fbpx
contoh kebiasaan buruk

Harus Dihindari! 10 Kebiasaan Buruk dalam Mengatur Keuangan

Beberapa contoh kebiasaan buruk ini akan memperlambat dan merusak masalah finansial yang kamu telah rencanakan.

Apakah kamu tahu? Kebiasaan adalah kecenderungan yang kita miliki yang sulit untuk dihilangkan. Hal itu karena apa yang kita lakukan berulang-ulang tanpa memikirkannya.  Kebiasaan kita membentuk hidup kita dalam baik dan buruk. Apapun bidang kehidupan yang ingin kamu tingkatkan, perlu adanya fokus yang tajam untuk menghentikan kebiasaan buruk dan membentuk kebiasaan yang baik. Jika saat ini kamu memiliki salah satu kebiasaan buruk tentang uang, maka kamu perlu berusaha untuk menggantinya dengan kebiasaan positif yang akan membawa kamu lebih dekat ke tujuan finansial. Berikut contoh kebiasaan buruk dalam mengatur keuangan sehari-hari.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

#1 Menghabiskan lebih dari yang kamu dapatkan

Menghabiskan lebih dari yang kamu hasilkan ialah contoh kebiasaan buruk. Kebiasaan satu ini akan berpengaruh buruk pada kesehatan finansialmu. Hal ini akan membuat kamu memilih untuk berhutang misalnya dalam mengandalkan penggunaan kartu kredit. Jika kamu sering menghabiskan uang lebih dari yang kamu dapatkan, kamu harus belajar memotong pengeluaran dan anggaran kamu. Atau kamu dapat mencari penghasilan tambahan untuk mendapatkan lebih banyak uang agar menutup kesenjangan.

#2 Mengandalkan kartu kredit untuk membayar tagihan

Contoh kebiasaan buruk selanjutnya jika kamu menggunakan kartu kredit untuk menutupi hal-hal dasar. Seperti makanan, sewa rumah, atau menggunakannya untuk pembelian tanpa pertimbangan misalnya seperti liburan atau pakaian baru. Saat menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, kamu lupa untuk mencatatnya dan terus menggesek. Tentunya hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan finansial kamu. Utang menjadi banyak dan pemasukan tidak bertambah. Ada baiknya, saat penggunaan kartu kredit hanya untuk membayar hal-hal penting saja dan jangan lupa untuk membuat catatan pemakaian kartu kredit.

#3 Mengambil pinjaman online

Mengambil pinjaman online merupakan contoh kebiasaan buruk yang harus kamu hindari. Sekarang banyak perusahaan besar yang meminjamkan dana secara online. Prosesnya pun sangat mudah hanya dengan menggunakan kartu identitas. Tetapi apakah kamu tahu? Saat mengambil pinjaman online kita akan dikenakan bunga yang sangat tinggi. Dan lebih buruknya saat kita tidak dapat membayar tagihan mereka akan menagih ke orang sekeliling kita yang tentunya akan membuat kita malu dan dijauhi kerabat. Untuk itu, hindarilah untuk mengambil pinjaman online ini karena akan semakin berdampak buruk terhadap kesehatan finansialmu.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menentukan Tujuan Keuangan

#4 Tidak mempersiapkan dana darurat

Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di hari esok. Datangnya situasi darurat dalam hidup tentunya tidak dapat diprediksi. Jika tidak memiliki dana darurat kamu akan kesulitan untuk mencari dana ketika keadaan darurat datang misalnya kecelakaan atau sakit. Sangat penting mempersiapkan dana darurat untuk keadaan darurat. Kamu dapat belajar untuk menyisihkan sebagian penghasilan kamu untuk mempersiapkan dana darurat.

#5 Terlambat membayar tagihan

Membayar tagihan terlambat itu adalah contoh kebiasaan buruk. Ketika kamu terlambat membayar tagihan, tentunya akan dikenakan denda dan bisa menghabiskan lebih banyak uang untuk membayar biaya keterlambatan dan biaya bunga. Biasakan untuk selalu membayar tagihan tepat waktu. Jika kamu adalah tipe orang yang hanya menunda-nunda tugas seperti ini, pertimbangkan untuk mendaftar dipembayaran otomatis.

#6 Tidak menabung untuk masa depan

Ungkapan seperti #YOLO (You Only Live Once) dan #FOMO (Fear of Missing Out) dapat membuat kamu merasa perlu menghabiskan semua uang dan membelanjakannya sekarang. Menikmati hidup di masa sekarang tentunya boleh saja tetapi juga pastikan menabung untuk masa depan dan rajin bekerja untuk menuju tujuan kamu.

#7 Membandingkan kesuksesan kamu dengan orang lain

Contoh kebiasaan buruk lainnya ialah jangan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain, setiap orang punya jalan hidupnya masing-masing. Kamu hanya perlu berpikir positif dan lakukan apa yang kamu suka, bekerja keras dan yakin pada diri kamu sendiri.

#8 Menimbun uang dan tidak pernah bersenang-senang

Contoh kebiasaan buruk dalam keuangan ialah takut untuk membelanjakan apapun. Jika kamu menimbun uang sampai titik kesengsaraan, inilah saatnya untuk menghentikan kebiasaan itu. Kamu dapat meringankan diri sedikit dan menikmati uang yang telah kamu hasilkan dengan susah payah.

Baca juga: WOW! Berikut Cara Mengatasi Masalah Keuangan Generasi Millennials

#9 Memiliki kebiasaan merusak diri

Contoh kebiasaan buruk lainnya ialah kebiasaan merusak diri. Kamu memilih membuang-buang uang kamu untuk kebiasaan seperti merokok, berjudi, dan minuman alkohol. Kebiasaan ini akan membuat pengeluaran kamu sulit untuk dikontrol. Jika kamu dapat menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, keuanganmu tentunya akan semakin baik. Jadi belajarlah untuk menghilangkan kebiasaan merusak diri.

#10 Membuat alasan

“Jika Anda tidak menyukai keadaannya, ubahlah! Kamu bukan pohon.” – Jim Rohn.
Jangan biarkan alasan menahan kamu. Kamu memiliki pilihan untuk bekerja keras, membangun kehidupan, dan keuangan yang kamu inginkan atau memilih untuk membuat alasan sehingga kehidupanmu tidak pernah maju. Pilihlah dengan bijak.

Jika kamu sudah paham mengenai beberapa contoh kebiasan buruk di atas maka kamu akan lebih mudah untuk mengelola keuangan sendiri.

 

Sumber: The College Investor

Simak juga:

Manajemen Utang Sebagai Langkah Terbebas dari Jeratan Utang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *