Blog

4 Cara Periksa Kesehatan Dompet: Penting untuk Dilakukan!

cara periksa kesehatan dompet

Di era modern ini, bukan hanya kebugaran tubuh yang harus menjadi perhatian. Supaya finansial bisa tetap stabil, kamu harus tahu cara terbaik untuk periksa kesehatan dompet secara rutin.

Kegiatan ini sifatnya wajib kamu lakukan setidaknya sebulan sekali. Mengapa demikian? Sebab, memeriksa kesehatan dompet menunjukkan masalah finansial yang tanpa disadari sedang kamu alami.

Selain itu, inisiatif ini juga bisa menentukan apakah kondisi keuangan saat ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pribadimu.

Di masa sekarang ini, harga barang semakin meroket. Hal tersebut pada akhirnya memaksa kamu untuk menambah jumlah pengeluaran setiap bulannya.

Nah, dengan rajin memeriksa kebugaran dompet, kamu nantinya jadi bisa mengatur semua keperluan dengan lebih efektif. Sehingga, pengeluaran bulanan pun bisa jadi lebih terkelola.

Meskipun demikian, seperti apa, sih, cara paling jitu untuk memeriksa kesehatan dompet yang bisa kamu ikuti? Yuk, simak selengkapnya dalam rangkuman di bawah ini!

Cara Periksa Kesehatan Dompet

cara periksa kesehatan dompet

1. Membuat catatan harta dan utang

Salah satu cara paling ampuh untuk periksa kesehatan dompet adalah dengan membuat catatan harta dan utang.

Buatlah sebuah catatan untuk mendokumentasi harta dan utang yang kamu miliki. Catatan ini dapat membantu dalam memberikan gambaran mengenai kondisi keuanganmu saat ini.

Pasalnya, bila utang sudah lebih dari batas wajar, kondisi keuangan terhitung tidak baik dan kamu sebaiknya berhenti membuat pengeluaran yang tidak perlu.

Memeriksa harta yang dimiliki juga dapat membantu dalam mengukur perkembangan serta pertumbuhan kondisi keuangan yang dialami.

Selain itu juga, inisiatif ini dapat membantumu dalam memerkirakan dan menyusun strategi guna mencapai keinginan.

2. Membuat catatan penghasilan dan pengeluaran

Cara lain untuk periksa kesehatan dompet adalah membuat catatan khusus penghasilan dan pengeluaran.

Kamu perlu membuat catatan penghasilan dan pengeluaran untuk mengetahui alur keuangan yang dilakukan selama sebulan penuh.

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui jumlah pengeluaran terbesar yang dilakukan selama sebulan terakhir dan mengurangi pengeluaran ubulan depan.

Kamu juga bisa mengukur dan melihat apakah pengeluaran yang dibuat sebanding dengan pendapatan yang diterima.

Hal ini penting untuk dilakukan supaya kamu bisa mengatur seluruh pengeluaran dan memastikan kondisi keuangan masih sehat.

3. Memerhatikan perubahan gaya hidup di awal dan akhir bulan

Cara periksa kesehatan dompet lainnya yakni memerhatikan perubahan gaya hidup di awal dan akhir bulan.

Apabila di awal bulan kamu terbiasa menghamburkan uang dan budget bulanan cepat berkurang, kondisi kesehatan dompet dapat dikatakan tidak sehat.

Mengapa demikian? Sebab, hal ini menunjukkan bahwa kamu belum mampu mengatur kondisi keuangan dengan baik, sehingga terjadi perbedaan besar antara gaya hidup di awal dan akhir bulan.

Sebagai solusi, tetapkan gaya hidup yang lebih hemat. Dengan demikian, kondisi finansialmu bisa lebih stabil baik di awal maupun akhir bulan.

4. Memerhatikan dana darurat

Cara periksa kesehatan dompet yang terakhir adalah dengan memerhatikan dana darurat yang dimiliki.

Dana darurat merupakan dana simpanan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tidak terduga, seperti sakit atau sekedar ban bocor.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilikinya sebagai jaminan saat terjadi hal mendadak yang perlu diselesaikan secepatnya.

Memiliki dana darurat juga dapat membantumu untuk menghindari penggunaan dana sehari-hari saat masalah tak terduga hadit.

Sehingga, kamu pun tidak perlu menambah jumlah uang yang tidak seharusnya dikeluarkan.

Itu dia sejumlah cara jitu untuk periksa kesehatan dompet. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya, ya!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!