fbpx
mempersiapkan dana pensiun

Menyiapkan Dana Pensiun dengan 10 Cara Mudah Ini!

Mempersiapkan dana pensiun bisa dikatakan sebagai persiapan kita untuk masa depan.

Mempersiapkan masa pensiun dari sekarang sangatlah penting. Sebab, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa tua nanti. Untuk itu kamu harus mempersiapkan dana pensiun dari sekarang agar masa tua nanti bisa damai sejahtera. Siapa yang masih bingung bagaimana mempersiapkan dana pensiun? Berikut 10 cara mudah untuk menyiapkan dana pensiun.

Baca jugaMengapa Kamu Harus Persiapkan Dana Pensiun Sejak Dini?

#1 Tentukan kapan kamu akan pensiun

Mempersiapkan dana pensiun harus tahu lebih dulu kapan kamu akan pensiun. Ketika kamu sudah menentukan usia pensiun yang kamu inginkan, kamu dapat menghitung kira-kira berapa besaran dana pensiun yang kamu butuhkan untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya saja kamu akan pensiun di usia 50 tahun, sedangkan rata-rata angka harapan hidup orang Indonesia ialah 76 tahun. Maka kamu harus mengumpulkan dana pensiun untuk kebutuhan hidup selama 26 tahun tersebut. 

#2 Konsisten dalam menabung

Ketika ingin mempersiapkan dana pensiun kamu harus konsisten dalam menabung. Biasanya seseorang harus menyisihkan 10 persen dari penghasilannya. Misalnya kamu menghabiskan uang 4 juta perbulan, maka dalam setahun kamu akan menghabiskan 48 juta. Kamu dapat melatih konsisten untuk menabung agar dana pensiun yang ingin kamu persiapkan cepat terkumpul. 

#3 Melunasi biaya cicilan rumah

Mempersiapkan dana pensiun dapat dimulai dengan melunasi biaya cicilan rumah. Dengan melunasi cicilan rumah di masa pensiun nanti kamu akan dapat memanfaatkan rumah yang kamu tinggali di sana dengan “bebas sewa”. Sehingga dapat mengurangi biaya bulanan yang signifikan. 

#4 Rencanakan inflasi sebagai fakta kehidupan

Inflasi dan kenaikan harga dapat menggerogoti daya beli dana pensiun. Saat merencanakan pensiun, anggap saja harga akan naik. Oleh sebab itu, mempersiapkan dana pensiun kamu dapat merencanakan hal itu. Kamu dapat menginvestasikan dana pensiun kamu untuk membuka tabungan deposito atau membeli emas agar terhindar dari inflasi. 

#5 Fokus pada kesehatan fisik

Mengingat tingginya biaya perawatan kesehatan, fokus pada kesehatan fisik saat ini adalah kunci untuk tetap sehat di masa pensiun. Biaya perawatan kesehatan sering diabaikan oleh pensiunan, meskipun faktanya selalu menjadi berita dan masih berputar di luar kendali. Karena biaya perawatan kesehatan akan benar-benar dapat membebani keuangan kamu, kamu dapat berinvestasi dengan menjaga kesehatan agar di masa tua nanti akan tetap sehat. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menentukan Tujuan Keuangan

#6 Dapatkan profesional investasi yang baik

Kamu akan pergi ke dokter untuk membantu kamu tetap sehat, jadi memiliki profesional investasi yang bekerja dengan kamu secara teratur adalah cara cerdas untuk merencanakan kesehatan fiskal di masa pensiun. Mempersiapkan dana pensiun dapat dengan meminta rekomendasi teman tentang siapa yang mereka gunakan, karena rekomendasi sering kali merupakan cara terbaik untuk menemukan profesional investasi yang baik. 

#7 Bicarakan dengan pasangan atau orang penting lainnya tentang pengeluaran pensiun

Mempersiapkan dana pensiun dapat dengan bersikap terbuka dengan pasangan kamu atau orang penting lainnya. Bicarakan berapa banyak yang menurut kamu harus dan akan dibelanjakan di masa pensiun sehingga kamu berdua berada di halaman yang sama. Sama seperti pasangan yang mendiskusikan membeli mobil atau rumah baru sambil bekerja, kebiasaan untuk membicarakan masalah keuangan di masa pensiun juga sangat baik untuk dilakukan. 

#8 Rencanakan untuk menghabiskan lebih banyak

Tidak peduli berapa banyak yang kamu rencanakan, biaya kejutan tidak dapat dihindari.  Anggaran untuk pengeluaran tidak terduga, serta biaya seperti pajak properti dan biaya pemeliharaan rumah tangga yang mungkin naik secara dramatis selama masa pensiun harus kamu persiapkan juga.

#9 Buat anggaran dan ikuti

Cara terbaik untuk mempersiapkan dana pensiun adalah dengan mengetahui berapa banyak yang dapat kamu belanjakan. Namun sayang, kebanyakan orang tidak mau repot menghitung berapa banyak yang bisa mereka belanjakan dengan aman di masa pensiun. Jika kamu memerlukan bantuan untuk memulai, kamu dapat menemui profesional investasi. Seorang profesional investasi dapat memberikan wawasan dan alat tambahan untuk membantu kamu tetap di jalur dengan rencana yang sudah kamu buat. 

#10 Bekerja lebih lama

Salah satu cara terbaik untuk memastikan kamu memiliki cukup uang hingga pensiun adalah dengan bekerja beberapa tahun lagi di luar apa yang sudah kamu rencanakan semula. Hal ini mungkin bukan yang ingin kamu lakukan, tetapi dengan bekerja lebih lama dapat lebih mempersiapkan dana pensiun kamu. Mungkin jika kamu bekerja beberapa tahun lebih lama, menabung sedikit lebih banyak setiap bulan dan mengadopsi beberapa kebiasaan gaya hidup sehat dapat menambah masa pensiun yang jauh lebih nyaman.

Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun. Selamat mencoba!

 

Sumber: Nationwide, Kompas

Simak juga:

Panduan Lengkap Dana Darurat untuk Segala Kebutuhan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *