Blog

5 Mindset yang Perlu Diterapkan HR agar Tercipta Kebahagiaan di Tempat Kerja

kebahagiaan di tempat kerja
kebahagiaan di tempat kerja

Di era modern ini, tak sedikit jumlah karyawan yang bertanya-tanya apakah mereka bisa mendapatkan kebahagiaan di tempat kerja atau tidak.

Hal tersebut sejatinya cukup wajar untuk mereka rasakan. Pasalnya, karyawan perlu bekerja di kantor, tak jarang dari pagi hingga larut malam, dengan tekanan yang tak bisa dibilang ringan.

Hasilnya, kebanyakan karyawan tidak merasa bahagia saat harus bekerja, karena yang muncul hanyalah rasa stres dan cemas.

Melihat hal tersebut, timbul pertanyaan yang kerap mengganggu benak para pekerja, “apakah setiap pekerjaan dan profesi akan membuatmu tidak bahagia?”.

Jawabannya, tentu tidak. Rasa stres sejatinya terbentuk karena pola pikir karyawan yang cenderung negatif terhadap pekerjaannya.

Kebahagiaan atau happiness sendiri pun dapat diraih apabila karyawan memiliki mindset yang tepat.

Maka dari itu, sebagai pegiat HR, kamu bisa membantu menciptakan kebahagiaan di tempat kerja dengan menyuarakan mindset-mindset yang tepat tersebut kepada para karyawan.

Nah, memangnya apa saja ragam mindset yang perlu kamu sebarkan agar bisa terbentuk rasa bahagia di kantor?

Berikut ini adalah rangkumannya yang telah GajiGesa buat berdasarkan webinar yang bertajuk “Me + Work = Happiness, Apakah Aku Bahagia di Tempat Kerja?”. Yuk, disimak!

5 Mindset yang Perlu HR Sebarkan untuk Menciptakan Kebahagiaan di Tempat Kerja

1. Self awareness

Untuk menciptakan kebahagiaan di tempat kerja, mindset utama yang perlu HR terapkan pada para karyawan adalah self awareness.

Sebelumnya, apa itu yang dimaksud dengan self awareness? Istilah ini mengacu pada kemampuan seseorang untuk memahami perasaan serta pikirannya sendiri.

Keahlian satu ini diperlukan agar karyawan dapat membangun hubungan profesional yang baik dengan rekan kerja, bawahan, dan atasannya.

Mindset ini juga dapat membantu karyawan untuk melihat setiap masalah secara objektif dan menemukan hal yang membuat mereka merasa sedih atau bahagia.

Sebagai contoh, sebelum meeting karyawan kerap merasa cemas. Nah, dengan memiliki mindset self awareness, mereka bisa menemukan cara yang dapat membuat diri lebih tenang dan fokus.

Lalu, apa langkah yang dapat diikuti HR untuk menumbuhkan self awareness karyawan?

Caranya adalah mendorong mereka untuk sering berkenalan dengan perasaan atau emosi diri sendiri.

Kemudian, bantu karyawan dengan cara mendengerkan keluh kesahnya terlebih dahulu. Hal ini membantumu dalam menemukan hal yang membuat karyawan cemas dan tak bahagia.

2. Self love

Mindset berikutnya yang perlu HR terapkan agar tercipta kebahagiaan di tempat kerja adalah self love.

Istilah satu ini mengacu pada pola untuk mencintai diri sendiri tanpa harus memenuhi segala keinginan.

Mindset ini merupakan salah satu kunci besar bagi karyawan merasa bahagia di tempat kerja.

Mengapa demikian? Sebab, self love membantu pekerja untuk merayakan segala prestasi dan kemenangan kecil yang mereka raih di tempat kerja.

Self love pun membantu karyawan untuk memahami kebutuhan dirinya sendiri, baik untuk kesehatan fisik maupun mental mereka.

Lalu, bagaimana cara untuk menumbuhkan self love tersebut? Sebagai pegiat HR, kamu bisa mendorong karyawan untuk bereksperimen dalam mencintai diri sendiri.

Sebagai contoh, kamu bisa mengajak karyawan untuk mempelajari keahlian baru yang sesuai dengan passion mereka.

3. Self worth

Mindset lain yang perlu HR terapkan pada karyawan agar tercipta kebahagiaan di tempat kerja adalah self worth.

Menurut penjelasan Positive Psychology, self worth adalah bentuk apresiasi diri di mana seseorang mengetahui bahwa dirinya berharga.

Sesuai definisinya, hal ini dibutuhkan agar karyawan dapat lebih menghargai hasil kerjanya dan merasa puas dengan kemampuannya.

Namun, bagaimana cara menumbuhkan mindset ini pada para karyawan? 

Sebagai HR, kamu bisa membantu karyawan untuk mencari tahu nilai diri mereka dan menentukan pilihan untuk standar sebuah kebahagiaan.

Contohnya, kamu bisa tetapkan bahwa dengan mencapai work life balance, karyawan bisa merasa bahagia.

4. Self empowerment

Mindset selanjutnya yang perlu kamu tumbuhkan agar tercipta kebahagiaan di tempat kerja adalah self empowerment.

Apa itu self empowerment? Artinya, kemampuan seseorang untuk menggali kekuatan yang ada dalam dirinya.

Setiap orang yang bisa mengendalikan hidupnya sendiri, disebut sebagai orang yang memiliki self empowerment tinggi.

Jadi, jangan rantai kebebasan yang dimiliki, cobalah untuk banyak membuat pilihan untuk diri sendiri. 

5. Self confidence

Mindset terakhir yang perlu kamu tumbuhkan di benak karyawan agar tercipta kebahagiaan di tempat kerja yaitu self confidence.

Pola pikir ini mendorong karyawab untuk lebih percaya pada kemampuan, kapasitas, dan penilaian diri mereka sendiri.

Tak hanya itu, dengan self confidence, karyawan bisa membuat dirinya merasa lebih berharga. Hasilnya, kelak bisa muncul kebahagiaan dalam diri mereka.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui sebagai HR, agar karyawan bisa merasa bahagia dan nyaman di tempat kerja.

Nah, selain webinar di atas, masih ada berbagai event GajiGesa lainnya dengan topik serupa yang menunggu kehadiranmu, lho.

Tertarik? Jangan sampai ketinggalan. Yuk, ikuti akun Instagram kami di @gajigesa untuk mendapatkan info-info menarik mengenai event lainnya!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!