Blog

Pengertian Employer Branding dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Ternyata employer branding sangat penting, loh, untuk ‘mempromosikan’ sebuah perusahaan. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya di sini.
employer branding

Tim human resources & development (HRD) pasti sudah cukup familiar dengan pekerjaan employer branding. Seperti yang kita ketahui, sekarang semakin banyak perusahaan yang hadir di portal pencari pekerjaan, seperti LinkedIn. Melalui LinkedIn, perusahaan semakin menemukan kemudahan dalam membangun branding

Saat ini, LinkedIn tidak hanya dimanfaatkan untuk membuka lowongan, melainkan juga digunakan oleh perusahaan untuk menarik perhatian para pencari kerja. 

Semua ini termasuk ke dalam bagian employer branding. Apa saja manfaatnya? Bagaimana cara membangun branding perusahaan yang baik? Simak selengkapnya di artikel berikut ini. 

Pengertian Employer Branding

employer branding

Employer branding adalah usaha yang dilakukan perusahaan untuk menunjukkan citra baik dengan membagikan nilai-nilai yang mereka diterapkan. Cara yang dilakuan biasanya menunjukkan bahwa para karyawan bekerja dengan nyaman dan merasa bahwa perusahaan tersebut adalah tempat yang baik untuk bekerja. 

Contohnya yang sering kita lihat di LinkedIn, ada beberapa perusahaan yang memperlihatkan fasilitas apa saja yang akan diterima jika kita bekerja di sana. Ada lagi e-commerce yang menawarkan suasana kantor yang comfy dan merchandise yang dibagikan kepada para karyawan. 

Tidak hanya berfokus pada karyawan, employer branding juga bertujuan untuk merekrut calon karyawan agar lebih mudah dalam menemukan kandidat terbaik dan mempertahankannya. 

Jika ada employer branding dari pihak perusahaan, ada juga employee branding dari pihak karyawan. Employee branding sebenarnya merupakan output dari employer branding. Melalui employee branding, karyawan akan melakukan pemasaran melalui mouth-to-mouth dengan menceritakan pengalaman kerjanya di perusahaan tersebut. 

Manfaat Employer Branding untuk Perusahaan

employer branding

Ada beberapa manfaat jika sebuah perusahaan menerapkan branding perusahaan. Simak manfaatnya berikut ini. 

1. Membantu Merekrut Kandidat Berkualitas

Tak bisa dipungkiri, saat ini, semakin banyak talenta berkualitas yang diperebutkan oleh perusahaan. Sehingga, tidak hanya para kandidat yang bersaing, namun juga perusahaan juga ikut bersaing memperebutkan kandidat berkualitas. 

Maka dari itu, perusahaan harus bersaing dengan membangun citra yang baik agar calon kandidat tertarik untuk melamar dan bergabung dengan perusahaan. Semakin kuat branding, semakin mudah pula mendapatkan kandidat berkualitas.   

2. Menjaga Loyalitas Karyawan

Manfaat kedua adalah untuk menjaga loyalitas karyawan. Dengan membangun branding yang kuat, tentu karyawan akan merasa bangga menjadi bagian dari perusahaan. 

Perusahaan dapat melakukannya dengan cara menjamin kesejahteraan karyawan, membangun budaya kerja yang menyenangkan, dan masih banyak lagi. 

3. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Selanjutnya adalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Dengan membangun citra yang baik dan tepat, produktivitas karyawan dalam melakukan pekerjaan bisa semakin meningkat. 

Apabila produktivitas karyawan meningkat, maka hal ini dapat menunjang pertumbuhan bisnis perusahaan secara tidak langsung.

4. Membangun Reputasi Positif Perusahaan

Tidak hanya berfokus pada karyawan, branding juga bermanfaat dalam membangun reputasi positif perusahaan di mata calon kandidat dan khalayak. 

Perusahaan dapat mempromosikan budaya kerja dan visi misi perusahaan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan calon kandidat. 

Tips Sukses Membangun Employer Branding

employer branding

Setelah mengetahui pengertian dan manfaatnya, sekarang kita bahas tips sukses dalam membangun employer branding, yuk!

1. Memanfaatkan Media Sosial

Agar mudah menyatu dengan para jobseeker dan calon kandidat, perusahaan dapat memanfaatkan media sosial dalam bentuk pendekatan melalui konten yang interaktif. Contoh media sosial yang dapat digunakan adalah LinkedIn dan Instagram.

2. Memasang Lowongan di Portal Pencari Kerja Terpercaya

Tips kedua adalah memasang lowongan pekerjaan di portal job yang sudah terpercaya. Saat ini, semakin banyak portal pencari kerja yang kredibel. Dengan strategi ini, pelamar akan tertarik untuk mengirim CV dan portofolio. Selain memasang lowongan, buatlah profil perusahaan yang terlihat meyakinkan dan mencantumkan situs perusahaan. 

3. Menunjukkan Visi dan Misi Perusahaan

Setiap perusahaan tentunya memiliki visi dan misi. Untuk memperkuat employer branding, akan lebih baik apabila menunjukkan visi misi di berbagai platform yang memungkinkan untuk bisa dilihat oleh para calon kandidat seperti misalnya di media sosial dan di website perusahaan. 

Berikut tadi adalah pengertian, manfaat serta tips dari employer branding. Yuk, mulai membangun branding perusahaan kamu agar semakin dikenal para calon kandidat. 

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!