Blog

4 Tips Memilih Katering Makanan Sehat untuk Karyawan

Kesehatan karyawan juga perlu diperhatikan oleh perusahaan. Simak tips dalam memilih katering sehat untuk karyawan di sini.
katering sehat

Benefit yang diterima karyawan berbeda-beda di setiap perusahaan, seperti transportasi, cuti tahunan, hingga katering makanan sehat.

Sejatinya, semua benefit yang diberikan bergantung pada kebijakan perusahaan. Akan tetapi, tanggung jawab mereka adalah untuk memastikan kesehatan karyawan.

Maka dari itu, selain memberikan BPJS, perusahaan juga sering memberikan katering makanan kepada karyawannya.

Kebijakan untuk memberikan makan kepada karyawan tidaklah wajib.

Namun, melihat kondisi tertentu, beberapa perusahaan perlu memberikan katering untuk karyawannya. Sebagai contoh, di pabrik karyawan mendapat jatah makanan sesuai shift-nya.

Tujuan perusahaan memberikan katering makanan adalah agar kebutuhan pangan karyawan tetap terpenuhi, meskipun berada di tempat kerja.

Selain itu, makanan katering juga lebih terjamin kesehatan serta kebersihannya untuk karyawan. 

Tips Memilih Katering Sehat untuk Karyawan

katering sehat

Nah, perusahaanmu ingin memberikan katering untuk karyawan? Agar tidak salah pilih, berikut ini adalah tips menentukan katering sehat untuk karyawan perusahaan. Yuk, disimak!

1. Sesuaikan dengan Budget

Setiap perusahaan tentu sudah membuat anggaran tersendiri untuk fasilitas karyawan, salah satunya adalah katering. 

Hal terpenting sebelum perusahaan memilih katering untuk karyawan adalah menentukan dan menyesuaikan budget

Pilihlah jasa katering sehat yang sesuai dengan anggaran dari perusahaan. Saat ini sudah banyak jasa katering berkualitas yang menawarkan harga terjangkau.

2. Perhatikan Menu yang Disajikan dan Kandungan Gizinya

Tak jarang, katering akan membuat karyawan bosan dengan menu yang disajikan. Untuk itu, carilah penyedia jasa yang bisa menyediakan varian menu baru setiap minggunya.

Tidak hanya variasi menu, untuk menjamin kesehatan karyawan, perhatikan juga kandungan gizi dari makanan yang ditawarkan jasa katering.

Misalnya, pastikan katering menyediakan sayur, lauk, dan nasi sebagai makanan pokok. Untuk tambahannya, jasa katering juga perlu menyediakan buah-buahan dan makanan ringan lainnya

Sebagai saran, pilihlah jasa katering yang sudah terkenal sehat. Mereka biasanya sangat memerhatikan kandungan gizi dan cara mengolah makanannya. 

3. Lakukan Tester

Tips berikutnya yang perlu diikuti tim HRD saat memilih katering sehat adalah melakukan tester.

Perihal rasa, semuanya kembali lagi pada selera masing-masing individu. Meskipun begitu, perusahaan juga perlu melakukan tester untuk bisa menentukan cita rasa yang sesuai bagi karyawan.

Tidak hanya rasa, tester juga bertujuan untuk menguji kelayakan makanan. Apakah makanan layak diberikan kepada karyawan atau tidak?

Jika memiliki kesempatan, pastikan manajemen perusahaan menggali informasi terkait penyajian makanannya, dan melakukan survey ke tempat pengolahannya.

4. Melihat Testimoni Perusahaan Lain

Setelah menyesuaikan budget, sampai tester, jangan lupa untuk melihat testimoni atau ulasan dari perusahaan lain.

Jasa katering tentu tidak hanya sebagai vendor di satu perusahaan saja. Mereka akan melayani beberapa perusahaan sebagai penyedia makanan untuk karyawan.

Maka sangat penting untuk melihat ulasan dari perusahaan yang menggunakan jasa katering makanan tersebut. Pastikan dulu jasa katering memiliki website atau ulasan di Google.

Berikut tadi =adalah 4 tips memilih katering makanan sehat yang tepat untuk pegawai.

Kesehatan perlu diperhatikan agar karyawan dapat meningkatkan kinerja serta tujuan operasional perusahaan.

Nah, untung mendorong hal tersebut, yuk, mulai sediakan menu katering yang sehat dan bersih untuk karyawan!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!