fbpx
cara menghemat pengeluaran bulanan

Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan. Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

Jika uang yang kamu miliki tidak diatur atau digunakan sebijak mungkin akan cepat habis tanpa kamu sadari.  Berikut tips cara menghemat pengeluaran bulanan.

Apakah kamu merasa kebingungan mengapa gaji kamu tiba-tiba sudah habis? Padahal tanggal gajian masih jauh dan tabungan sudah kian menipis. Jika kamu tidak ingin mengalaminya lagi, kini saatnya kamu untuk mulai hidup lebih hemat. Berikut ini adalah beberapa cara menghemat pengeluaran bulanan yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

#1 Hindari berlangganan yang jarang digunakan

Apakah kamu menggunakan layanan streaming seperti Netflix, Disney+, atau Mola TV? Hal ini akan membuat uang bulanan kamu terbuang sia-sia jika kamu tidak menggunakannya secara rutin. Pengurangan berlangganan yang sia-sia menjadi cara menghemat pengeluaran bulanan yang bisa dilakukan. Walaupun mungkin biaya yang dikeluarkan sedikit, namun hal ini akan membuat kita sadar untuk lebih memilih kebutuhan dibanding keinginan.

#2 Kurangi pergi ke restoran atau coffee shop setiap hari

Di masa sekarang banyak orang lebih memilih untuk bekerja di luar daripada di rumah. Apalagi generasi millennials yang sangat suka datang ke restoran atau coffee shop untuk bekerja atau sekedar nongkrong. Tidak masalah jika kamu ingin menyenangkan diri sesekali dengan merubah suasana kerja. Tetapi jika keuangan sedang menipis, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk pergi. Hal ini adalah cara menghemat pengeluaran bulanan yang tepat untuk kamu lakukan. Jika kamu biasanya pergi ke restoran atau coffee shop setiap hari, kamu bisa menguranginya menjadi sebulan 2 sampai 3 kali saja.

#3 Hindari penggunaan kartu kredit

Cara menghemat pengeluaran bulanan yang lain adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit. Biasakan diri untuk menghindari utang. Kamu bisa belajar membeli sesuatu dengan uang tunai. Bila perlu, bawalah uang tunai seperlunya agar kamu tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Dari sini, kamu akan belajar menggunakan uang yang dimiliki dengan bijak sampai akhir bulan.

Baca juga: Mulai Berapapun, Ini Cara Berinvestasi untuk Gaji 3 Juta!

#4 Mengurangi pembelian makanan secara online

Apakah kamu lebih sering membeli makanan melalui aplikasi online? Tentu saja hal ini berdampak besar pada keuangan. Terlebih lagi dengan penambahan biaya ongkos kirim atau tas belanja. Menghemat pengeluaran bulanan juga bisa dengan dimulai dari rumah seperti memasak makanan sendiri. Kamu bisa membuat daftar menu dengan pengeluaran yang sudah ditargetkan. Tentu saja hal ini sangat efektif untuk mengurangi pengeluaran.

#5 Ubah gaya hidup

Solusi lain dari cara menghemat pengeluaran bulanan yang paling penting adalah dengan mencari cara untuk membatasi godaan. Kamu bisa mencari dan menerapkan gaya hidup yang berkaitan dengan pengelolaan uang seperti konsep minimalis. Kamu hanya memikirkan hal-hal yang berguna untuk keperluan hidup. 

Itu lah cara menghemat pengeluaran bulanan yang bisa kamu lakukan untuk menghemat gaji bulanan dan mengelola pengeluaran bulanan secara baik. Selamat mencoba!

 

Sumber: Payactiv, Koinworks, Finansialku

Simak juga:

5 Tips Mengelola Keuangan untuk Perempuan. Sudah Tahu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *