Resources

Tingkatkan Motivasi Kerja dengan 4 Cara Berikut Ini

Masih banyak perusahaan dan para karyawan yang bingung bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja yang efisien. Simak caranya di sini!
cara meningkatkan motivasi kerja

Jangan biarkan motivasi kerja karyawanmu menurun. Dengan memiliki motivasi kerja yang baik, maka semakin baik pula hasil kerja yang dihasilkan untuk perusahaan.

Namun, masih banyak perusahaan dan para karyawan bingung; bagaimana cara untuk tingkatkan motivasi kerja yang efisien?

Jangan takut, GajiGesa telah merangkum 4 cara tingkatkan motivasi kerja, berikut ini :

1. Menciptakan Ruang untuk Berkembang

Cara pertama adalah dengan menciptakan ruang untuk karyawan berkembang. Berikan karyawan ruang yang cukup agar mereka bisa bebas mengekspresikan ide dan pendapat yang mereka miliki.

Dengan demikian, karyawan akan menjadi lebih kreatif dan mengeksplor lebih banyak ide. Sehingga, karyawan itu bisa makin berkembang.

Banyak karyawan yang mencari perkembangan karir serta peran dalam perusahaan. Memberikan pelatihan untuk pengembangan karyawan juga bisa meningkatkan motivasi kerja.

2. Memperhatikan Kesejahteraan Karyawan

Sebelum menuntut para pekerja untuk selalu loyal dalam bekerja, pastikan terlebih dahulu apakah kamu sudah menyejahterakan para karyawan. Dengan memberikan gaji kompetitif, tunjangan, serta hak cuti, kamu sudah menjalankan salah satu cara tingkatkan motivasi kerja.

Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memberikan apresiasi yang tepat untuk kerja keras karyawannya.

Selain itu, kesejahteraan untuk meningkatkan motivasi kerja tak hanya dari materi. Kamu juga perlu memperhatikan beban atau tanggung jawab kerja karyawan. Berikan karyawan tanggung jawab yang sesuai dengan jabatannya. Perhatikan pula jam kerja dan waktu istirahat karyawan.

Kamu juga perlu memperhatikan apakah karyawan memiliki kesulitan saat bekerja. Tanyakan apa kesulitan yang sedang ia hadapi dan diskusikan solusi tepat untuk menyelesaikan masalah itu.

3. Membangun Lingkungan Kerja yang Positif

Suasana di tempat kerja juga sangat berpengaruh bagi karyawan. Lingkungan kerja yang toxic bisa menghambat motivasi karyawan. Jika dibiarkan terus-menerus, ini bisa menurunkan kinerja karyawan. Ciptakan lingkungan yang positif dengan memperhatikan bagaimana karyawan saling berinteraksi.

Saat ada situasi dalam lingkungan kerja yang toxic, tim HR perusahaanmu perlu segera menyelesaikan konflik itu agar motivasi bekerja bisa kembali meningkat.

Tak hanya sesama pekerja, lingkungan kerja antar atasan dan bawahan juga harus sehat. Untuk manajemen, kamu perlu menerapkan gaya kepemimpinan yang baik namun tetap disegani. Selain itu, kamu perlu menciptakan iklim kerja yang positif.

3. Mengadakan Outing atau Liburan Bersama

Bekerja selama delapan jam, lima hari seminggu, bisa membuat jenuh. Tak ada salahnya untuk merencanakan outing atau liburan bersama rekan sekantor sebagai salah satu cara untuk tingkatkan motivasi kerja.

Rencanakan acara yang menyenangkan, seperti bermain permainan kekompakan, makan bersama, mengadakan karaoke, hingga sesi sharing & caring.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!