana pensiun seperti ini akan meningkatkan keamanan finansial karyawan di masa yang akan datang. 

Apa langkah pertama untuk mempelajari dan menyiapkan rencana pensiun? 

Salah satu cara yang baik untuk memulainya adalah dengan menghubungi profesional pajak. Profesional pajak yang akrab dengan rencana pensiun atau lembaga keuangan yang menawarkan rencana pensiun akan membantu untuk menyusun persiapan dana pensiun. 

Apa saja tahapan dalam mensponsori rencana pensiun? 

Mensponsori rencana pensiun memiliki empat tahap: Memilih, Menetapkan, Mengoperasikan, dan Mengakhiri rencana tersebut. 

#1 Memilih

Ada banyak rencana pensiun yang berbeda yang dapat kamu pilih untuk diadopsi. Kamu dapat memilih paket dengan mempertimbangkan berapa banyak uang yang karyawan kamu perlukan di masa pensiun. Atau dengan mempelajari tentang jenis rencana pensiun yang memenuhi syarat pajak yang akan membantu menabung untuk masa pensiun karyawan kamu. 

Baca juga: Menyiapkan Dana Pensiun dengan 10 Cara Mudah Ini!

#2 Mendirikan

Kamu harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menerapkan rencana. Tergantung pada jenis paket yang kamu pilih, langkah-langkah mendirikan seperti membuat perencanaan tertulis, mengatur kepercayaan untuk aset perencanaan, memberi tahu karyawan apa saja syarat dan ketentuan perencanaan, dan membuat sistem pencatatan.

#3 Pengoperasian

Ketika menjalankan rencana pensiun maka aset dalam perencaaan terus tumbuh dan manfaat pajak bisa dipertahankan. Langkah-langkah berkelanjutan yang perlu dilakukan untuk menjalankan rencana dapat bervariasi tergantung pada jenis perencanaan yang dibuat.  Langkah dasar dalam mengoperasikannya akan mencakup karyawan yang memenuhi syarat, membuat kontribusi, menjaga agar rencana tetap up-to-date dengan undang-undang rencana pensiun, mengelola aset program, memberikan informasi kepada karyawan yang berpartisipasi dalam rencana, dan mendistribusikan manfaat dana pensiun. 

#4 Mengakhiri

Ketika perencaan kamu tidak lagi sesuai, yang perlu dilakukan ialah dengan menutup rencana dan memberi tahu pihak yang tepat. Kamu mungkin ingin mendiskusikan keempat tahap ini dengan profesional pajak yang akrab dengan rencana pensiun atau lembaga keuangan yang menawarkan. 

 

Sumber: IRS

Simak juga:

HRD Harus Tahu, 5 Alasan Karyawan Ganti Haluan Karier!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *