Resources

3 Rekomendasi Game Virtual Online Team Building

Banyak game virtual online yang dapat dilakukan untuk team building sambil merayakan akhir tahun bersama. Berikut beberapa rekomendasinya!

game virtual onlineAkibat dari masa pandemi ini membuat perusahaan terpaksa menerapkan sistem kerja work from home. Hal ini membuat karyawan yang bergabung dengan perusahaan tidak dapat bertemu secara langsung. Sehingga, membuat karyawan yang baru bergabung merasa tidak dekat dengan anggota tim yang sudah mengenal sebelumnya. Terlebih lagi, sebentar lagi tahun 2022 akan segera tiba, yang seharusnya perusahaan dapat mengadakan gathering perusahaan menjadi tidak bisa terwujud. Oleh sebab itu, agar hal tersebut tidak mempengaruhi kerja sama tim untuk di kemudian hari, maka berikut beberapa ide untuk game virtual online yang bisa dilakukan sambil merayakan akhir tahun bersama. Hal ini bertujuan untuk membangun kekompakan dan mengenal lebih dalam seluruh anggota tim yang masih bekerja dari rumah tersebut. 

Baca juga: 12 Cara Memotivasi Karyawan Agar Lebih Produktif

#1 Game virtual online photo of your life

Permainan ini dapat dimainkan untuk karyawan yang baru bergabung dengan tim atau perusahaan agar dapat saling mengenal satu sama lain. Cara bermainnya yaitu:

Setiap anggota tim harus mengambil foto apapun yang dapat menceritakan kisah mereka masing-masing. Foto yang dapat diambil contohnya saja, baju favorit, hewan peliharaan, keluarga, atau bahkan pemandangan. Kemudian lakukan konferensi video dan meminta setiap karyawan untuk membagikan cerita dari balik gambar yang mereka bagikan.

#2 Aliens have landed

Permainan ini sangat bagus untuk mendorong komunikasi antar anggota tim dan membantu melatih kreativitas mereka. Cara bermainnya yaitu:

Bagi beberapa anggota tim menjadi tiga atau empat kelompok. Lalu, beritahu bahwa alien telah mendarat di bumi dan alien tersebut tertarik untuk mengenal perusahaan lebih dalam. Tetapi, alien tidak dapat berbahasa seperti manusia. Oleh sebab itu, setiap tim harus dapat menjelaskan kepada alien tentang perusahaan dalam lima simbol atau gambar.

Lalu juri memperhatikan bagaimana masing-masing tim menggambarkan perusahaan melalui simbol tersebut. Pemenangnya ialah gambar atau simbol yang paling menggambarkan perusahaan.

Baca juga: Benefit Finansial Paling Pas untuk Karyawan, Ini yang Perlu Kamu Tahu!

#3 Game virtual online tebak kata

Permainan ini bisa menjadi alternatif untuk melibatkan anggota tim dan membangun semangat karyawan. Cara bermainnya yaitu:

Buatlah tema tebak kata, misalnya binatang, pemain film, benda, penyanyi, dan lainnya. Kemudian ajak semua anggota tim untuk bergabung dalam panggilan video. Setiap tim akan mendapatkan giliran untuk memerankan objek, adegan atau gerakan tertentu dari tema tersebut kemudian anggota tim lain akan menebaknya.

Itulah beberapa ide game virtual online yang dapat dilakukan untuk mengisi akhir tahun bersama karyawan perusahaan.

 

Sumber: Ekrut

Simak juga:

Ingin Mendapatkan Top Talent? Simak 6 Strategi Rekrutmen Berikut!