fbpx
cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis

8 Cara Meningkatkan Pola Berpikir Kritis di Tempat Kerja

Memahami cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis akan membantu kamu untuk membuat keputusan yang baik. 

Berpikir kritis adalah proses menganalisis informasi untuk mendapatkan jawaban terbaik atas suatu pertanyaan atau masalah. Dengan memanfaatkan pengalaman, penalaran, pengamatan, dan komunikasi dengan orang lain, kamu dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang menghasilkan solusi positif. 

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis di tempat kerja sehingga kamu dapat menjadi karyawan yang lebih baik lagi. 

Baca juga: Apa Itu Employee Engagement? Berikut Ide Kreatif untuk Meningkatkannya!

Mengapa berpikir kritis itu penting?

Berpikir kritis sangat dibutuhkan di tempat kerja karena perusahaan selalu membutuhkan solusi yang lebih baik dan lebih terinformasi. Lebih khusus lagi, berpikir kritis di tempat kerja dapat membantu kamu untuk: 

  • Meningkatkan pengambilan keputusan, mengevaluasi validitas argumen dan dampak potensialnya.
  • Bentuk pendapat kamu sendiri tentang suatu topik, kembangkan etika dan kepercayaan diri pribadi kamu.
  • Terlibat pada tingkat yang lebih dalam dan lebih intelektual dengan rekan kerja dan supervisor kamu untuk membentuk hubungan kerja yang lebih kuat.
  • Evaluasi pekerjaan kamu sendiri untuk menentukan cara meningkatkan kualitas dan efisiensi.
  • Mengembangkan keterampilan pemahaman yang lebih baik, baik dalam percakapan atau membaca. 

Langkah-langkah berpikir kritis:

  • Identifikasi masalah atau pertanyaan. Jadilah spesifik tentang pertanyaan yang kamu ajukan.
  • Mengumpulkan dan mengatur informasi. Temukan beberapa sumber yang menyajikan perspektif dan sudut pandang yang berbeda. Hal ini akan memastikan bahwa kamu tidak membuat bias dengan hanya menyajikan data yang mendukung tampilan awal kamu.
  • Analisis data dan sumbernya. Evaluasi kredibilitas dan keandalan sumber informasi kamu. Carilah bias dalam metode pengumpulan data.
  • Menentukan data penting. Tetapkan informasi mana yang paling penting untuk masalah yang dihadapi. Kamu mungkin tidak memiliki cukup informasi yang relevan untuk membuat keputusan yang tepat.
  • Membuat keputusan. Dari berbagai kemungkinan kesimpulan, mana yang didukung oleh bukti-bukti.
  • Komunikasikan kesimpulan kamu. Sampaikan keputusan akhir kamu kepada pemangku kepentingan.
Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Moral Karyawan Demi Kultur Lebih Baik

Bagaimana cara meningkatkannya? 

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis di tempat kerja untuk menjadi karyawan yang lebih baik: 

#1 Menjadi lebih sadar diri 

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis ialah dengan menjadi lebih sadar diri. Hal ini berarti mempertimbangkan proses berpikir, nilai, moral, etika, dan keyakinan. Apa yang kamu percaya? Bagaimana pemikiran kamu mencerminkan nilai-nilai ini? Pikirkan secara objektif tentang kesukaan dan ketidaksukaan kamu. Mengetahui apa preferensi, kekuatan/kelemahan, dan bias pribadi kamu dapat membantu untuk lebih memahami mengapa kamu mendekati situasi tertentu dari perspektif tertentu. 

#2 Pahami proses mental

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis selanjutnya ialah identifikasi dan evaluasi bagaimana kamu menerima dan memproses informasi. Memahami bagaimana kamu mendengarkan, kemudian menafsirkan, dan akhirnya bereaksi terhadap informasi sangat penting untuk menjadi lebih efisien secara mental di tempat kerja. 

Menjadi seorang pemikir kritis berarti mengenali prasangka kamu sendiri dan bagaimana prasangka itu memengaruhi solusi dan keputusan. Meluangkan waktu untuk menganalisis proses mental sebelum membuat keputusan kerja dapat membantu kamu bertindak lebih objektif. 

#3 Kembangkan pandangan ke depan

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan pertimbangkan bagaimana perasaan orang lain tentang situasi atau keputusan. Tentukan kemungkinan hasil dari suatu situasi dan apa yang mungkin berubah, baik secara positif maupun negatif. Memiliki pandangan ke depan untuk memprediksi bagaimana tindakan kamu di tempat kerja akan menghasilkan reaksi yang akan membantu kamu dalam membuat pilihan yang tepat. 

#4 Berlatih mendengarkan secara aktif

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat dengan mendengarkan secara aktif. Mendengarkan secara aktif adalah elemen dasar dari berpikir kritis yang efektif. Dengarkan baik-baik dengan penuh perhatian saat rekan kerja dan supervisor berbicara. Latih empati dan fokuslah untuk memahami perspektif mereka. Mendapatkan pemahaman penuh tentang apa yang mereka inginkan, butuhkan, atau harapkan dapat membantu kamu bereaksi secara positif dan melakukan percakapan produktif berikutnya. 

Baca juga: Perfeksionis Tak Selamanya Baik, Begini Cara Menghindarinya!

#5 Ajukan pertanyaan

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis selanjutnya dengan rajin mengajukan pertanyaan. Jika kamu tidak yakin, selalu ajukan pertanyaan. Mulailah dengan apa yang sudah kamu ketahui dan konfirmasikan bahwa kamu memiliki semua detail dengan benar.  Mintalah untuk mengulangi poin atau pertimbangkan untuk mengulangi kata-kata kamu sendiri untuk menentukan apakah kamu telah memahaminya secara akurat. Pertimbangkan untuk mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan detail yang mungkin terlewatkan atau salah dengar. Tindak lanjuti dengan bertanya pada diri sendiri apakah sesuatu itu fakta, opini, atau ide. Langkah ini dapat membantu kamu menetapkan tujuan dan nilai suatu informasi. 

#6 Evaluasi bukti yang ada

Gunakan pengalaman dan fakta sebelumnya untuk membantu kamu membuat keputusan saat ini melalui pemikiran kritis. Pernahkah kamu mengalami proyek atau tantangan serupa sebelumnya?  Apa yang kamu pelajari dari pengalaman itu?  Dengan melakukan penelitian, memilah fakta dan menggunakan pengalaman sebelumnya sebagai bukti yang ada, kamu dapat sampai pada solusi yang lebih aplikatif dan efektif untuk dikerjakan saat ini. 

#7 Bertemu dengan seorang mentor

Memiliki mentor dapat membantu kamu mengembangkan berbagai keterampilan selain dapat berkolaborasi dalam solusi dan keputusan. Mereka dapat membantu kamu fokus saat menggunakan teknik berpikir kritis, atau mereka mungkin memiliki sumber daya untuk membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan kritis kamu. 

#8 Berpartisipasi dalam latihan membangun tim

Cara meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat dengan berpartisipasi dalam latihan membangun tim. Banyak latihan membangun tim bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, baik untuk kelompok maupun individu. 

 

Sumber: Indeed

Simak juga:

Para Employer, Ini 10 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Kantor!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *