Resources

Meningkatkan Kinerja Karyawan, Jangan Lupa 3 Faktor Kunci Ini!

Kinerja karyawan yang baik tentunya akan berdampak positif bagi kemajuan suatu perusahaan. Untuk itu sangat penting untuk meningkatkan kinerja karyawan. Bagaimana caranya? Simak ulasannya di artikel berikut ini!

Kinerja karyawan yang optimal akan mempermudah operasional perusahaan. 

Dalam sebuah perusahaan, kinerja karyawan ialah kunci kesuksesan. Setiap karyawan harus bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Budaya perusahaan dan keterlibatan karyawan sama dengan kinerja karyawan. Untuk itu perlu adanya keterlibatan karyawan dalam suatu perusahaan agar kinerja karyawan dapat meningkat. 

Apa kamu sudah tahu apa itu kinerja karyawan? Kinerja karyawan adalah ukuran seberapa baik atau seberapa buruk seorang karyawan melakukan tugas pekerjaan yang mereka butuhkan dan seberapa cepat mereka memenuhi dateline pekerjaan. Dalam artikel ini kita akan membahas cara meningkatkan kinerja karyawan yang dapat kamu lakukan, agar karyawan dapat memberikan kontribusi yang terbaik bagi perusahaan. 

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Moral Karyawan Demi Kultur Lebih Baik

#1 Pelatihan dan pengembangan

Kinerja karyawan tergantung pada pelatihan yang diperolehnya dari perusahaan.  Perusahaan memiliki tingkat pelatihan dan ekspektasi kinerja karyawan yang berbeda tergantung pada situasinya. Berinvestasi dalam pelatihan dapat meningkatkan margin keuntungan perusahaan sebesar 24% atau lebih karena hal tersebut akan membuat karyawan kamu lebih baik dalam pekerjaan mereka. Pelatihan juga membantu meningkatkan retensi dan mengurangi pergantian karyawan. 

Selain itu, pelatihan tidak hanya sampai pada orientasi. Jika karyawan tidak menerima pelatihan setelah beberapa minggu pertama mereka bekerja, mereka akan merasa seperti perusahaan tidak berinvestasi dalam pengembangan mereka. Perusahaan harus menyediakan lingkungan belajar yang baik bagi karyawan untuk mendorong kemajuan karier mereka. 

#2 Keterlibatan karyawan

Menurut dalam Workplace Research Foundation (WRF) menemukan peningkatan 10% dalam investasi keterlibatan karyawan dapat meningkatkan keuntungan sebesar $2.400 per karyawan per tahun. Untuk itu berdasarkan survei tersebut membuktikan bahwa sangat penting keterlibatan karyawan agar dapat memajukan perusahaan. Berikut cara untuk mendorong keterlibatan karyawan yang dapat kamu lakukan. 

a. Mengklarifikasi tujuan

Perusahaan seharusnya tidak menganggap karyawan hanya sebagai alat penghasil pendapatan. Mereka harus memahami setiap karyawan individu dan harus menentukan tujuan untuk karyawan itu. Sebuah tujuan tanpa rencana tidak akan pernah tercapai. Menjawab pertanyaan karyawan dan memiliki rencana yang jelas untuk mencapai tujuan tentu akan meningkatkan keterlibatan dan kinerja karyawan, beberapa pertanyaan mendasar dari sudut pandang karyawan adalah:

  • Apa yang harus saya lakukan?
  • Seberapa baik saya diminta untuk melakukannya?
  • Apa pendapat manajemen tentang kinerja saya?
  • Apakah saya akan diberi penghargaan jika saya berkinerja baik?
  • Apa ada peluang pertumbuhannya? 

b. Menyediakan alat yang tepat 

Menyediakan alat yang tepat adalah salah satu faktor terpenting yang dapat mendorong keterlibatan karyawan dan meningkatkan hasil bisnis. Sehingga penting bagi perusahaan untuk memastikan bahwa semua karyawan memiliki alat yang tepat dan beroperasi di lingkungan yang efisien atau fleksibel. 

Baca juga: Apakah Kultur Perusahaan dapat Diubah? Berikut Tipsnya!

c. Mendengarkan karyawan 

Karyawan yang suaranya didengar perusahaan memiliki kemungkinan 4,6 kali lebih besar untuk memberikan pekerjaan terbaiknya. Pemimpin yang efektif harus mendengarkan apa yang dikatakan karyawan dan komunikasi harus berjalan dua arah. Mengundang lebih banyak karyawan ke meja diskusi dan mendengarkan pendapat yang berbeda merupakan situasi yang saling menguntungkan dan tentunya akan meningkatkan kinerja karyawan. Salah satu rahasia cara keterlibatan karyawan yang efektif ialah dengan masukkan karyawan dalam proses pengambilan keputusan perusahaan.  Karena perusahaan menghormati suara mereka, karyawan akan merasa senang dan berpartisipasi aktif dalam sesi tersebut. 

#3 Budaya perusahaan

Keterlibatan karyawan tidak terjadi secara tiba-tiba perusahaan harus fokus pada kebutuhan dan keinginan karyawan dari waktu ke waktu dan harus mendorong budaya yang kuat. Perusahaan yang memiliki budaya yang kuat akan mengalami peningkatan pendapatan 4 kali lipat. Budaya adalah tulang punggung perusahaan yang membantu dalam retensi karyawan dan memotivasi kinerja karyawan.  Budaya perusahaan memberdayakan karyawan untuk melawan rintangan dan mencapai kinerja karyawan yang lebih baik. 

Jadi, perusahaan harus mampu mempunyai cara untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan tujuan untuk mensejahterakan karyawan dan memperlancar operasional perusahaan. 

 

Sumber: Apty

Simak juga:

https://gajigesa.com/karier/cara-mengembangkan-potensi-karyawan/