fbpx
pentingnya kesehatan mental

Menjaga Kesehatan Mental Karyawan, Apa Sih Pentingnya Bagi Perusahaan?

Pentingnya kesehatan mental bagi perusahaan akan mendorong sistem operasional yang lancar. 

Apakah kamu sebagai HR pernah mendengar keluhan para karyawan yang merasa lelah atau stres dengan pekerjaannya? Biasanya perusahaan akan menganggap hal ini biasa. Pihak perusahaan akan mengabaikan perasaan karyawan tersebut dan juga menganggapnya tidak penting. Namun, tanpa disadari stres berkepanjangan yang dialami karyawan dapat menjadi masalah kesehatan mental yang serius. Ketika kamu mendapati karyawan yang mengalami masalah kesehatan mental tentu akan menjadi masalah juga bagi perusahaan. Ketika karyawan mengalami masalah kesehatan mental tentu akan sangat mempengaruhi kinerja serta performa karyawan tersebut dalam bekerja. Untuk itu artikel berikut ini akan memberikan ulasan mengenai pentingnya kesehatan mental karyawan bagi perusahaan.

Baca juga: Seberapa Penting Literasi Keuangan Bagi Pengusaha dan Karyawan?

Penyebab Masalah Kesehatan Mental Karyawan

Karyawan yang mengalami masalah kesehatan mental tidak mungkin tanpa sebab. Berikut ialah beberapa hal yang menyebabkan karyawan mengalami masalah kesehatan mental. 

#1 Hubungan dengan atasan

Sering terjadi penyebab masalah kesehatan mental yang dialami karyawan karena hubungannya dengan atasan. Misalnya, atasan terlalu menekan karyawan dengan target yang tidak realistis dan meminta dalam waktu yang singkat, atau atasan memberikan tugas yang tidak sesuai dengan job desk karyawan. Tentunya hal ini akan memicu stres karyawan dan apabila stres ini berkepanjangan akan menjadi masalah kesehatan mental. Oleh karena itu, pentingnya kesehatan mental karyawan untuk dijaga. Atasan dapat mencoba menjaga kesehatan mental karyawan dengan cara komunikasi dua arah, yaitu lebih mendengarkan dan memperhatikan karyawan. 

#2 Konflik dengan keluarga atau pasangan

Akibat dari tekanan kerja yang tinggi tentu akan memicu masalah work-life balance. Oleh karena itu hal ini akan memberikan masalah dalam kehidupan pribadi. Karena karyawan yang merasa tidak cukup bekerja selama 9 jam sehari tentunya akan mengerjakan pekerjaan pada saat hari libur. Hal ini akan memberikan waktu bersama keluarga berkurang. Padahal dengan sering menghabiskan waktu bersama keluarga dapat berkontribusi untuk mengurangi tingkat stres seseorang. Pihak perusahaan dapat mencoba memberikan pekerjaan yang tenggat waktunya sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaan. Sehingga karyawan akan memiliki waktu antara kehidupan pribadi dan pekerjaan yang seimbang. 

#3 Masalah dengan rekan kerja

Masalah dengan rekan kerja juga dapat memicu masalah kesehatan mental karyawan. Bisa saja karyawan mendapatkan rekan kerja yang menghambat pekerjaannya karena sulit untuk diajak bekerja sama. Karena pentingnya kesehatan mental karyawan, apabila kamu sebagai HR mendapatkan keluhan seperti itu, kamu dapat mengusulkan untuk dikomunikasikan terlebih dahulu. Jika hal ini tidak berhasil cobalah minta untuk dibicarakan dengan atasan. 

Baca juga: Ini 6 Alasan Karyawan Resign yang HR Perlu Tahu!

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ketika kamu mendapati karyawan yang mengalami stres tentu akan menunjukkan beberapa tanda. Misalnya mulai menarik diri, kurang motivasi, produktivitas menurun, atau jarang masuk kantor. Demi keuntungan antara karyawan dan perusahaan, oleh karena itu perusahaan perlu melakukan beberapa upaya. 

#1 Ajak karyawan berbicara

Pentingnya kesehatan mental karyawan dijaga dengan cara komunikasi. Karena komunikasi adalah hal terpenting. Ketika karyawan mulai memberikan tanda kurang semangat dan produktivitasnya menurun. Sebagai atasan atau pemilik perusahaan disarankan untuk mengajak karyawan berbicara. Tanyakan apa yang menjadi penyebab produktivitas karyawan tersebut menurun, dan cobalah untuk mendengarkan baik-baik keluhannya. 

#2 Ciptakan budaya dan lingkungan kerja yang positif

Pentingnya kesehatan mental karyawan dapat dijaga dengan menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang positif. Karena kedua hal ini ialah hal yang penting bagi kemajuan sebuah perusahaan. Jadi perusahaan ada baiknya untuk menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang positif demi menjaga kesehatan mental karyawan agar dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan. 

#3 Bantu karyawan mengatasi stres apapun penyebabnya

Apapun masalah yang menyebabkan karyawan menjadi stres tentu dapat mempengaruhi produktivitas kerja karyawan. Maka, pentingnya kesehatan mental karyawan untuk dijaga dengan perusahan memberikan bantuan kepada karyawan untuk mengatasi masalah tersebut. Misalnya perusahaan dapat memberikan cuti tambahan atau menyediakan jasa konsultasi untuk karyawan. 

Demikianlah hal-hal yang harus kamu ketahui mengenai pentingnya menjaga kesehatan karyawan. 

 

Sumber: Ekrut

Simak juga:

Bangun Kesehatan Finansial Karyawan dengan Akses Gaji Fleksibel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *