fbpx
kesejahteraan finansial

Benefit Karyawan: 5 Strategi Perusahaan Bangun Ketahanan Finansial Karyawan

Masalah finansial setiap karyawan berdampak pada kinerja perusahaan, oleh sebab itu kesejahteraan finansial karyawan menjadi solusi yang bisa dilakukan perusahaan.

Apakah kamu tahu? Akibat dari dampak pandemi telah mengubah ketahanan finansial karyawan sehingga kesejahteraan finansial mereka tidak tercapai. Oleh karena itu tidak mengherankan jika perusahaan percaya  pentingnya untuk memiliki strategi kesejahteraan finansial dalam perusahaan agar karyawan bisa bekerja lebih optimal. Untuk membantu karyawan memiliki ketahanan finansial, perusahaan harus menyiapkan strategi kesejahteraan finansial karyawan yang baik. Berikut adalah 5 strategi untuk mencapai kesejahteraan finansial karyawan yang bisa perusahaan lakukan.

Baca juga: Mengukur Kesehatan Finansial Karyawan: Tips untuk Para HR!

#1 Memahami kebutuhan karyawan sebelum inisiatif membuat kesejahteraan finansial di tempat kerja.

Sangat penting untuk perusahaan memahami kebutuhan karyawan mereka terlebih dahulu. Karena setiap karyawan memiliki keadaan yang memiliki prioritas keuangan yang berbeda. Perusahaan harus mulai dengan menilai dan mempertimbangkan kebutuhan karyawan yang beragam. Misalnya kelompok karyawan yang lebih muda ingin dibantu menabung untuk pembelian rumah pertama mereka. Sedangkan bagi kelompok yang lebih tua hal itu belum tentu jadi prioritas, tetapi bisa beralih sebagai dana pensiun untuk masa mendatang. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang mungkin diinginkan dan dibutuhkan tiap karyawan.

#2 Kembangkan paket manfaat yang menarik.

Setelah kebutuhan tenaga kerja diketahui, maka penting untuk membuat wadah sebagai imbalan atas kerja karyawan. Titik awal yang baik adalah melihat apakah karyawan mengambil dan menggunakan manfaat yang sudah ditawarkan perusahaan. Memastikan manfaat relevan dan dijelaskan dengan baik dapat benar-benar membantu mengambil dan meningkatkan manajemen uang pribadi. Kesejahteraan finansial karyawan akan membaik akibat kerja yang dilakukannya.

#3 Bantuan keuangan dasar.

Banyak karyawan berjuang untuk memahami masalah keuangan dasar. Dan sering gagal untuk merealisasikan manfaat yang ditawarkan di tempat kerja. Membantu karyawan menjadi lebih akrab dengan masalah ini adalah langkah penting untuk membantu mereka terlibat dan memikirkan keuangan mereka sendiri. Membuat mereka berpikir pentingnya bagaimana mereka menghabiskan uang dalam pengeluaran seperti tagihan bulanan dan asuransi. Contoh yang bagus dari ini adalah asuransi mobil. Sangat tidak mungkin bahwa anda akan mendapatkan kesejahteraan finansial yang lebih baik saat sering berbelanja hal-hal yang tidak diperlukan.

Baca juga: Benefit Finansial Paling Pas untuk Karyawan, Ini yang Perlu Kamu Tahu!

#4 Hutang baik vs hutang buruk.

Prinsip penting lainnya adalah membantu karyawan dalam meningkatkan kesejahteraan finansial yaitu dengan memahami perbedaan antara hutang baik dan hutang buruk. Sebagai contoh, hipotek adalah bentuk hutang yang baik, masuk akal untuk memiliki pinjaman untuk memiliki rumah. Karena hal semacam itu merupakan pendekatan yang stabil dan mudah dikelola untuk pinjaman jangka panjang. Namun, itu masih harus ditinjau sesekali untuk memastikan jumlah yang diperoleh. Dihasil akhirnya, hutang dengan pembayaran bunga tinggi seperti pinjaman gajian dan kartu kredit akan sulit dikendalikan bila tidak dilunasi dengan cepat.

#5 Memberikan dukungan.

Sejumlah metode tersedia untuk mendukung kesehjateraan finansial karyawan yang bergantung pada gaya atau sistem kerja dan juga lingkungan kerja. Misalnya, apakah mereka bekerja di kantor atau di lini produksi? (Karena metode pengiriman mungkin perlu berbeda). Meningkatkan jumlah majikan yang menempatkan berbagai pilihan dari pemeriksaan kesehatan keuangan digital.  Mencakup area seperti hutang dan penghematan hingga seminar pendidikan finansial, alat interaktif, video dan animasi yang mencakup segala sesuatu mulai dari perencanaan petunjuk. Selain itu, banyak yang menempatkan panduan keuangan dan saran keuangan yang diatur untuk mendukung kebutuhan karyawan.

Itu lah hal-hal strategi kesejahteraan finansial yang bisa dilakukan perusahaan untuk membangun ketahanan finansial karyawan.

 

Sumber: Wealth at Work

Simak juga:

Bangun Kesehatan Finansial Karyawan dengan Akses Gaji Fleksibel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *