Resources

5 Cara Tidak Boros Berikut Ini Bikin Kamu Makin Hemat

Kenapa harus menjadi boros kalau bisa hemat? Begini cara tidak boros yang dapat kamu lakukan, agar kesehatan finansialmu semakin baik!

cara tidak boros

Siapa sih yang tidak suka berbelanja? Kegiatan ini memang sangat menyenangkan. Karena saat berbelanja bisa menimbulkan perasaan bahagia. Tetapi, kebiasaan berbelanja ini harus dapat dilakukan dengan menerapkan sejumlah aturan yang ketat. Hal tersebut berguna untuk menghindari kamu dari kebiasaan boros. Hobi berbelanja tersebut sangat tidak baik, karena dapat menyebabkan pengeluaran kamu menjadi tidak terkendali sehingga menimbulkan masalah keuangan. Lakukan cara di bawah ini untuk mengubah kebiasaan hidup boros agar dapat menjadi lebih hemat.

Baca juga: Harus Dihindari! 10 Kebiasaan Buruk dalam Mengatur Keuangan

#1 Cara tidak boros dengan menyusun anggaran dan terapkan secara bertahap

Saat kita terbiasa melakukan pemborosan, tentu saja akan menyebabkan masalah dalam anggaran keuangan. Hal ini karena pos pengeluaran di dalam keuangan tidak berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, dengan menyusun anggaran dapat membantu kita menghentikan pemborosan. Karena kita hanya dapat mengeluarkan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan.

#2 Membuat makanan sendiri

Makanan merupakan hal yang sulit diatur dengan benar sehingga menyebabkan pemborosan. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan membeli stok makanan setiap awal bulan setelah gajian, kemudian membuat makanan sendiri. Hindari membeli makan di luar terlalu sering. 

Baca juga: WOW! Berikut Cara Mengatasi Masalah Keuangan Generasi Millennials

#3 Cara tidak boros dengan tidak tergiur diskon

Seseorang memang sangat mudah tergiur diskon, terlebih lagi saat diskon yang diberikan saat Hari Belanja Online Nasional. Jika hal ini terus berlanjut, tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan finansial. Untuk itu, cara menghindarinya yaitu saat ingin membeli sesuatu cobalah untuk menahannya selama tiga hari. Karena, di momen tersebut akan membuat otak kamu menjadi lebih bijak untuk memutuskan membeli atau tidak barang tersebut.

#4 Membuat catatan belanja

Ketika ingin pergi berbelanja sesuatu, lebih baik membuat catatan terlebih dahulu. Dengan mencatat kebutuhan yang ingin dibeli, akan menghindari kamu berbelanja barang yang tidak diperlukan. Usahakan hanya berbelanja sesuai dengan catatan agar tidak membeli barang yang tidak diperlukan, sehingga terhindar dari pemborosan.

#5 Tidak berhutang

Kebiasaan berhutang merupakan kebiasaan yang buruk. Jika kamu terbiasa menggunakan kartu kredit atau pay later akan membuat kamu menjadi impulsif dalam berbelanja. Usahakan saat berbelanja hanya menggunakan kartu debit atau uang cash untuk menghindari pemborosan. 

 

Sumber: Kompas

Simak juga:

4 Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Sandwich