Blog

Ribet Hitung Payroll? Ketahui Apa Itu Layanan Payroll dan Manfaatnya di Sini!

Sudah tahu belum apa itu payroll system? Baca di sini, yuk!
apa itu payroll system

Apa kamu tahu apa itu layanan payroll?

Payroll merupakan salah satu sistem pembayaran gaji yang digunakan oleh perusahaan untuk menggaji seluruh karyawannya.

Umumnya, semakin besar ukuran perusahaan, payroll akan dialihkan kepada pihak ketiga. Sehingga, proses pencairan gaji dan berbagai macam tunjangan akan langsung masuk ke rekening karyawan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu payroll system atau layanan payroll, yuk, ketahui lebih lanjut dengan terus membaca artikel ini!

Baca juga: Simak! PPh 21 Karyawan Terbaru Serta Cara Perhitungannya

Apa itu payroll system?

Berdasarkan dari laman Investopedia, payroll merupakan sistem pembayaran atau penggajian perusahaan kepada karyawan dalam jangka waktu tertentu.

Layanan Payroll dengan pihak ketiga akan memudahkan bagian administrasi atau HR dari suatu perusahaan dalam memberikan gaji kepada seluruh karyawan pada setiap bulannya. Apalagi, bagi perusahaan berskala besar yang memiliki jumlah karyawan ratusan hingga ribuan.

Tentunya, akan sangat sulit bukan jika masih menghitungnya secara manual saat memberikan gaji karyawan?

Pada sistem payroll, nantinya karyawan juga akan diberikan detail mengenai kompensasi gaji yang diberikan oleh perusahaan. Contohnya, uang lembur, tunjangan transportasi, uang makan, potongan pajak, BPJS, dan lainnya.

Sehingga, hal tersebut juga akan membantu karyawan, terutama untuk karyawan baru dalam memahami setiap detail gaji mereka per bulan.

Manfaat menggunakan payroll system

Setelah kamu mengetahui apa itu payroll system, berikut beberapa manfaat dari payroll.

#1 Mengetahui laporan gaji bulanan

Manfaat payroll system yang pertama bagi karyawan yaitu, mengetahui laporan gaji bulanan.

Payroll akan memberikan gambaran lebih detail kepada karyawan mengenai berapa persentase potongan pajak dan BPJS, serta gaji bersih yang diterima setiap bulannya.

Selain itu, sistem pembayaran payroll akan memudahkan karyawan dalam mengetahui slip gaji secara mendetail. Ini karena nantinya slip gaji tersebut akan dikirimkan langsung melalui e-mail masing-masing karyawan.

#2 Menghemat waktu

Manfaat payroll system selanjutnya yaitu, akan menghemat waktu.

Bagi HR atau bagian administrasi, menggunakan payroll system dari pihak ketiga akan menghemat waktu dalam pembagian gaji seluruh karyawan. Ini karena sistem payroll ini dapat membantu perusahaan dalam membuat laporan gaji per bulan karyawan.

Contohnya, saat ada karyawan yang absen dalam satu hari, kamu tidak perlu susah-susah menghitung besaran gaji karyawan tersebut. Kamu akan dibantu oleh pihak ketiga yg akan menghitung besaran gaji karyawan tersebut.

Baca juga: Simak! Aturan JHT Baru Bisa Cair di Usia 56 Tahun, Begini Mekanismenya!

Hal-hal yang mempengaruhi perubahan gaji karyawan

Setelah kamu mengetahui apa itu payroll system serta manfaatnya, berikut ini ialah hal-hal yang akan mempengaruhi perubahan gaji karyawan.

Setiap perusahaan pada dasarnya memiliki kebijakan masing-masing dalam memberikan tunjangan ataupun potongan-potongan gaji seperti PPh 21 karyawan, BPJS, dan lainnya pada karyawan.

Perhitungan potongan gaji tersebut tentu saja sangat merepotkan. Oleh sebab itu, payroll system akan memudahkan perusahaan dalam memberikan gaji kepada karyawan.

Akan tetapi, apa saja ya kira-kira yang akan mempengaruhi perubahan gaji karyawan selain PPh 21 dan BPJS? Nih, di simak ya.

  • Kehadiran. Jika karyawan absen pada satu hari tanpa alasan, gajinya kemungkinan akan dipotong dan nantinya akan masuk ke dalam perhitungan gaji.
  • Lembur. Jika karyawan mendapatkan jatah lembur dalam satu atau dua hari, tentunya gaji mereka akan mengalami penambahan pada periode waktu tertentu.
  • Bonus sesuai target. Terkadang, karyawan bisa mendapatkan bonus jika target yang ditetapkan tercapai. Sehingga, karyawan tersebut akan mendapatkan bonus di akhir bulan dan tentunya akan masuk mempengaruhi perhitungan gaji.
  • Potongan utang atau denda. Jika ada karyawan yang perlu ganti rugi dan/atau dikenakan denda pada perusahaan, gaji mereka perlu disesuaikan sehingga payroll system akan berguna sekali.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi perubahan gaji karyawan setiap bulannya.

Perhitungan gaji karyawan memang terbilang rumit dan sangat memusingkan. Apalagi, jika kamu harus melakukan perhitungan gaji dengan jumlah karyawan yang banyak.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk kamu mempertimbangkan menggunakan perhitungan pajak dengan pihak ketiga dalam urusan payroll. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!