fbpx
keterampilan kerja

Bisnis Tetap Bertahan Pasca-Covid, Ini 9 Skill yang Harus Kamu Punya!

Situasi saat ini memaksa para pekerja untuk mampu beradaptasi dengan keterampilan kerja yang beragam.

Situasi sekarang ini sudah merubah cara kerja perusahaan. Dari yang awalnya harus bekerja di kantor sekarang karyawan harus bekerja di rumah. Banyak juga sejumlah perusahaan yang terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat dampak pandemi Covid-19. Tapi, beberapa skill atau keterampilan kerja tetap dibutuhkan selama pandemi maupun setelah pandemi. Kemampuan keterampilan kerja ini dibutuhkan agar bisnis tetap bertahan. Berikut 9 keterampilan kerja yang harus dimiliki.

Baca juga: 18 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik, Wajib Catat!

#1 Kepemimpinan

Bukan hanya pemilik perusahaan atau manajer yang harus memiliki keterampilan kerja kepemimpinan, siapapun harus dapat menunjukkan kepemimpinan yang baik. Kepemimpinan berarti harus mengambil keputusan dengan baik. Komunikasikan strategi dan visi sambil memotivasi anggota kelompok agar dapat bekerja dengan baik. Menguasai keterampilan kerja mengenai kepemimpinan sangat dibutuhkan selama maupun setelah pandemi Covid-19 agar dapat meningkatkan nilai diri. 

#2 Fleksibilitas dan kemampuan beradaptasi

Menjadi fleksibel dan kemampuan beradaptasi harus dimiliki di masa pandemi Covid-19. Kita harus dapat melakukan penyesuaian diri secara cepat dengan perubahan yang ada. Keterampilan kerja ini menuntut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja secara baik seperti work-from-home, bekerja online, dan sebagainya. Meskipun cara kerja sekarang sangat fleksibel kita juga harus memiliki pola pikir yang terbuka, mampu bekerja di bawah tekanan, dan menyesuaikan diri dengan deadline kerjaan. Keterampilan kerja ini sangat dibutuhkan di masa sekarang ini. 

#3 Berpikir kritis

Di era teknologi digital, sekarang ini dapat beredar dengan mudahnya berita dan data palsu. Keterampilan kerja untuk berpikir kritis akan membuat kita dapat berpikir jernih dan rasional saat mendapatkan sebuah informasi. Hasilnya kita dapat secara objektif untuk membuat keputusan yang tepat. Berpikir kritis yang baik ialah dengan mengajukan pertanyaan yang akan dapat membantu untuk menggali lebih dalam. Seperti, “apa yang terjadi?”, “mengapa ini penting?”, “dari mana informasi itu berasal?”, atau “siapa yang terpengaruh?”. 

#4 Tech savvy

Keterampilan kerja tentang teknologi sangat diandalkan saat pandemi Covid-19 terjadi. Keadaan ini memaksa karyawan untuk tetap membuat bisnis terus berjalan dengan stabil dan efisien. Teknologi sangat diperlukan sebagai penunjang. Adapun keterampilan teknologi yang dibutuhkan yaitu kemampuan untuk menggunakan berbagai macam tools. Seperti tools video conference yaitu Skype, Google Meet, atau Zoom. 

Baca juga: Para Employer, Ini 10 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Kantor!

#5 Kreatif

Keterampilan kerja kreatif sangat dibutuhkan di dunia kerja yang selalu berubah dan penuh dengan persaingan. Menjadi kreatif harus mampu memberikan ide atau usulan “out of the box” sehingga dapat membantu perusahaan untuk terus maju dan berkembang. 

#6 Komunikatif

Keterampilan kerja yang juga harus dimiliki di masa sekarang ini yaitu komunikatif. Setiap orang harus mampu berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan. Berkomunikasi secara langsung mencakup juga kemampuan untuk mendengarkan dengan baik, dapat memberikan ide dengan tepat, serta menyesuaikan bahasa dengan lawan bicara. Komunikasi yang baik dapat menunjukkan kamu bisa menyampaikan ide, berdiskusi, mempertimbangkan pendapat, atau menyakinkan orang lain dengan baik. 

#7 Kecerdasan emosional

Selain harus memiliki keterampilan kerja berkomunikasi yang baik, kita juga harus memiliki kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional ialah mampu menyadari apa yang sedang terjadi, menunjukkan rasa empati, dan membaca situasi terutama ketika ada seseorang yang sedang merasa tidak nyaman. Keterampilan ini sangat dibutuhkan disaat sekarang ini agar kita mampu membaca suasana dengan baik sehingga dapat mempertahankan tingkat produktivitas yang tinggi. 

#8 Team work

Perusahaan tidak akan bisa sukses dengan bekerja sendiri. Diperlukan kerja sama tim untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Selama masa pandemi Covid-19 ini, semua orang harus dapat bekerja sama dengan orang lain dalam berbagai keadaan seperti work-from-home. Kerja sama tim ini juga berarti harus mampu membagi tugas secara rata, efisien, dan menyelesaikan dengan baik. 

#9 Analisis data

Keterampilan kerja analisis data akan sangat dibutuhkan perusahaan. Karena, analisis data sangat penting untuk membangun kembali perusahaan serta untuk mengambil keputusan ke depannya

 

Sumber: Top Universities

Simak juga:

12 Tipe Kerja WFH yang Bisa Dicoba di Tahun 2021

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *