Resources

Apakah Kultur Perusahaan dapat Diubah? Berikut Tipsnya!

Perubahaan kultur perusahaan bisa dilakukan lebih mudah bila perusahaan mengetahui apa saja yang menghambatnya serta mampu mencari solusi tersebut.

kultur perusahaan

Perusahaan harus bisa beradaptasi sesuai dengan zamannya. Salah satu contoh yaitu berani untuk melakukan perubahan kultur perusahaan.

Kultur perusahaan menjadi penting untuk mendorong dan meningkatkan efektivitas kerja perusahaan baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Tanpa kultur perusahaan yang baik, kinerja para karyawan tidak dapat berjalan secara optimal. Itu sebabnya, kultur perusahaan menjadi hal yang krusial untuk dimiliki setiap organisasi atau perusahaan. Berikut ini adalah berbagai hambatan berserta solusi yang dapat perusahaan lakukan.

Baca juga: Dibully oleh Rekan Kerja di Kantor? Simak 3 Cara Mengatasinya!

Apa yang menyebabkan kultur perusahaan sulit berubah?

Banyak faktor yang menyebabkan sulit berubah, yaitu salah satunya sebagai berikut.

#1 Kurang adanya keinginan menjadi lebih baik

Kurangnya keinginan untuk membuat kultur perusahaan menjadi lebih baik berkaitan erat dengan jabatan dan apa yang telah karyawan dapatkan. Karyawan yang sudah merasa nyaman dengan keadaan yang sedang berlangsung sehingga cenderung menolak perubahan. Karena adanya ketakutan untuk meninggalkan zona nyaman. Jika terlalu betah di zona nyaman akan memberi efek yang kurang baik terhadap produktivitas perusahaan.

#2 Takut kehilangan

Karyawan bisa merasakan perasaan “takut kehilangan” apabila terjadi perubahan. Karyawan akan merasa dirinya kehilangan banyak hal, seperti pengurangan tunjangan perjalanan, penarikan fasilitas yang telah mereka dapatkan, atau kebebasan terkait sistem kerja. 

#3 Kurangnya rasa memiliki

Dengan mempunyai rasa memiliki membuat karyawan akan melakukan hal yang dirasa perlu bagi perusahaan untuk menjadi lebih baik. Ketika seorang karyawan kurang rasa memiliki maka dia tidak akan melakukan tindakan untuk membuat keadaan lebih baik lagi.

Hal yang dapat dilakukan agar perubahan dapat terjadi

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar perubahan dapat terjadi.

#1 Dengarkan karyawan dan bangun kepercayaan

Mendengarkan feedback dari karyawan merupakan salah satu cara yang tepat untuk melakukan perubahan kultur perusahaan. Itu akan membuat karyawan merasa ikut serta dan dihargai. Ketika sudah merasa dihargai maka akan lebih mudah untuk membangun kepercayaannya. Perubahan tersebut akan berjalan lancar bila karyawan diikutsertakan dan saling percaya.   

#2 Mengetahui kebutuhan karyawan

Perubahan kultur perusahaan akan lebih mudah terjadi bila kebutuhan karyawan tidak terganggu. Untuk itu, perusahaan harus terlebih dahulu memahami kebutuhan karyawan sebelum melakukan perubahan. Jika kebutuhan karyawan terganggu, perusahaan harus mencari solusi lain terkait hal tersebut. Tanpa adanya solusi lain, karyawan akan merasa dirugikan dan itu memperlambat perubahan yang ingin dilakukan. 

#3 Bersedia untuk membuat perubahan besar

Perusahaan harus siap untuk membuat perubahan yang besar. Dengan melakukan tahapan perencanaan perubahan, kita dapat mengukur dan memperkirakan akan menghabiskan waktu berapa lama hingga sebuah perubahan dapat terjadi. Kesiapan kita terhadap perubahan besar, akan membuat kita juga jadi dapat memperkirakan hambatan apa saja yang akan terjadi nantinya.

Perusahaan yang memiliki kultur perusahaan yang baik

Berikut adalah 4 perusahaan yang memiliki kultur perusahaan yang baik dan dapat kamu contoh.

#1 Twitter

Kultur perusahaan Twitter sangat hebat. Di sana karyawan memiliki rekan kerja yang ramah dan lingkungan yang berorientasi tim. Perusahaan pun juga memberikan fasilitas untuk karyawan. Seperti, makanan gratis untuk karyawan di kantor pusat dan liburan tanpa batas untuk beberapa karyawan. Dengan kultur perusahaan seperti itu tentunya akan menciptakan kualitas kerja karyawan yang sangat baik.

#2 Chevron

Chevron adalah perusahaan yang menekankan keselamatan kerja untuk karyawannya. Mereka pun akan mendukung dan menjaga satu sama lain. Perusahaan Chevron mempromosikan kesejahteraan karyawan melalui program yang berorientasi pada kesehatan karyawan.

#3 Google

Siapa yang tidak ingin bekerja di Google? Google adalah salah satu perusahaan dengan kultur perusahaan terbaik. Sebagai perusahaan, Google identik dengan perubahannya selama bertahun-tahun, salah satunya menciptakan lingkungan lingkungan kompetitif yang masih memungkinkan karyawan untuk work-life balance. Google memberikan fasilitas seperti perjalanan karyawan, pesta, bonus uang, makanan gratis. 

Baca juga: Para Employer, Ini 10 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Kantor!

#4 Facebook

Pendiri Facebook yaitu Mark Zuckerberg berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja yang tidak penuh tekanan untuk karyawannya. Sehingga, Facebook memberikan fasilitas makanan, ruang kantor terbuka, dan bahkan laundry. Facebook menjadi salah satu perusahaan yang mendorong karyawan untuk melakukan perbaikan, perusahaan ini memberikan salah satu contoh terbaik untuk kultur perusahaan.

Jadi, perubahan kultur perusahaan dapat dilakukan dengan memperhatikan aspek di atas. Apabila hal tersebut sudah dilakukan oleh perusahaan, akan mudah untuk menciptakan kultur perusahaan yang baik.

Sumber: Even, Lessonly, Jojonomic

Simak juga:

tipe-tipe karyawan di kantor

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!