fbpx
cara memotivasi kerja

12 Cara Memotivasi Karyawan Agar Lebih Produktif

Cara memotivasi kerja yang tepat sesuai kebutuhan karyawan akan mengoptimalkan proses perkembangan perusahaan 

Karyawan merupakan aset penting bagi perusahaan. Tanpa karyawan tentunya perusahaan tidak dapat berjalan baik. Kurangnya karyawan yang termotivasi, juga akan membuat perusahaan kesulitan dalam memaksimalkan kinerja menuju visi misi perusahaan. Tentunya karyawan yang memiliki motivasi kerja yang baik akan mampu menghasilkan kinerja yang baik dibandingkan karyawan yang tidak memiliki motivasi sama sekali. Berikut adalah 12 cara memotivasi kerja yang bisa HR lakukan. 

Baca juga: Jaga Kebahagiaan Karyawan di Perusahaanmu dengan 12 Cara Ini Yuk!

#1 Biarkan mereka tahu kamu mempercayai mereka

Cara memotivasi kerja yang bisa kamu lakukan dengan memberitahu mereka bahwa kamu percaya dan bergantung pada mereka. Dengan memberitahu mereka seperti itu akan secara tidak langsung dapat meningkatkan motivasi mereka dalam bekerja. Beritahu mereka bahwa kamu mempercayai mereka untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin dan tidak akan mengecewakan kamu. 

#2 Prioritaskan work-life balance

Memprioritaskan work-life balance merupakan cara memotivasi kerja karyawan yang dapat kamu lakukan. Penting juga untuk mendorong karyawan untuk mengambil waktu liburan mereka. Budaya yang memprioritaskan work-life balance, dapat menghasilkan peningkatan produktivitas dan kebahagiaan secara keseluruhan di tempat kerja. 

#3 Jadilah transparan

Cara memotivasi kerja selanjutnya ialah dengan terbuka terhadap karyawan. Memberitahu karyawan tentang apa yang sedang terjadi sehingga tidak ada kejutan dan setiap orang memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik. Ketika karyawan merasa dilibatkan dalam keputusan besar dan berkomitmen pada arah yang diambil perusahaan. Hal ini akan membantu mempertahankan motivasi, meningkatkan loyalitas, dan kebanggaan mereka. 

Baca juga: Membuat dan Mencapai Tujuan Karier, Bagaimana Caranya?

#4 Pancarkan kepositifan

Cara memotivasi karyawan yang bisa kamu lakukan ialah dengan membuat lingkungan kerja yang nyaman. Lingkungan kerja yang nyaman akan membuat karyawan menjadi semangat bekerja. Kamu dapat membuat lingkungan kerja menjadi positif seperti bermain musik, bercanda, dan bermain game. Kamu dapat membuat prinsip “kami bekerja keras, tetapi kami juga bermain keras”, hal ini akan meningkatkan motivasi kerja karyawan.

#5 Biarkan karyawan memimpin

Cara memotivasi kerja karyawan bukan hanya tentang memberi mereka waktu liburan. Hal ini tentang menunjukkan kepada mereka bahwa mereka dapat membuat perbedaan dan dihargai.  Setiap kali kamu mengadakan rapat, baik besar atau kecil biarkan anggota tim yang berbeda memimpin percakapan dan topik yang dibahas. Hal ini akan membuat karyawan menjadi termotivasi. 

#6 Menjadi pendengar yang baik

Cara memotivasi kerja karyawan bisa dengan menjadi pendengar yang baik. Karyawan sama dengan manusia lainnya yang ingin didengarkan dan dihargai pendapatnya. Tentunya karyawan memiliki ide atau pendapat mereka sendiri terhadap perusahaan. Cobalah untuk mendengarkan ide-ide tersebut dan berikan apresiasi. Hal ini akan membuat karyawan menjadi termotivasi untuk bekerja dan memberikan kontribusi yang maksimal untuk perusahaan. 

#7 Mengadakan kegiatan team building

Melakukan kegiatan team building merupakan cara memotivasi kerja karyawan yang juga tepat. Perusahaan bisa menyelenggarakan kegiatan bersama semua karyawan di luar  jam kantor dan di luar perusahaan. Melakukan kegiatan ini akan memberikan banyak banyak manfaat yang tentunya akan memicu daya kreativitas karyawan sehingga dapat bekerja dan berpikir dengan lebih optimal. 

#8 Memberikan reward

Semua orang akan senang jika diberi apresiasi, termasuk karyawan. Secara tidak langsung apresiasi yang tepat juga bisa meningkatkan motivasi kerja karyawan. Kamu dapat memberikan apresiasi dengan bentuk pujian hingga hadiah. Buatlah program reward setiap bulan misalnya untuk karyawan terbaik. Kamu dapat memberikan berupa voucher hingga uang tunai untuk kebutuhan karyawan. Hal ini akan membuat karyawan kamu senang dan termotivasi. 

#9 Mengarahkan karier karyawan

Karyawan memiliki potensi yang berbeda-beda. Dengan mencoba untuk mengarahkan karier karyawan sesuai dengan potensi yang mereka miliki membuat mereka lebih terarah. Saat karyawan merasa terarah mereka tidak akan ragu dalam menjalani pekerjaannya. Karyawan yang diberi arahan tentang karier tentunya akan lebih termotivasi untuk bekerja dan meraih jenjang karier tersebut. 

Baca juga: 5 Tipe Karyawan di Kantor dan Bagaimana Memimpin Mereka

#10 Berikan jenjang karier

Cara memotivasi kerja karyawan yang bisa kamu lakukan dengan memberikan jenjang karier. Semua karyawan pasti ingin mendapatkan jenjang karier yang lebih tinggi. Supaya karyawan menjadi termotivasi untuk bekerja lebih giat dan loyal terhadap perusahaan, HR harus dapat menyiapkan jenjang karier yang menjanjikan. 

#11 Siapkan fasilitas selain gaji

Sudah kewajiban perusahaan untuk memberikan gaji kepada karyawan. Tapi, memberikan fasilitas tambahan seperti layanan konseling, camilan gratis, pantry, dan sebagainya dapat meningkatkan rasa nyaman karyawan di perusahaan. Karyawan yang merasa nyaman akan dapat bekerja lebih baik lagi.

#12 Tawarkan pola kerja fleksibel

Di masa pandemi sekarang ini banyak karyawan yang menginginkan untuk dapat bekerja fleksibel. Pola kerja setiap karyawan memang berbeda satu sama lain. Cara memotivasi kerja karyawan dapat dengan menawarkan pola kerja yang fleksibel seperti work-from-home atau remote working. Tentunya cara ini dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja karyawan karena mereka bisa bekerja sesuai dengan pola kerja yang mereka inginkan. 

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk memotivasi kerja karyawan di lingkungan perusahaan kamu. 

 

Sumber: Inc.

Simak juga:

HRD Harus Tahu, 5 Alasan Karyawan Ganti Haluan Karier!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *