fbpx
merdeka finansial

6 Cara Ini Bisa Bikin Merdeka Finansial, Sudah Coba Belum?

Merdeka finansial adalah keinginan semua orang. Tapi tidak semua bisa mencapainya apabila tidak memperhatikan banyak hal!

Merdeka finansial menjadi pencapaian yang diinginkan oleh banyak orang dalam mengelola keuangan. Merdeka finansial bisa diartikan seperti memiliki tabungan, investasi, dan uang tunai yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keinginan gaya hidup yang kamu inginkan. Bahkan juga seperti dana pensiun dan dana darurat. 

Sayangnya, tidak semua orang terlalu bisa mencapainya. Mereka dibebani dengan hal-hal seperti utang, keadaan darurat, pengeluaran yang boros, dan masalah-masalah lainnya. Ketika terjadi peristiwa tak terduga seperti bencana alam atau pandemi juga membuat rencana merdeka finansial menjadi sulit dicapai. Masalah ini bisa dialami oleh semua orang. Tetapi 6 cara ini bisa membuat kamu mencapai tujuan merdeka finansial.

Baca juga: WOW! Berikut Cara Mengatasi Masalah Keuangan Generasi Millennials

#1 Tetapkan Tujuan Hidup

Apa arti merdeka finansial bagi kamu? Tuliskan berapa banyak yang harus kamu miliki di rekening bank, gaya hidup seperti apa yang ingin kamu jalankan, dan pada usia berapa hal ini harus dicapai. Semakin spesifik tujuanmu maka semakin tinggi juga kemungkinan agar tercapai. Menetapkan tujuan hidup secara finansial akan menghindari kamu dari hal-hal yang tidak diperlukan. Tiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda, oleh sebab itu jangan paksakan diri untuk meniru gaya hidup orang lain.

#2 Buat Anggaran Keuangan

Membuat anggaran keuangan adalah cara terbaik untuk menjamin bahwa semua tagihan terbayar jelas. Bila tagihan keuangan sudah jelas, maka perencaan keuangan akan lebih mudah dilakukan. Ini juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan kamu untuk merdeka finansial dan memperkuat tekad terhadap godaan untuk berbelanja secara berlebihan. Anggaran keuangan yang jelas juga mempermudah kamu untuk memperkirakan jangka waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai merdeka finansial.

Baca juga: Manajemen Utang Sebagai Langkah Terbebas dari Jeratan Utang

#3 Membuat Tabungan Otomatis

Membuat tabungan otomatis adalah cara yang efektif untuk mencapai merdeka finansial. Tabungan akan ditarik secara otomatis tiap bulan yang membantu kamu untuk menabung secara konsisten. Tentukan jumlah uang yang ingin kamu tarik secara otomatis dalam tabungan. Idealnya, uang harus ditarik pada saat kamu menerima gaji sehingga kamu tidak ada kesempatan untuk menyentuh uang tabungan dan menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan.

#4 Membersihkan Keuangan

Jika kamu mempunyai utang seperti kartu kredit, pinjaman mahasiswa, atau pinjaman mobil lebih baik untuk melunasinya secara cepat. Jika kamu ingin mencapai merdeka finansial, kamu membutuhkan penghasilan penuh bukan potongan-potongan yang tersisa setelah membayar tagihan kartu kredit atau pembayaran pinjaman mahasiswa. Setelah terbebas masalah hutang kamu lebih cepat untuk mencapai kemerdekaan finansial.  Memiliki hutang juga merusak kemampuan dalam membangun kekayaan dan menempatkan rencana keuangan. Ini sederhana. Hindari hutang! 

#5 Buat Strategi untuk Tabungan Jangka Pendek

Jika tujuanmu adalah merdeka finansial, kamu memerlukan dana untuk peristiwa yang tak terduga. Seperti memperbaiki kendaraan akibat kecelakaan, peralatan rumah tangga yang yang rusak dan masalah-masalah lainnya. Itu sebabnya kamu harus menyisihkan dana untuk menanggung hal yang tidak direncanakan tiap akhir pekan atau bulan. 

Baca juga: Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan. Ini yang Bisa Kamu Lakukan!

#6 Buat Strategi Investasi untuk Jangka Panjang

Setelah kamu memiliki rencana untuk mengelola keuangan jangka pendek, kamu juga harus siap untuk keuangan jangka panjang. Bermitra dengan penasihat keuangan dapat membantu kamu dalam memproyeksikan uang untuk jangka panjang.  Misalkan dengan berinvestasi. Kabar baiknya adalah semakin cepat memulai berinvestasi maka semakin banyak uang yang didapat. Masalah yang dihadapi dalam berinvestasi jangka panjang adalah butuh waktu lama. Tetapi, untuk mencapai merdeka finansial butuh kesabaran dan konsisten dalam mengelola keuangan.

Itulah enam hal yang harus kamu perhatikan jika ingin mencapai merdeka finansial. Selamat mencoba!

 

Sumber: Ramsey, Investopedia

Simak juga:

5 Tips Mengelola Keuangan untuk Perempuan. Sudah Tahu?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *