Blog

10 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja, Sudah Tahu?

Saat ingin melamar pekerjaannya diperlukannya surat lamaran kerja. Belum tahu cara membuat surat lamaran kerja? Simak di artikel berikut!

cara membuat surat lamaran kerja

Dengan mengetahui cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima perusahaan.

Apakah kamu berniat untuk melamar kerja? Sebelum itu berarti kamu harus membuat surat lamaran kerja terlebih dahulu. Karena surat lamaran kerja merupakan dokumen yang penting ketika kamu sedang ingin mencari atau melamar pekerjaan. Saat kamu membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar akan besar kemungkinan diterima di perusahaan yang diinginkan semakin besar. Hal tersebut karena dalam surat lamaran kerja kamu perlu memperkenalkan serta mempromosikan diri secara benar dan jujur tanpa mengada-ada. Karena hal tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan penilaian dari perusahaan untuk menerima atau tidak. Untuk itu, jangan sembarangan dalam membuat surat lamaran kerja. Artikel berikut ini akan membahas cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Baca juga: Ingin Berkarier Sebagai HRD? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Catat!

Tentunya saat ingin membuat surat lamaran kerja kamu harus menuliskan poin-poin secara berurutan seperti berikut:

#1 Cara membuat surat lamaran kerja yang pertama yaitu, menulis tempat dan tanggal surat

Langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin menulis surat lamaran kerja yaitu dengan menuliskan tempat dan tanggal saat surat tersebut dibuat.

Contohnya:

Jakarta, 06 Desember 2021

#2 Kepada Yth. nama orang beserta gelar atau jabatannya dan alamat surat yang akan dituju

Kemudian tuliskan nama surat yang akan dituju serta alamat lengkap perusahaan. Jika kamu tidak mengetahui nama HRD perusahaan tersebut, kamu dapat menuliskannya seperti berikut:

Kepada

Yth. Bapak/ Ibu

HRD PT. GajiGesa

Jl. Bangka XII No. 4, Jakarta Selatan

#3 Salam hormat dan pembukaan

Selanjutnya cara membuat surat lamaran kerja kamu harus menuliskan kata pengantar atau pembuka. Kamu dapat menuliskan dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut, kemudian sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang ingin kamu lamar dalam perusahaan tersebut.

Baca juga: Ternyata HRD dan Personalia Itu Berbeda, Lho! Apa Saja Bedanya?

Contohnya:

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui Linkedin, saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu pimpinan untuk menempati bagian Content Writer di PT. GajiGesa

#4 Biodata pribadi

Dalam biodata pribadi kamu dapat menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, e-mail, dan pendidikan. Saat kamu ingin menuliskan latar belakang pendidikan cukup dengan dituliskan dengan pendidikan tertinggi.

Contohnya:

Nama: Rezy Refro

Tempat, tanggal lahir: Padang, 12 Januari 1996

Email: [email protected]

Telepon: 081516543479

#5 Cara membuat surat lamaran kerja selanjutnya yaitu menuliskan pengalaman kerja dan kemampuan yang dimiliki agar rekruter tertarik

Selanjutnya kamu wajib menuliskan pengalaman kerja serta kemampuan yang dimiliki. Tetapi, jika kamu belum pernah bekerja atau fresh graduate tidak perlu diperlukan. Kamu juga dapat menuliskan kemampuan yang kamu miliki dan sekiranya memang diperlukan dalam perusahaan tersebut.

Baca juga: Tips untuk Para HRD, 10 Cara Merekrut Karyawan yang Tepat untuk Perusahaanmu!

Dalam akhir kalimat, kamu dapat menuliskan bahwa kamu memiliki keinginan yang kuat agar dapat diterima di perusahaan.

Contohnya:

Saya mampu bekerja sama dalam tim, tepat waktu dalam mengerjakan tugas, memiliki rasa keingintahuan yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

#6 Penutup

Buatlah penutup dalam surat lamaran kerja, jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih.

Contohnya:

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saja dapat menjelaskan potensi saya lebih detail.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

#7 Lampiran surat lamaran kerja

Cara membuat surat lamaran kerja, agar perusahaan dapat semakin tertarik dapat juga dengan melampirkan hal-hal yang dapat menambah nilai. Tetapi terdapat beberapa perusahaan yang ingin pelamar untuk melampirkan hal lain seperti surat kesehatan, transkrip nilai, dan lain-lain. Jadi kamu perlu perhatikan syarat apa saja yang harus dipenuhi.

Beberapa yang sebaiknya ada sebagai lampiran yaitu:

  • Pasfoto (foto terbaru)
  • Daftar riwayat hidup atau CV
  • Fotokopi sertifikat kompetensi
  • Portofolio

#8 Cara membuat surat lamaran kerja yang terakhir yaitu, menuliskan hormat saya (tanda tangan dan nama lengkap)

Terakhir, kamu harus menuliskan tanda tangan dan nama lengkap di bawah pojok kanan surat.

Contohnya:

Hormat saya,

(tanda tangan)

Selamat Sentosa

Itulah beberapa langkah cara membuat lamaran kerja yang baik dan benar. Selamat mencoba!

Sumber: Merdeka

Simak juga:

Sebentar Lagi Tahun 2022, Yuk Buat Resolusi Finansial!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!