Blog

3 Hal Manajemen Keuangan Perusahaan yang Penting, Apa Itu?

Manajemen keuangan perusahaan sangat penting karena dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk menghindari kebangkrutan. Ingin tahu 3 hal apa saja yang penting? Simak artikel berikut ini!

manajemen keuangan perusahaan

Apakah kamu tahu? Keuangan dalam sebuah perusahaan merupakan pondasi kuat atas terbangunnya sebuah perusahaan. Keuangan juga bersifat sangat berisiko jika tidak dikelola dengan baik, sehingga dapat menyebabkan jalannya perusahaan dapat terhenti. Tentunya dalam sebuah perusahaan dibutuhkan bidang tersendiri yang mengurus bagian keuangan atau yang disebut dengan manajemen keuangan. Hal tersebut merupakan kegiatan perencanaan, penyimpanan, pengelolaan, dan pengendalian dana dan aset yang dimiliki dalam suatu perusahaan. Oleh sebab itu, keuangan harus benar-benar direncanakan dengan matang sehingga tidak akan menimbulkan masalah di masa depan. Terdapat hal penting yang harus kamu perhatikan dalam manajemen keuangan. Ingin tahu apa saja 3 hal penting manajemen keuangan perusahaan? Simak artikel berikut.

Baca juga: Sebentar Lagi Tahun 2022, Yuk Buat Resolusi Finansial!

#1 Manajemen keuangan perusahaan yang pertama yaitu harus transparan

Perusahaan perlu memiliki prinsip keterbukaan terhadap keuangan perusahaan atau transparansi. Hal ini merupakan hal penting karena, saat perusahaan memiliki laporan keuangan yang tertutup hal ini akan menyebabkan munculnya pikiran negatif yang kemungkinan akan terjadi pelanggaran seperti penggelapan dana. Dengan memiliki prinsip transparansi juga membantu setiap departemen dalam perusahaan untuk dapat menjaga stabilitas keuangan perusahaan.

Baca juga: Seberapa Penting Literasi Keuangan Bagi Pengusaha dan Karyawan?

#2 Kedua, akuntabilitas

Akuntabilitas juga merupakan prinsip yang penting. Prinsip ini ialah bentuk tanggung jawab pengelola keuangan untuk dapat melaporkan dari mana sumber dana berasal, untuk apa saja penggunaan dana tersebut, dan keputusan apa yang diambil. Pihak-pihak di level manajerial berhak tahu bagaimana akuntabilitas keuangan dalam perusahaan tersebut. 

#3 Manajemen keuangan perusahaan yang ketiga, pengelolaan

Baca juga: Mau Tahu Pentingnya Loyalitas Kerja Karyawan Bagi Perusahaan?

Terdapat dua pengelolaan keuangan, yaitu:

  • Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan kas merupakan kunci dalam manajemen keuangan. Setiap perusahaan harus dapat memastikan bahwa dana yang dianggarkan tersebut digunakan sesuai dengan tujuan dan rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya. Jangan sampai dana tersebut tidak digunakan untuk yang seharusnya.

  • Pengelolaan Pajak

Selain pengelolaan kas, pengelolaan pajak juga sangat penting karena berguna untuk mengoptimalkan beban pajak perusahaan, agar pajak yang dibayarkan perusahaan tidak melebihi dari jumlah yang seharusnya.

Itulah beberapa manajemen keuangan yang penting bagi perusahaan.

Sumber: Online-Pajak

Simak juga:

HR Perlu Tahu! 3 Cara Untuk Mengoptimalkan Karier Karyawan

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!