Resources

6 Cara Mencatat Pengeluaran, Yuk Ikuti Tipsnya!

Mencatat pengeluaran dapat membantu kamu untuk lebih mengontrol keuangan. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak di sini!

mencatat pengeluaran

Cara mengatur pengeluaran ialah dengan mencatat pengeluaran agar lebih terkontrol.

Apakah kamu selama ini merasa tidak dapat mengatur keuangan? Jika iya, kamu perlu mencatat semua biaya yang kamu keluarkan. Karena dengan mencatat semua biaya-biaya tersebut akan dapat membantu kamu untuk mengatur keuangan menjadi lebih baik. Dengan mencatat, kamu akan mengetahui pemasukan serta pengeluaran aktivitas keuangan kamu selama ini. Hal itu tentu akan membuat pengeluaran kamu menjadi lebih terkontrol, sehingga bisa mengelola keuangan menjadi lebih baik lagi. Ingin tahu bagaimana cara mencatat pengeluaran? Simak di artikel berikut ini.

Baca juga: 3 Cara Mengelola Keuangan agar Terhindar dari Stres

#1 Cara mengatur keuangan yaitu dengan merancang budget terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu dengan merancang budget terlebih dahulu. Banyak metode alokasi keuangan yang dapat kamu lakukan, seperti metode commitment budgeting (75/25), simple budgeting (50/30/20), value based budgeting (50/50), dan lainnya.

#2 Buat kategori pengeluaran

Selanjutnya kamu perlu menciptakan kategori pengeluaran. Misalnya saja, biaya hidup, biaya untuk berbagi, biaya menabung, dan lain-lain. Kemudian, kamu juga bisa membuat kategori tersebut menjadi lebih spesifik. Untuk biaya hidup kamu dapat membaginya menjadi biaya makan, sewa tempat tinggal atau bayar listrik, biaya transportasi, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menentukan Tujuan Keuangan

#3 Meluangkan waktu

Saat sudah membuat kategori pengeluaran, kemudian kamu dapat meluangkan waktu. Luangkan waktu kamu untuk mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan, dan juga harus tetap memantau berapa sisa uang yang kamu belanjakan pada kategori tersebut. Kamu dapat meluangkan waktu untuk mencatat, misalnya pada malam hari sebelum tidur.

#4 Manfaatkan rekening koran atau informasi kartu kredit untuk mencatat pengeluaran

Apakah kamu termasuk orang yang pelupa? Jika iya, kamu dapat memanfaatkan rekening koran atau informasi kartu kredit. Kamu dapat melihat kembali mutasi transaksi kamu saat kamu sedang mengingat-ingat. Dengan melihat rekening koran dapat membatu untuk mengetahui kapan kamu melakukan transaksi, rincian biaya, serta untuk apa uangnya digunakan.

Baca juga: WOW! Berikut Cara Mengatasi Masalah Keuangan Generasi Millennials

#5 Mencatat pengeluaran dengan memilih tools seperti aplikasi atau catatan sederhana yang terdapat di handphone

Jika kamu malas membawa catatan seperti buku, kamu dapat memanfaatkan aplikasi lho. Selain aplikasi, kamu juga bisa mencatatnya melalui memo handphone kamu, tentunya hal tersebut sangat memudahkan. Ketika setiap melakukan transaksi pengeluaran kamu dapat langsung mencatatnya.

#6 Selalu evaluasi pengeluaran

Setelah menerapkan semua cara tersebut, selanjutnya kamu dapat mengevaluasi pengeluaran. Jangan lupakan tujuan kamu melakukan pencatatan tersebut. Kamu dapat melakukannya dengan memantau dan membandingkan uang yang kamu keluarkan dengan catatan yang sudah kamu buat. Dengan begitu akan membuat kamu berbelanja tidak lebih dari yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencatat pengeluaran. Dengan mencatat dapat membuat kamu lebih mengontrol pengeluaran.

Sumber: Glints

Simak juga:

Gaji Tetap, Tetapi Biaya Hidup Naik? Ikuti Tips Berikut Ini!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!