Blog

4 Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Sandwich

Terjebak dalam generasi sandwich harus membuat kita bisa mengatur keuangan dengan baik. Begini cara mengatur keuangan untuk generasi sandwich!

mengatur keuangan untuk generasi sandwich

Apakah kamu pernah mendengar istilah generasi sandwich? Jika belum, artinya yaitu seseorang yang mempunyai kewajiban untuk memenuhi kebutuhan orang lain selain dirinya. Seperti misalnya orang tua, adik atau kakak. Hal ini memang berkaitan dengan finansial. Tentu saja terbebani oleh kondisi keuangan sangat menakutkan bagi generasi sandwich. Biasanya masalah yang sering terjadi yaitu seseorang harus dapat membagi rata semua kebutuhan serta tanggungannya. Contohnya saja, generasi sandwich harus mengatur biaya pendidikan dan pertumbuhan anak, serta kewajiban memenuhi kebutuhan orang tua. Saat hal ini terjadi, tentu saja dapat membuat generasi sandwich menjadi stres, cemas berlebih, bahkan sampai meminjam uang agar dapat memenuhi semua kebutuhan tersebut. Meskipun demikian, bukan berarti generasi sandwich tidak dapat memiliki keuangan yang sehat. Berikut cara mengatur keuangan untuk generasi sandwich agar dapat mengelola keuangan lebih baik.

Baca juga: Apa Itu Generasi Sandwich? Apa Kamu Salah Satunya?

#1 Mengatur keuangan untuk generasi sandwich dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan

Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mencatat pengeluaran serta pemasukan. Jika kamu belum terbiasa untuk mengelola keuangan dapat dimulai dengan melakukan pencatatan keuangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan, agar kamu mengetahui uang yang kamu hasilkan digunakan untuk apa saja. Jika sudah mengetahuinya, tentu saja hal tersebut dapat membantu kamu untuk mengelola keuangan menjadi lebih baik lagi. Sudah banyak aplikasi pencatatan keuangan yang dapat kamu manfaatkan.

#2 Mengatur keuangan untuk generasi sandwich dengan mengurangi pengeluaran

Semakin dewasa tentu saja keinginan kita bertambah. Tetapi kamu harus belajar untuk membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Saat kita berada di posisi generasi sandwich, tentunya harus lebih memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan. Jika kamu terus menuruti keinginan kamu, hal itu tentu akan merusak kesehatan finansial.

Baca juga: Harus Dihindari! 10 Kebiasaan Buruk dalam Mengatur Keuangan

#3 Mencari penghasilan tambahan

Cara lainnya agar kamu terhindar dari stres finansial akibat dari terhimpit dalam generasi sandwich yaitu dengan mencari penghasilan tambahan. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mencari penghasilan tambahan. Misalnya menjadi freelance, membuka bisnis online, menjadi tutor atau guru privat, dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki uang yang cukup, tentu saja akan lebih memudahkan kamu untuk mengatur keuangan.

#4 Siapkan tabungan darurat

Dana darurat merupakan hal yang wajib. Karena kamu tidak akan pernah tahu mengenai kondisi mendesak yang bisa terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, perencanaan keuangan yang baik dan menyiapkan dana darurat, akan membantu kamu terhindar dari stres apabila kebutuhan tidak terduga datang secara bersamaan.

Menjadi generasi sandwich harus pintar untuk mengatur keuangan. Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

Sumber: Finance Detik

Simak juga:

3 Hal Manajemen Keuangan Perusahaan yang Penting, Apa Itu?

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!