Resources

Mengapa Sistem Kerja Fleksibel Harus Diselaraskan dengan Penyediaan Earned Wage Access?

Karyawan yang telah menemukan kenyamanan fleksibilitas saat melakukan pekerjaan. Namun, fleksibilitas dalam melakukan pekerjaan itu tidak berbanding lurus dengan hasil (gaji) yang didapat atau earned wage access.

earned wage access

Di era modern ini, banyak perusahaan yang menuntut karyawannya untuk bisa bekerja secara fleksibel. Hal tersebut sejatinya bukanlah sebuah masalah, terutama jika perusahaan bisa memberikan earned wage access sebagai benefit untuk karyawannya.

Pada dasarnya, pekerja yang fleksibel merupakan salah satu cara paling ampuh yang bisa digarap organisasi bisnis untuk bertahan dalam setiap keadaan. 

Apalagi hal tersebut sudah terbukti efektif, terutama bagi badan usaha rintisan yang sukses mempertahankan bisnisnya di tengah pandemi Covid-19.

Meskipun demikian, tuntutan untuk bekerja secara fleksibel dapat menjadi beban tersendiri bagi karyawan, baik dari segi kesehatan fisik, mental, serta finansial.

Sebab, tak jarang fleksibilitas dalam melakukan pekerjaan tak berbanding lurus dengan upah atau benefit yang diraih oleh karyawan.

Dengan demikian, menurunnya kualitas dan produktivitas kerja bukan satu-satunya hal yang menjadi imbalan untuk perusahaan.

Akan tetapi, juga angka turnover rate karyawan yang secara langsung bisa meningkat dengan drastis.

Melihat hal tersebut, ada satu solusi ampuh yang bisa diterapkan oleh pihak perusahaan, yakni menyediakan earned wage access (EWA).

Sistem gaji fleksibel ini bukan sekadar alternatif untuk menyejahterakan karyawan. Tetapi, juga bisa menjadi inisiatif yang jitu agar perusahaan dapat mempertahankan pegawai terbaiknya.

Nah, dalam ulasan kali ini, GajiGesa akan menjelaskan mengapa earned wage access perlu disediakan jika perusahaan menuntut karyawannya untuk bekerja secara fleksibel. Yuk, disimak!

Baca juga: Bangun Kesehatan Finansial Karyawan dengan Akses Gaji Fleksibel

1. Memenuhi kebutuhan finansial karyawan

Dalam keadaan saat ini, ada kekhawatiran bahwa sistem work-from-home (WFH) dalam jangka panjang dapat berdampak negatif pada karyawan.

Kekhawatiran tersebut hadir dalam bentuk hambatan komunikasi antar pegawai, masalah kesehatan mental, dan kegiatan operasional bisnis yang berjalan dengan lamban.

Namun, dampak positif yang selama ini diraih dari sistem kerja WFH dianggap lebih signifikan.

Misalnya, karyawan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk commuting dan makan siang, serta mereka juga memiliki waktu lebih bersama keluarga.

Maka dari itu, sepertinya kebanyakan perusahaan akan tetap memberlakukan metode kerja work-from-home untuk karyawannya.

Meskipun demikian, sistem WFH secara tidak langsung menuntut karyawan untuk menjadi lebih fleksibel.

Dalam arti, dikarenakan tidak bekerja dari kantor, berbagai keperluan untuk kerja harus disediakan karyawan secara mandiri dari rumah. Hasilnya, total pengeluaran mereka akan bertambah.

Sebagai solusi, proses pemberian gaji harus segera diubah oleh perusahaan.

Pengupahan yang sifatnya bulanan perlu diganti dengan sistem yang lebih fleksibel agar karyawan bisa tetap sehat secara finansial.

Nah, jawaban atas permasalahan tersebut adalah earned wage access.

Serupa dengan cara kerja para karyawan, sistem penggajian ini memungkinkan mereka untuk mengakses gaji secara fleksibel.

Sehingga, karyawan tak perlu merasa cemas ketika dana bulanan sudah mulai menipis.

Karyawan juga dapat memeriksa saldo dan menarik sejumlah uang yang mereka butuhkan ke rekening bank pribadi.

Ini menempatkan mereka pada kendali penuh atas gaji yang didapatkan dari hasil kinerjanya.

Sistem earned wage access juga memungkinkan karyawan untuk bisa beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan hal lain yang sifatnya mendadak.

Dengan sistem penggajian seperti ini, dijamin para karyawan bisa merasa lebih dihargai dan tak ragu untuk bertahan di perusahaan.

2. Membantu karyawan dalam mengelola keuangan

Biasanya, perusahaan yang menuntut karyawan untuk bekerja secara fleksibel menjanjikan beberapa hal, seperti upskilling dan kesempatan untuk mengembangkan karier.

Padahal, yang perlu perusahaan janjikan adalah benefit gaji fleksibel dari earned wage access yang mampu membantu karyawan dalam mengelola keuangannya.

Seperti yang sudah dipaparkan, kebanyakan sistem kerja modern seperti WFH, tak hanya menuntut karyawan untuk menjadi lebih fleksibel.

Akan tetapi, juga mendorong mereka untuk bisa mempersiapkan semua keperluan kerja dari rumah. Hasilnya, jumlah pengeluaran karyawan bisa meningkat secara drastis.

Nah, dengan EWA, karyawan dapat langsung mengakses dana yang mereka butuhkan, tanpa harus beralih ke kartu kredit atau pinjaman yang akan menghasilkan hutang tambahan.

Selain itu, karyawan juga dapat mengatur keuangan dengan lebih baik untuk keperluan sehari-hari mereka sambil memutus siklus pengeluaran besar pada hari gajian tertentu.

Dengan melihat saldo gaji meningkat setiap kali menyelesaikan shift kerja, karyawan dapat merasa lebih termotivasi, terutama jika mereka menabung untuk liburan atau kebutuhan rekreasi lainnya.

Earned wage access juga dapat memberikan efek positif pada angka produktivitas karyawan dan mengurangi jumlah ketidakhadiran di kantor.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

Itulah beberapa alasan mengapa tuntutan untuk bekerja secara fleksibel harus diselaraskan dengan kemampuan perusahaan untuk menyediakan earned wage access.

Singkatnya, sistem earned wage access adalah model penggajian yang dapat mendukung gaya kerja fleksibel yang dicari banyak karyawan.

Tidak hanya membantu mereka mengerahkan kontrol yang lebih baik atas keuangan, perusahaan juga bisa mendapatkan manfaat lebih, seperti para karyawan yang termotivasi.

Hal tersebut nantinya juga akan memperlancar proses operasional bisnis serta upaya untuk menyejahterakan karyawan.

Nah, apakah perusahaanmu mendorong karyawan untuk bisa bekerja secara fleksibel? Bila ya, yuk, segera bergabung dengan layanan EWA GajiGesa.

Kamu dapat menghubungi kami untuk informasi lanjut seputar penggunaan sistem earned wage access. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!