fbpx
investasi untuk gaji 3 juta

Mulai Berapapun, Ini Cara Berinvestasi untuk Gaji 3 Juta!

Berinvestasi bahkan dalam jumlah kecil dapat menuai hasil yang besar nantinya. Berikut adalah cara kamu dapat mulai investasi untuk gaji 3 juta.

Mungkin bagi kebanyakan orang, kata “investasi” adalah sesuatu yang menakutkan dan hanya dilakukan oleh para pialang saham di bursa saham, mengenakan jas dengan uang yang banyak di rekening mereka. Padahal, sekarang berinvestasi sudah mudah, lho. Bagaimana jika kamu baru mulai bekerja dengan gaji 3 juta? Kamu bahkan bisa mulai berinvestasi mulai dari 100 ribu rupiah saja, lho.

Berikut tips investasi untuk gaji 3 juta

#1 Menabung

Bahkan jika kamu hanya memiliki sedikit uang untuk disisihkan, uang kamu akan tumbuh dengan bunga majemuk. Kunci untuk membangun kekayaan adalah mengembangkan kebiasaan baik, seperti menyisihkan uang secara teratur setiap bulannya.

Kamu dapat menggunakan aturan anggaran yang paling terkenal yaitu anggaran 50/30/20: yaitu 50% pemasukan kamu untuk kebutuhan sehari-hari yang esensial, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk ditabung. Tentu anggaran ini bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Jika kamu bisa menabung lebih dari 20% pemasukanmu setiap bulannya, tentu akan lebih bagus lagi dan semakin cepat kamu bisa investasi untuk gaji 3 juta.

#2 Bangun dana darurat

Sebelum kamu dapat memulai investasi, kamu harus tahu terlebih dahulu pentingnya mengumpulkan dana darurat. Karena kita tidak pernah tahu ada hal-hal yang terjadi ke depannya yang membutuhkan uang cash secara cepat.

Baca juga: Ingin Berkarier Sebagai HRD? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Catat!

Idealnya, kamu memiliki dana darurat sebanyak 6 bulan kali pengeluaran tetapmu setiap bulannya. Untuk mengumpulkan dana darurat ini, kamu bisa menyisihkan dari anggaran yang sudah ditetapkan di atas yaitu 20% atau lebih dari pemasukanmu setiap bulannya.

Setelah dana darurat aman dan kamu memiliki sedikit uang untuk dimainkan, kamu dapat mulai investasi segera.

#3 Tentukan tujuan investasi

Setelah kamu berhasil dalam membangun kebiasaan menyisihkan uang setiap bulannya, langkah berikutnya adalah menentukan tujuan investasi untuk gaji 3 juta kamu. Apakah kamu berinvestasi untuk jangka pendek atau jangka panjang. Apakah kamu memerlukan sejumlah uang dalam waktu 1-3 tahun, atau kamu santai saja untuk membiarkan uang kamu berkembang sampai 5-10 tahun lamanya. Dengan tujuan yang jelas, kamu akan lebih termotivasi untuk mengumpulkan uang.

Selain itu, kamu juga akan bisa memilih jenis investasi yang cocok untuk tujuan dan prioritas kamu. Apakah itu deposito, reksa dana pasar uang, saham, atau yang lainnya.

#4 Reksa Dana

Kamu dapat memilih produk investasi untuk gaji 3 juta berupa reksa dana jika berencana untuk menggunakan uang hasil investasi tersebut dalam 5 tahun ke depan. Kamu dapat memilih investasi reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana pendapatan tetap memiliki portofolio sebagian besar dalam bentuk obligasi. Kamu dapat membeli reksa dana dengan modal sekecil 100 ribu rupiah saja. Risikonya juga rendah, tapi memiliki return di atas bunga tabungan, juga mudah dan cepat untuk dicairkan jika sewaktu-waktu kamu memerlukannya.

#5 Emas

Membeli emas sangat fleksibel, cocok untuk investasi jangka pendek ataupun jangka panjang. Untuk investasi jangka pendek, emas bisa mudah dijual kembali jika sewaktu-waktu kamu memerlukannya. Namun untuk jangka panjang pun menabung emas bisa memberi keuntungan yang cukup signifikan karena logam mulia ini harganya cenderung naik setiap tahunnya, yang menjadikan emas adalah alternatif investasi gaji 3 juta yang sangat aman untuk pemula.

#6 Saham

Saham dapat menjadi investasi untuk gaji 3 juta dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Keuntungannya memang bisa besar, namun risikonya juga sama besarnya. Harga-harga saham dapat naik dan turun secara acak dalam jangka waktu pendek. Jika ingin bermain saham sebaiknya kamu berlatih dulu dan mencari ilmu sebanyak-banyaknya sebelum terjun langsung.

Sumber: Moneyunder30, Moneyunder30, Futureready

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *