fbpx
cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga

Ibu Rumah Tangga Tak Boleh Boros, Coba 10 Cara Hemat Uang Ini Yuk!

Menjadi ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan untuk bisa mengatur keuangan keluarga. Berikut cara untuk menghemat uang untuk ibu rumah tangga yang bisa kamu lakukan!

Kita tentunya sering mengeluh bahwa kita tidak punya uang untuk melakukan hal-hal yang kita inginkan seperti pergi liburan, membeli mobil atau menabung untuk pendidikan anak. Kadang kita sering bertanya-tanya mengapa orang lain bisa melakukan hal itu sedangkan kita begitu sulit mewujdukannya. Nah, jawaban utama dari itu semua adalah menghemat. Berikut adalah beberapa cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga.

Baca juga: 6 Cara Ini Bisa Bikin Merdeka Finansial, Sudah Coba Belum?

#1 Buat anggaran

Cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga yang utama ialah kamu harus membuat anggaran. Dengan membuat anggaran (pengeluaran dan pemasukan) akan membantu kamu memperjelas transaksi yang pernah dilakukan. Anggaran juga akan membantu untuk meringkas pengeluaran yang diukur dari jumlah pendapatan. Hal ini akan membantu untuk mengendalikan pengeluaran yang berlebihan. Pastikan juga untuk mencatat semua pengeluaran yang terjadi secara teratur. Seperti pajak atau asuransi mobil dan motor juga harus dicatat sebagai pengeluaran jangka panjang. 

#2 Bedakan antara keinginan dan kebutuhan

Meskipun lebih mudah diucapkan ketimbang melakukannya, cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga seperti ini adalah cara praktis yang bisa dilakukan. Jika kamu dapat membedakan antara apa yang kamu butuhkan dan apa yang kamu inginkan, maka kamu dapat menghemat lebih banyak uang. Misalnya, jangan membeli Smart TV baru hanya karena tetangga baru saja membelinya. Keinginan seperti itu harus dikendalikan agar uang yang kamu keluarkan tidak sia-sia. 

#3 Perhatikan di mana kamu menghabiskan uang

Kunci untuk menghemat adalah mengawasi uang yang kamu habiskan. Salah satu cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga yaitu dengan mengetahui kemana pengeluaran uang terbesar. Perhatikan kemana sebagian besar pengeluaran setiap hari atau perbulan. Setelah itu coba alokasikan pengeluaran terbesar itu ke tempat yang lebih menguntungkan, seperti investasi. Kamu dapat melakukannya secara manual atau ada beberapa aplikasi pencatat pengeluaran yang bagus. 

#4 Buat daftar belanja

Cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga yang lain bisa dengan membuat daftar belanja. Belilah barang yang hanya terdapat di daftar yang sudah kamu buat. Jika barang tertentu tidak ada dalam daftar belanja kemungkinan besar kamu tidak membutuhkan barang tersebut. Jika membeli barang lain di luar daftar belanja yang kamu buat, maka hapus beberapa daftar belanja agar pengeluaran tetap sama. 

Baca juga: Cara Menabung 100 Juta dalam Setahun? Yuk Bisa Yuk!

#5 Lebib baik membayar dengan uang tunai daripada dengan kartu

Untuk pengeluaran yang lebih kecil, mungkin lebih baik membayar dengan uang tunai, daripada dengan kartu.  Ini mungkin terdengar aneh, tetapi kita cenderung kehilangan jejak pengeluaran saat membayar dengan kartu daripada dengan uang tunai. Ketika kamu membayar dengan uang tunai, kamu akan terus memeriksa berapa banyak uang yang kamu belanjakan. Saat membayar dengan kartu, kamu mungkin tidak tahu berapa banyak uang yang telah dikeluarkan. 

#6 Simpan secara teratur

Cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga dengan menanamkan kebiasaan untuk menabung setiap bulan. Tidak perlu jumlah yang banyak, lebih baik sedikit namun konsisten. Kamu perlu menghitung berapa banyak uang yang diperlukan untuk keperluan bulanan, maka akan jelas berapa banyak uang yang dapat ditabung. Jika kamu memiliki kelebihan uang tunai, kamu dapat dengan mudah membelanjakan anggaran kamu.  

#7 Jadikan tabungan berorientasi untuk tujuan yang jelas

Kita semua memiliki tujuan keuangan tertentu dalam hidup.  Katakanlah, kita perlu menabung untuk uang muka pembelian mobil atau kamu mungkin ingin berlibur ke luar negeri. Kamu mungkin memiliki tujuan jangka panjang seperti rumah impian dan pendidikan anak.  Menghubungkan tabungan kamu dengan tujuan ini bisa menjadi dorongan besar. Ketika kamu menetapkan tujuan untuk menghemat uang seperti pendidikan, pernikahan, liburan, pendidikan anak, atau pensiun, kamu cenderung mencari tahu berapa banyak uang yang diperlukan dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menabungnya. 

#8 Saat membeli sesuatu, belajarlah untuk membandingkan

Tips cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga ini mungkin membantu kamu dalam banyak hal. Jika kamu perlu membeli sesuatu, jangan langsung membelinya. Sebaiknya kamu mencari opsi dari tempat lain di mana kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang jauh lebih murah. Beberapa platform e-commerce lainnya mungkin menawarkan penawaran yang lebih bagus. Dengan membandingkan barang kamu bisa mendapatkan barang yang sama dengan harga yang jauh lebih murah. 

#9 Hemat uang dengan menjaga kesehatan diri sendiri

Hal ini mungkin tidak secara langsung mencerminkan jumlah tabungan kamu, tetapi merupakan faktor penting. Ketika kamu makan dengan baik dan sehat, kemungkinan mengurangi risiko sakit. Jadi menjaga diri kamu tetap bugar dan sehat berkontribusi pada penghematan. Dengan membuat asuransi kesehatan juga dapat menghemat tagihan medis kamu sehingga tidak menghabiskan seluruh tabungan kamu. 

#10 Jangan tergoda diskon

Cara ini sangat efektif agar uang kamu tidak terbuang sia-sia. Ketika melihat diskon besar-besaran biasanya akan mendorong kamu untuk membelinya walaupun barang tersebut tidak kamu butuhkan. Jadi belajarlah untuk menahan membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan walaupun sedang ada diskon sekalipun. 

Cara menghemat uang untuk ibu rumah tangga ini mungkin bukan hal baru bagi kamu.  Tetapi pentingnya penghematan kecil jarang dihargai. Jika kamu memulai menghemat dari sekarang tentunya akan mempersiapkan finansial masa depan. Ingat, tetes-tetes kecil air membuat lautan menjadi luas.

 

Sumber: Mom’s Cove

Simak juga:

10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *