fbpx
dana pensiun adalah

Mengapa Kamu Harus Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini?

Dana pensiun adalah dana yang sangat berguna untuk masa depan.

Siapa sih yang tidak menginginkan masa pensiun yang nyaman dan tenang? Masa pensiun memang harus dinikmati dengan damai sejahtera. Namun, bagi masyarakat Indonesia mempersiapkan dana pensiun masih belum menjadi prioritas utama loh. Padahal dana pensiun dapat dijadikan bekal ketika memasuki masa tua dan sudah tidak aktif bekerja lagi agar dapat hidup tenang dan tidak membuat anak kita menjadi “generasi sandwich“. 

Baca juga: Berapa Uang yang Bisa Kamu Hemat dengan Gaya Hidup Minimalis?

Apa itu Dana Pensiun? 

Menurut OJK, dana pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun. Dana pensiun juga dikenal sebagai pilihan investasi yang memungkinkan seseorang untuk menyimpan sebagian dari pendapatan mereka untuk masa pensiun atau masa tua. 

Apa Saja Jenisnya? 

Berikut 3 jenis dana pensiun.

  • Pertama, Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) yaitu, dana pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku pendiri, untuk menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti atau Program Pensiun Iuran Pasti, bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap Pemberi Kerja. 
  • Kedua, Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yaitu, Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan. 
  • Ketiga, Dana Pensiun Berdasarkan Keuntungan yaitu,  Dana Pensiun Pemberi Kerja yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti, dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntungan pemberi kerja. 
Baca juga: Berapa Uang yang Bisa Kamu Hemat dengan Gaya Hidup Minimalis?

Pentingnya Dana Pensiun Dipersiapkan dari Sekarang

Berikut 3 alasan utama mengapa kamu harus mempersiapkan dana pensiun sejak dini. 

#1 Sebagai tabungan untuk menjalani masa pensiun atau masa tua

Saat masa pensiun tentunya penghasilan kamu tidak akan sama dengan masa sekarang atau saat masa masih produktif dalam bekerja sehingga menjadi tidak berbanding lurus dengan kebutuhan. Tentunya dengan sudah mempersiapkan dana pensiun dapat kamu rasakan untuk membiayai berbagai kebutuhan tersebut. Sebagaimana penghasilan saat masih bekerja aktif, tentunya penggunaan dana pensiun juga perlu diatur dengan baik. Jangan sampai kamu kewalahan karena pengeluaran jauh lebih banyak dari penghasilan yang kini dimiliki.

#2 Sebagai modal usaha

Sebagian orang yang sudah pensiun banyak memutuskan untuk membuka usaha sebagai penghasilan tambahan barunya. Dana pensiun yang kamu terima atau kamu kumpulkan dapat dimanfaatkan untuk modal membuka usaha tersebut. Tentunya juga akan jauh lebih baik jika rencana usaha tersebut sudah dipikirkan dari jauh-jauh hari sebelum masa pensiun tiba. Perencanaan yang lebih matang akan membuat proses memulai jadi lebih mudah loh. 

#3 Sebagai dana darurat

Dana pensiun juga dapat kamu manfaatkan sebagai dana darurat jika pengelolaannya tepat. Arti dari dana darurat dalam hal ini ialah uang pensiun tidak digunakan untuk apapun, kecuali jika nantinya ada keadaan darurat yang membutuhkan uang dalam jumlah besar. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu dapatkan bila menyiapkan dana pensiun. Jangan sampai menyesal di masa yang akan datang. 

 

Sumber: Kompas, OJK

Simak juga:

Benefit Finansial Paling Pas untuk Karyawan, Ini yang Perlu Kamu Tahu!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *