Resources

Susun Rencana Karier Demi Masa Depan Cerah, Ini Caranya!

Career planning alangkah baiknya dibuat sedini mungkin agar kita tidak kebingungan di masa depan. Simak caranya di artikel berikut ini!

Sangat baik untuk melakukan career planning sedini mungkin.

Career planning tidak hanya harus dilakukan saat kita masih sekolah atau kuliah. Bahkan saat kita sudah berkarier pun, rencana karier kita sebaiknya terus di-update sebagai tuntunan agar kita tidak kebingungan nantinya. Harapannya masa depan yang terencana, lebih baik daripada tanpa rencana sama sekali. Agar kariermu berjalan sesuai harapan, kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

Baca juga: 5 Tahapan Karier dan Bagaimana Menaklukannya!

#1 Pengenalan Diri

Cara melakukan career planning yang pertama yaitu dengan pengenalan diri. Mulailah dengan mengenal diri, bidang apa yang kamu minati dan bakat yang ada pada dirimu. Untuk itu kamu mungkin perlu bertanya hal apa yang membuatmu semangat saat bangun di pagi hari? Dari situ, kamu bisa mulai menggali potensi diri dan mengasah kemampuan di bidang tertentu agar bisa menjadi modal untukmu mendapatkan ‘pekerjaan impian’ apapun itu.

#2 Identifikasi Karier yang Sesuai Keahlianmu

Career planning selanjutnya yaitu setelah mengetahui minat dan potensimu, mulailah mencari tahu bidang-bidang pekerjaan apa yang sesuai dengan keahlianmu. Kemudian range salary untuk jenis pekerjaan yang kamu tuju. Kamu bisa banget mencari teman atau mentor yang sudah berkarier di bidang tersebut untuk belajar lebih jauh tentang seluk beluknya.

Baca juga: Membuat dan Mencapai Tujuan Karier, Bagaimana Caranya?

#3 Bangun Target dengan ‘START’

Mengingat membangun karir itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, kamu mungkin perlu membagi rencanamu dalam target-target kecil yang gampang kamu capai. Kamu bisa menyusun target START yang akan jadi panduanmu:

  • Spesifik: Buatlah target se-spesifik mungkin. Contohnya jika kamu ingin menjadi guru, kamu harus menentukan akan menjadi guru apa, di sekolah mana.
  • Terukur: Ukur segala kemajuan yang kamu capai. Misalnya mulai dari lulus sekolah mengajar dan mendapatkan sertifikasi. Kemudian kamu mendaftar ke beberapa tempat yang membuatmu makin dekat pada karier impianmu.
  • Dapat DicApai: Tentukan goal yang dapat kamu capai. Kamu harus pikirkan setiap langkah yang perlu kamu lakukan untuk mencapai karier impianmu dan apakah langkah-langkah tersebut realistis.
  • Relevan: Apapun tujuan karier yang ingin kamu capai harus benar-benar membuatmu merasa semua prosesnya tidak sia-sia. Pekerjaan impianmu juga seharusnya membantumu menemukan peranmu di masyarakat.
  • Time-based: Berikan deadline atau jangka waktu untuk tujuan-tujuan tersebut. Dengan begitu, saat kamu sukses mencapainya dalam jangka waktu yang telah kamu tentukan akan membuatmu lebih termotivasi.

Career planning akan berjalan sesuai harapan apabila dijalankan secara maksimal. Untuk itu butuh pengorbanan, kerja keras, dan sikap pantang menyerah. Paling tidak dengan perencanaan, kamu memiliki kompas untuk karirmu di masa depan hingga meminimalkan resiko kamu merasa ‘tersesat’ di satu titik dalam hidupmu.

 

Sumber: Qubisa

Simak juga:

https://gajigesa.com/karier/cara-menjadi-hrd/