fbpx
mengurangi stres

3 Cara Mengelola Keuangan agar Terhindar dari Stres

Pengelolaan uang yang baik ditujukan untuk mengurangi stres dan masalah keuangan. 

Apakah kamu tahu jika tidak bisa mengelola keuangan dengan baik dapat menyebabkan stres? Yap! Masalah keuangan dapat membuat kamu stres. Setiap orang dianggap normal bila sedang merasa khawatir tentang kondisi keuangan. Namun, bagi sebagian orang stres dan cemas yang muncul akibat masalah keuangan tidak bisa dianggap normal. Apabila kondisi tersebut terus berlanjut dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Lalu, bagaimana caranya untuk mengurangi stres akibat masalah keuangan? 

Baca juga: Waspadai! Ini 4 Jenis Masalah Mental yang Sering Dialami Karyawan

#1 Mulai kumpulkan dana darurat

Mengumpulkan dana darurat merupakan cara yang paling penting untuk mengurangi stres. Di masa pandemi seperti sekarang ini kita menyadari bahwa pentingnya untuk memiliki dana darurat. Karena dana darurat akan melindungi kamu jika masalah finansial yang tidak terduga terjadi. Tentunya dengan memiliki dana darurat dapat memberikan ketenangan pikiran sehingga dapat mengurangi stres. Memiliki dana darurat dapat kamu gunakan jika sedang mengalami hal seperti kehilangan pekerjaan, melakukan perbaikan rumah dan kendaraan, atau bahkan kecelakaan. Dana darurat tersebut dapat kamu manfaatkan, sehingga menghindari kamu untuk berhutang yang malah akan membuat kamu semakin stres. 

Mulailah mencoba untuk mengumpulkan dana darurat. Dalam kondisi normal dan ideal, dana darurat yang dikumpulkan adalah 3 sampai 12 kali pendapatan. Untuk kamu yang masih single minimal punya dana darurat 3 kali pendapatan. Sedangkan untuk yang sudah menikah dan punya anak, disarankan memiliki dana darurat minimal 6 kali pendapatan agar dapat mengurangi stres kamu tentang masalah keuangan. Yuk, mulai belajar untuk mengumpulkan dana darurat demi mengurangi stres kamu akan masalah keuangan. 

#2 Menyisihkan 10 persen gaji untuk menabung

Menabung sama pentingnya seperti mengumpulkan dana darurat. Tapi jangan samakan menabung dengan dana darurat, karena ini adalah dua hal yang berbeda. Kamu dapat membiasakan diri untuk menabung agar dapat mengurangi stres akan masalah keuangan. Cobalah untuk menyisihkan minimal 10 persen gajimu perbulan untuk menabung. Yakinkan dirimu untuk selalu konsisten dalam menabung. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak menabung sedari dini. 

Banyak cara yang dapat kamu lakukan agar dapat berhasil menabung. Seperti punya lebih dari 2 rekening tabungan agar dapat dengan mudah mengendalikan keinginan untuk menghamburkan uang. Kamu juga dapat memastikan diri dalam menganggarkan kebutuhan sehari-hari tidak lebih dari 30 persen gajimu sehingga tidak membuat kamu hidup boros. Selain itu kamu juga bisa menghindari hidup boros dengan meminimalisir penggunaan kartu ATM atau kartu kredit. 

Baca juga: Seberapa Penting Literasi Keuangan Bagi Pengusaha dan Karyawan?

#3 Buat jelas tujuan hidupmu

Untuk mengurangi stres tentang masalah keuangan kamu dapat membuat tujuan hidupmu dengan jelas. Kamu harus dapat mengembangkan rencana keuanganmu untuk masa depan. Dengan membuat tujuan hidup yang jelas akan membuat kamu mengetahui apa yang kamu inginkan untuk di masa sekarang dan di masa depan nanti. Sehingga kamu dapat mempersiapkan rencana keuangan untuk mencapai keinginan tersebut. 

Itulah kegiatan-kegiatan yang bisa kamu upayakan untuk menghindari atau mengurangi stres dengan pengelolaan uang yang baik. 

 

Sumber: Kompas

Simak juga:

Panduan Lengkap Dana Darurat untuk Segala Kebutuhan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *