Resources

Ternyata Earned Wage Access Bukan Milik Kerjaan Fleksibel, lho!

Karyawan yang telah menemukan kenyamanan fleksibilitas saat melakukan pekerjaan. Namun, fleksibilitas dalam melakukan pekerjaan itu tidak berbanding lurus dengan hasil (gaji) yang didapat atau earned wage access.

earned wage access

Di masa sekarang menuntut kita untuk bisa bekerja secara fleksibel. Tapi apakah bekerja fleksibel berarti kita juga bisa mengakses gaji kita secara fleksibel atau earned wage access?

Fleksibilitas menjadi salah satu cara untuk bisa tetap bertahan dalam setiap keadaan. Terlebih lagi dengan perkembangan zaman dan teknologi akan membuat banyak perubahan dalam dunia bisnis. Saat ini saja sudah banyak perusahaan yang menjalankan praktik kerja seperti work-from-home dengan dukungan teknologi. Perusahaan juga sudah menemukan dampak positif yang mereka rasakan untuk di masa yang akan datang dari praktik tersebut.

Begitu pula dengan karyawan yang telah menemukan kenyamanan fleksibilitas saat melakukan pekerjaan. Namun, fleksibilitas dalam melakukan pekerjaan itu tidak berbanding lurus dengan hasil (gaji) yang didapat atau earned wage access. Ulasan berikut ini akan menjelaskan mengapa pekerjaan fleksibel harus berbanding lurus dengan earned wage access.

Baca juga: Bangun Kesehatan Finansial Karyawan dengan Akses Gaji Fleksibel

Mengubah Perspektif Karyawan

Dengan keadaan saat ini, ada kekhawatiran bahwa work-from-home dengan jangka panjang dapat berdampak negatif pada karyawan. Kekhawatiran seperti sulitnya komunikasi dan kolaborasi dengan rekan kerja, kesehatan mental, dan bisnis akan merasa lebih sulit untuk beroperasi secara normal.

Tetapi, dampak positif terhadap hal tersebut juga tidak sedikit. Misalnya tidak perlu mengeluarkan biaya transport, menghemat makan siang, dan waktu untuk keluarga lebih banyak. Jadi setiap karyawan akan memiliki perspektif mengenai fleksibilitas atas sistem kerjanya.

Selain perspektif atas sistem kerja yang dijalankan, karyawan juga memiliki perspektif terhadap  earned wage access. Tidak adanya perubahan dan fleksibilitas terhadap gaji justru akan membuat karyawan merasa tidak diperhatikan oleh perusahaan. Seakan-akan perusahaan hanya mementingkan sistem operasionalnya saja yang mengakibatkan menurunnya kinerja karyawan. Jika sistem operasional kerja bisa fleksibel mengapa masalah gaji tidak bisa?

Jawabannya: Earned Wage Access

Solusinya adalah memberikan karyawan fleksibilitas yang sama besar terhadap Earned wage access dengan sistem kerja yang dijalankan. Earned wage access yang fleksibel memungkinkan mereka untuk menarik gaji mereka kapan saja tanpa harus berurusan dengan staff finance.

Sistem earned wage access yang fleksibel menjadikan karyawan dapat mengakses keuangan secara online atau melalui aplikasi seluler yang bertindak seperti rekening bank untuk gaji. Setelah setiap hari atau shift mereka bekerja, jumlah dalam akun meningkat sebanyak yang telah mereka peroleh. Karyawan kemudian dapat memeriksa saldo dan menarik beberapa uang yang mereka inginkan ke rekening bank pribadi.

Ini menempatkan karyawan memiliki kendali penuh atas gaji yang didapat. Hal ini juga  memungkinkan mereka untuk bisa beradaptasi dalam memenuhi kebutuhan yang berubah-berubah atau mendadak.

Pengelolaan Keuangan Menjadi Mudah

Jika terjadi pengeluaran tak terduga (misalnya perbaikan rumah atau mobil) karyawan dapat langsung mengakses dana yang mereka butuhkan. Mereka tidak perlu beralih ke kartu kredit atau pinjaman yang justru akan menghasilkan utang. Dengan memuluskan earned wage access, karyawan dapat lebih baik untuk mengatur biaya kebutuhan tetap dan memutus siklus pengeluaran besar. 

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

Dengan melihat saldo upah mereka naik setiap kali mereka menyelesaikan satu hari atau shift kerja akan memberikan dampak baik. Karyawan dapat merasa lebih termotivasi, terutama jika mereka menabung untuk liburan atau keinginan lain. Ini juga dapat memiliki efek positif pada produktivitas kerja.

Jadi penggunaan sistem earned wage access yang fleksibel adalah model penggajian yang dapat mendukung gaya hidup fleksibel yang dicari banyak karyawan. Tidak hanya akan membantu mereka mengerahkan kontrol yang lebih baik atas keuangannya, tetapi perusahaan juga akan mendapat manfaat seperti karyawan yang termotivasi. Hal tersebut akan memperlancar proses operasional dan kesejahteraan karyawan. Kamu dapat menghubungi kami untuk penggunaan sistem earned wage access.

Simak juga: https://gajigesa.com/cara-meningkatkan-motivasi-kerja/

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!