Resources

Manfaatkan 5 Tips Menuju Merdeka Finansial Berikut Ini, Biar Nggak Nyesel!

Siapa sih yang tidak ingin merdeka finansial? Jika kamu memang menginginkannya, yuk simak ulasannya di artikel berikut ini!

tips menuju merdeka finansial

Pernahkah kamu mendengar istilah ‘merdeka finansial’? Merdeka finansial dapat diartikan sebagai perasaan bebas dari tuntutan keuangan. Disadari atau tidak, beban keuangan yang harus kamu penuhi secara rutin membuat kamu menjadi tidak bebas untuk membelanjakan uang yang dimiliki. Ditambah lagi, jika gaya hidupmu berubah-ubah dan kurang mampu dalam mengelola keuangan, ini bisa menyulitkan untuk mencapai merdeka finansial. Oleh sebab itu, berikut tips yang bisa kamu ikuti!

Baca juga: Harus Dihindari! 10 Kebiasaan Buruk dalam Mengatur Keuangan

#1 Menyisihkan dana darurat

Dana darurat merupakan dana yang penting untuk dikumpulkan. Dana darurat bisa menolongmu saat kamu mengalami peristiwa atau keadaan darurat. Umumnya, dana darurat yang ideal, sekitar 6 sampai 12 kali biaya pengeluaranmu. Cara untuk menabung dana darurat tersebut kamu dapat mencoba untuk membuka rekening baru khusus untuk dana darurat. 

#2 Rajin menabung

Saat masih kecil mungkin kamu sudah diajarkan untuk menabung, tapi apa kamu benar-benar mempraktikannya?

Banyak orang merasa kesulitan dalam membiasakan diri untuk menabung. Bahkan, sebagian orang menganggap bahwa menabung merupakan beban. Kamu sulit meraih merdeka finansial jika tidak menabung. Kamu bisa menjadikan menabung sebagai kebiasaan baik yang manfaatnya bisa kamu rasakan nantinya.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menentukan Tujuan Keuangan

#3 Melunasi utang

Jika ingin merdeka secara finansial, kamu perlu melunasi utang. Alasannya, jika masih memiliki utang, kamu akan sulit untuk meraih keinginan tersebut. Cara termudah untuk melunasi utang lebih awal, yaitu dengan membayarnya kapan pun kamu bisa. Kamu juga dapat mencoba mengurangi jajan untuk dialokasikan membayar utang. 

#4 Mengurangi anggaran yang tidak perlu

Kamu juga bisa mengurangi anggaran yang tidak perlu agar bisa mencapai merdeka finansial. Caranya bisa dimulai dari, mengurangi beli makanan online dan memulai memasak makanan sendiri. Kamu juga perlu belajar membedakan kebutuhan dan keinginan, sehingga bisa memprioritaskan pengeluaranmu. Setelah mengurangi anggaran yang tidak perlu, kamu bisa mengalokasikan sisa uangnya lebih banyak untuk menabung.

#5 Memilih karier yang tepat

Sebelum mencapai kebebasan finansial, tentu saja kamu perlu punya penghasilan kamu sendiri. Kamu bisa mencoba memilih karier yang cocok denganmu. Dengan demikian, kamu bisa membangun kariermu dan terus menaikkan standar penghasilanmu seiring berjalannya waktu. Semoga karier yang telah kamu pilih saat ini bisa mendukung tujuan finansialmu pada masa mendatan.

Itulah tips-tips yang dapat kamu coba jalankan sehari-hari supaya tujuan finansialmu segera tercapai.

 

Simak juga:

6 Tips Mengatasi Stres Keuangan yang Bisa Dilakukan