Resources

Mau Mempertahankan Produktivitas Karyawan Saat WFH? Lihat, 4 Tips Ini!

Ingin mempertahankan produktivitas kerja karyawan saat WFH? Yuk, simak artikel berikut ini!

Banyak cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan yang perusahaan dapat lakukan demi mempertahankan kinerja karyawan saat WFH. 

Akibat dari pandemi Covid-19 memaksa semua orang untuk berkegiatan dari rumah. Akhirnya perusahaan memutuskan agar para karyawan untuk bekerja dari rumah atau work-from-home. Hal ini menyebabkan karyawan harus beradaptasi dengan cara kerja baru. Cara kerja baru ini mungkin akan menjadi hambatan bagi para karyawan,  bisa saja hambatan tersebut malah memberi tekanan tambahan bagi para karyawan. Untuk itu, para pemilik perusahaan harus dapat memiliki kiat inovatif dalam menjaga karyawan agar tetap produktif dalam bekerja. Bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan? Simak tips berikut. 

Baca juga: Mau Tahu Pentingnya Loyalitas Kerja Karyawan Bagi Perusahaan?

#1 Tentukan platform komunikasi yang efektif dan lancar

Tips pertama, cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan ialah dengan menentukan platform apa yang ingin digunakan agar komunikasi tetap efektif dan lancar. Karena tidak dapat bekerja dan bertemu secara tatap muka, bukan berarti hal ini menyebabkan komunikasi yang terjalin dengan karyawan menjadi terhenti. Perusahaan dapat menentukan platform apa yang ingin digunakan. Terdapat beberapa platform misalnya Workchat, Discord, atau Slack. Perusahaan juga dapat menggunakan platform komunikasi digital lainnya seperti Google Meeting, Google Hangout, Zoom, dan Skype. 

#2 Memastikan kehadiran karyawan di rumah

Tips kedua, cara meningkatkan produktivitas kerja karyawan ialah dengan memastikan bahwa karyawan hadir bekerja dari rumah. Perusahaan dapat memantau kinerja dan kehadiran karyawan seperti dengan menggunakan live attendance. Tentu saja tools tersebut akan memudahkan dalam mengontrol keberadaan dan absensi karyawan. 

Baca juga: 6 Cara Ini dapat Menumbuhkan Loyalitas pada Karyawan Lho!

#3 Merencanakan dan menetapkan target harian

Tips ketiga, cara meningkatkan produktivitas karyawan ialah dengan menentukan target harian. Dengan adanya target harian, membuat karyawan menjadi tahu tugas apa saja yang harus dikerjakan dan diselesaikan pada hari itu. Hal ini akan tetap menjaga produktivitas kerja karyawan. Perusahaan juga dapat meminta karyawan untuk memberikan rincian tugas dalam satu hari atau menanyakan hal apa saja yang sudah dikerjakan karyawan pada hari itu. 

#4 Buat ice breaking untuk menjaga kedekatan antar karyawan

Tips keempat, cara meningkatkan produktivitas karyawan dengan membuat ice breaking. Akibat dari bekerja dari rumah, tentunya hal ini akan membuat karyawan mengeluh bosan dan rindu suasana kantor. Perusahaan dapat membuat ice breaking untuk menghilangkan rasa bosan karyawan. Misalnya saja dengan mengatur waktu untuk sekedar bermain game virtual, makan siang bersama, atau berbincang ringan. Hal ini akan membuat karyawan semangat dan mengusir rasa bosan tersebut. 

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan demi mempertahakan kinerja yang stabil. 

 

Sumber: Top Karir

Simak juga:

https://gajigesa.com/karier/tipe-tipe-karyawan-di-kantor/