Resources

6 Tips Mengatasi Stres Keuangan yang Bisa Dilakukan

Saat mengalami masalah keuangan cobalah untuk tidak stres karena tidak baik bagi kesehatan. Begini tips mengatasi stres keuangan!

tips mengatasi stres keuangan

Apakah menurutmu mempunyai banyak uang bisa memberi kebahagiaan? Ternyata menurut penelitian tidak menunjukkan hal tersebut. Tetapi, saat hidup kita membutuhkan uang, tentu saja jika tidak mempunyai uang akan membuat kita stres. Banyak tekanan keuangan yang dapat terjadi misalnya saja mempunyai hutang, biaya untuk anak, dan lainnya. Akibat dari stres keuangan ini akan menjadi masalah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk itu artikel berikut ini akan memberikan kamu tips mengatasi stres keuangan.

Baca juga: Ingin Hidup Hemat? Terapkan 5 Cara Gaya Hidup Hemat Berikut!

#1 Jangan panik, cobalah untuk menerima kenyataan

Setiap orang tentu saja pernah mengalami masalah keuangan. Tapi saat sedang mengalaminya cobalah untuk jangan panik dan belajar untuk menerima kenyataan. Kamu harus belajar untuk mengendalikan diri sehingga tidak menyebabkan kecemasan yang berlebih. Lebih baik kamu tetap tenang dan fokus untuk memikirkan bagaimana mengatasi masalah tersebut.

#2 Tips mengatasi stres keuangan dengan membuat rencana keuangan lain

Saat mengalami masalah keuangan kamu perlu mencari tahu penyebab masalah keuangan tersebut bisa terjadi. Selanjutnya kamu dapat mencoba untuk menuliskan biaya-biaya pengeluaran kamu, lalu kurangi biaya yang tidak diperlukan. Kemudian, belajarlah untuk berkomitmen mengikuti daftar pengeluaran tersebut. Karena dengan mengikuti daftar tersebut tentu saja bisa mengurangi stres.

Baca juga: 5 Cara Tidak Boros Berikut Ini Bikin Kamu Makin Hemat

#3 Jangan melampiaskan stres ke hal lain yang lebih buruk

Sering terjadi saat mengalami stres akan melampiaskan ke hal lain. Contohnya saja seperti merokok berlebihan, minum-minuman keras, berjudi, atau bahkan mencuri. Kamu harus waspada jika mengalami dorongan seperti itu. Jika hal itu semakin memperburuk kondisi kamu, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog.

#4 Tips mengatasi stres keuangan dengan  mencoba ubah masa sulit menjadi sebuah peluang lain

Apakah ketika mengalami masa sulit kamu pernah terpikirkan untuk membuat atau membuka sesuatu? Jika iya, manfaatkan kondisi tersebut. Bisa saja saat mengalami kesulitan uang, kamu jadi tertarik untuk membuat atau membuka sesuatu. Contohnya saja, membuat kerajinan tangan atau menjual makan-makanan unik. Jika hal tersebut kamu lakukan, tentu saja dapat mengurangi stres. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru atau mencari pekerjaan sampingan.

Baca juga: Ingin Mendapatkan Uang Tambahan? Coba 5 Cara Ini!

#5 Tips mengatasi stres keuangan dengan menjual barang yang masih layak pakai

Kamu juga bisa mengatasi stres keuangan dengan menjual barang-barang yang ada di rumah. Sudah banyak aplikasi yang akan membantu kamu untuk menjual barang bekas atau preloved. Kamu juga bisa lho menjualnya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau bahkan Twitter. Uang hasil penjualan tersebut bisa kamu gunakan untuk biaya hidup sehari-hari.

#6 Hindari gaya hidup konsumtif

Saat menghadapi kesulitan uang, kamu harus belajar untuk mengubah gaya hidup. Misalnya saja dari gaya hidup konsumtif berubah menjadi gaya hidup hemat atau frugal living. Dengan menghindari gaya hidup konsumtif akan membantu kamu mengurangi stres karena masalah keuangan. 

 

Sumber: Hallo Sehat

Simak juga:

Kamu Harus Tahu! Alokasi Gaji untuk Mempersiapkan Dana Pensiun

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!