Blog

Jenis Sertifikasi untuk HRD dan Manfaatnya yang Wajib Kamu Ketahui

Sudahkah kamu mendapatkan sertifikasi sebagai HRD? Ketahui jenis sertifikasi HRD dan cara mendapatkannya berikut ini.
jenis sertifikasi hrd

Tidak hanya perusahaan, karyawan juga perlu memiliki sertifikasi untuk menilai kemampuannya, tak terkecuali di bidang SDM. Untungnya, kini ada banyak jenis sertifikasi HRD yang bisa didapatkan oleh para pekerja human resources.

Sertifikasi ini pada dasarnya dapat digunakan untuk meningkatkan kredibilitas serta kemampuan pekerja yang bergerak di bidang HRD.

Kebanyakan perusahaan pun sekarang akan mengajukan sertifikasi dari para HRD sebelum memperkerjakan mereka.

Nah, memangnya, apa yang dimaksud dengan jenis sertifikasi HRD? Seperti jenis-jenis serta manfaat yang ditawarkan oleh dokumen tersebut? Yuk, simak pemaparan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Sertifikasi HRD

jenis sertifikasi hrd

Sebelum membahas berbagai jenis sertifikasi HRD, ada baiknya kita ulas terlebih dahulu definisi dari dokumen tersebut.

HR certification adalah sertifikat yang diperoleh melalui pembelajaran, pelatihan, dan pengalaman kerja di bidang human resources.

Biasanya, sertifikasi ini diberikan oleh lembaga atau asosiasi profesi yang memiliki kompetensi profesional dalam bidang sumber daya manusia.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa ambil tes kemampuan di LSP MSDMK, atau Lembaga Sertifikasi Profesional Manajemen Sumber Daya Manusia Kompetensi.

Manfaat Sertifikasi HRD

jenis lisensi hrd

Seperti yang sudah dijelaskan, jenis sertifikasi HRD sangat bermanfaat bagi beberapa pihak. Berikut adalah dua pihak yang bisa mendapatkan manfaat dari HR certification.

1. Bagi Calon Tenaga Kerja

Sertifikasi HRD bermanfaat bagi calon tenaga kerja untuk meyakinkan organisasi serta klien bahwa dirinya kompeten dan mampu bekerja dengan baik.

Manfaat lain dari jenis sertifikasi tersebut adalah untuk memastikan dan menjaga kompetensi pekerja di dunia profesional.

Selain itu, sertifikasi HRD juga mampu digunakan untuk merencanakan karier, serta mengukur tingkat kompetensi dalam proses belajar.

Ketika melamar pekerjaan, sertifikasi ini bermanfaat untuk memenuhi persyaratan regulasi. Lisensi HRD dapat membantu mendapatkan pengakuan kompetensi lintas sektor dan negara.

2. Bagi Industri

Pekerja yang memiliki jenis sertifikasi HRD akan memberikan manfaat bagi industri tempat ia bekerja.

Mengapa demikian? Sebab, dokumen ini bisa digunakan untuk meyakinkan klien bahwa perusahaan memiliki tenaga kerja yang kompeten.

Lisensi HRD juga bermanfaat dalam mengembangkan tenaga berbasis kompetensi, serta meningkatkan efisiensi SDM.

Manfaat terakhir sertifikasi HRD bagi industri yaitu meningkatkan sistem pengembangan karier dan remunerasi tenaga berbasis kompetensi.

Jenis Sertifikasi HRD

jenis lisensi hrd

Ada tiga jenis sertifikasi HRD yang wajib diketahui. Berikut ini penjelasan masing-masing jenisnya.

1. Certified Professional in Human Resources Management (CPHRM)

Jenis sertifikasi HRD yang pertama adalah Certified Professional in Human Resources Management atau (CPHRM).

Certified Professional in Human Resources Management merupakan pelatihan yang mempelajari perencanaan strategis perusahaan yang harus diselaraskan dengan perancangan SDM.

Dalam pelatihan ini, HRD diarahkan untuk membuat kerangka kerja SDM, konsep ARCI, peran sumber daya manusia, metode pengembangan organisasi, serta manajemen pekerjaan.

Pada program CPHRM, peserta akan diajarkan berbagai fungsi HRD seperti perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia, perekrutan dan penempatan, pemeliharaan SDM, serta manajemen bakat.

2. Human Resources Business Professional (HRBP)

Saat ini ada banyak perusahaan yang memberdayakan fungsi SDM sebagai HR business partner

HR business partner memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan unit kerja sebagai tangan kanan dari bisnis perusahaan.

Nah, untuk menghadirkan tenaga kerja yang kompeten tersebut, diadakan pelatihan sertifikasi bagi human resources business professional (HRBP). 

Tujuan adanya pelatihan HRBP yaitu untuk mengembangkan kompetensi karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kerja.

Pelatihan yang didapatkan dari HRBP diantaranya adalah menyusun business case, memahami strategi bisnis dan operasional unit. 

Materi mengenai human resources yang diberikan meliputi talent management, training dan pengembangan karyawan.

3. Human Resources Management Professional (HRMP)

Sertifikasi human resources management professional bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mendasar dalam bidang manajemen SDM yang bersifat umum. 

Tujuan dari jenis sertifikasi HRD ini adalah untuk memahami perubahan paradigma manajemen SDM dan memiliki keterampilan dasar yang dapat diterapkan dalam pengelolaan sumber daya.

Dikarenakan bersifat umum, bidang yang dipelajari juga luas seperti konsep strategic competency- based Human Resources Management, pengembangan organisasi, perencanaan SDM, metode assessment center, serta manajemen karier. Menarik bukan?

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis sertifikasi HRD, mulai dari pengertian hingga berbagai macamnya.

Di antara ketiga jenis sertifikasi HRD, mana yang kira-kira bakal kamu dapatkan untuk tingkatkan karier?

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!