Blog

ESOP (Employee Stock Option Plan): Arti, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

ESOP adalah kepemilikan saham perusahaan yang diberikan kepada karyawan, direksi, dan komisaris. Cari tahu lebih lanjut tentang ESOP di sini.
esop

Di era modern ini, perusahaan bisa menggunakan ESOP sebagai reward untuk karyawan atas hasil kerja mereka.

Program satu ini dinilai efektif untuk meningkatkan loyalitas karyawan dan tingkat produktivitas kerja mereka di perusahaan.

Tak hanya itu, ESOP juga dapat dimanfaatkan sebagai strategi corporate finance untuk membuat kepentingan perusahaan dan para pemegang saham menjadi satu arah.

ESOP sendiri telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Ia tidak hanya dilakukan oleh perusahaan terbuka yang melakukan IPO (Initial Public Offering), tetapi juga bisa dilakukan oleh perusahaan tertutup.

Nah, melihat ragam manfaat yang ditawarkan oleh program tersebut, kali ini GajiGesa akan paparkan serba-serbi ESOP hanya untukmu. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian ESOP

esop

ESOP atau Employee Stock Option Plan adalah program kepemilikan saham oleh karyawan, direksi, dan komisaris yang dilakukan melalui Penawaran Saham.

Penghargaan ini dapat diberikan sebagai bentuk kompensasi kepada para karyawan, dewan direksi, dan komisaris perusahaan.

Proses pemberiannya berlangsung saat badan usaha menawarkan karyawan untuk membeli saham pada nilai tertentu, lalu nanti dibentuk sebagai dana aman yang bisa didanai oleh banyak perusahaan.

Proses pendanaannya bisa dilakukan dengan memasukkan saham baru, di mana diperlukan uang tunai guna membeli saham tersebut.

Saham ESOP sendiri kini merupakan salah satu upaya dari remunerasi karyawan yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan.

Mengapa demikian? Sebab, peserta nantinya bisa lebih fokus pada kinerja perusahaan serta kenaikan harga saham.

Para karyawan juga secara tak langsung memiliki tanggung jawab lebih agar tingkat produktivitas perusahaan bisa terus berkembang dengan baik.

Jenis-jenis ESOP

Pada dasarnya, ada dua jenis employee stock option plan yang dapat diberikan perusahaan untuk karyawan. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Employee Stock Ownership Plan

Stock ownership plan membuka peluang bagi karyawan untuk membeli saham sebelum adanya IPO.

Karyawan akan mendapatkan harga penawaran dasar yang lebih murah, serta meraih keuntungan apabila di kemudian hari mereka menjual saham tersebut. 

Namun, ESOP yang dijalankan perusahaan biasanya berbeda-beda. Hal ini berlaku karena setiap badan usaha harus menyesuaikan diri dengan kondisi keuangan serta kebijakan anggaran dasar. 

2. Employee Stock Option Plan

Jenis ESOP berikutnya yang dapat dimanfaatkan perusahaan adalah stock option plan.

Dalam ownership plan, karyawan memiliki kesempatan untuk menjual dan mendapatkan keuntungan dari saham yang mereka beli.

Nah, pada option plan, perusahaan hanya memberikan program ini kepada karyawan, tetapi, mereka tidak memiliki wewenang untuk menjualnya.

Sejak awal, perusahaan sepakat untuk memberikan sejumlah lembar saham perusahaan untuk dijadikan Program Opsi.

Ada syarat yang harus dipenuhi oleh karyawan untuk memiliki surat penawaran, biasanya berupa jangka waktu minimal kerja di perusahaan tersebut 

Jika telah memenuhi syarat, karyawan berhak menerima surat penawaran.

Ketika perusahaan telah berkembang, dan harga saham telah meningkat, karyawan dapat menjual surat, dan memperoleh keuntungan. 

Apabila perusahaan menggunakan program Opsi Saham, karyawan tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperoleh surat penawaran tersebut.

Manfaat ESOP bagi Karyawan

Seperti yang sudah dijelaskan, employee stock option plan bisa menjadi langkah untuk remunerasi karyawan.

Nah, hal tersebut berlaku karena program ini menawarkan berbagai manfaat untuk para pegawai. Berikut adalah contoh-contohnya.

  1. Berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan.
  2. Terbebas dari pajak saham.
  3. Merasa dihargai oleh perusahaan.
  4. Produktivitas kerja meningkat secara drastis.

Manfaat ESOP bagi Perusahaan

Sama halnya seperti untuk karyawan, ESOP juga dapat membawa dampak positif bagi perusahaan.

Sebagai contoh, program ini mendorong karyawan perusahaan untuk menjadi lebih produktif. 

Tak hanya itu, menggunakan ESOP juga membantu perusahaan untuk meraup lebih banyak dividen. Semakin banyak dividen, keuntungan yang diperoleh akan meningkat bagi perusahaan.

Itu tadi pengertian serta manfaat dari employee stock option plan. Sudahkah perusahaan kamu memberikan employee stock option plan untuk karyawan?

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!