fbpx
cara menenangkan hati dan pikiran

16 Cara Menenangkan Hati & Pikiran Selama Pandemi, Coba Yuk!

Banyak orang berusaha untuk mencari ketenangan hati dan pikiran agar terhindar dari depresi dan kecemasan. Berikut adalah cara menenangkan hati dan pikiran yang bisa kamu lakukan!

Banyak dari kita mencari ketenangan hati dan pikiran dengan cara memprediksi masa depan, bergantung kepada banyak orang, atau menaruh kepercayaan pada kandidat politik yang membuat kita merasa aman. Tetapi ketika kita mencoba untuk melabuhkan rasa kesejahteraan kita ke dunia yang selalu berubah dan kacau, kita akan terus-menerus merasa cemas dan gelisah.

Ketenangan hati dan pikiran sejati tidak bergantung pada keadaan. Kamu harus menjadi orang yang damai  dan selalu siap menghadapi kesulitan. Berikut cara menenangkan hati dan pikiran yang akan mempersiapkan kamu untuk tantangan hidup ketika kesulitan datang.

Baca juga: Apa Itu Generasi Sandwich? Apa Kamu Salah Satunya?

#1 Hadapi kebenaran yang tidak nyaman secara langsung

Ketenangan pikiran bukan tentang menghapus setiap emosi atau pemikiran yang tidak nyaman. Ini tentang menantang jeram untuk perairan yang lebih tenang. Hadapi kebenaran tersebut agar membuat kamu merasa lega. Cara menenangkan hati dan pikiran ini sangat efektif agar kamu terhindar dari overthinking.

#2 Menulis buku harian

Cara lain untuk menenangkan hati dan pikiran ialah dengan menulis buku harian. Kegiatan ini sangat baik untuk menggali apa yang terjadi di hati dan pikiran kamu. Biarkan pikiran kamu berputar-putar dan kacau lalu tuliskan di atas kertas. Tuliskan apa yang sedang  kamu rasakan dan jangan membohongi diri sendiri.

#3 Berhubungan dengan orang yang kamu cintai dan percayai

Kamu tidak bisa hidup sendirian. Kamu membutuhkan seseorang ketika merasa stres, cemas dan kesepian. Cara menenangkan hati dan pikiran kamu dapat bertemu dengan seseorang yang akan mendengarkan, mencintai, dan menemanimu. Sehingga mengurangi keluh kesah yang kamu rasakan selama ini.

Baca juga: Apakah Kultur Perusahaan dapat Diubah? Berikut Tipsnya!

#4 Jadilah aktif

Salah satu cara menenangkan hati dan pikiran yang lain ialah kamu dapat mengeluarkan stres dari tubuh dengan menjadi aktif. Lakukanlah kegiatan olahraga seperti angkat beban, naik sepeda, atau bergabung dengan komunitas. Lakukan apapun yang dapat membuat kamu menjadi aktif. Hal ini akan menjernihkan pikiran dan menyembuhkan tubuh kamu.

#5 Luangkan waktu di luar

Pergi ke luar bila memungkinkan. Alam adalah cara terbaik menenangkan hati dan pikiran untuk kamu. Letakkan kaki tanpa alas di rumput, dengarkan kicauan burung-burung, mendaki bukit, duduk di tepi danau atau sungai. Hal ini akan membuat hati dan pikiran kamu tenang.

#6 Tidur

Mendapatkan tidur yang cukup setiap hari sangat penting untuk memperbaiki begitu banyak masalah kesehatan termasuk stres dan kecemasan. Jika sedang mengalami kesulitan untuk tidur karena terlalu banyak memikirkan banyak hal maka kamu dapat mencoba hal-hal seperti mandi santai, mengambil suplemen murni (bukan obat), membaca buku yang bagus, dan bermeditasi yang akan membantu menenangkan hati dan pikiran kamu.

#7 Makan dengan baik

Makanan kaya nutrisi adalah pilar dasar kesehatan. Makan makanan yang baik terbukti mampu menenangkan hati dan pikiran. Dan juga memberikan dampak langsung pada suasana hati. Memakan makanan tinggi gula, junk food, dan makanan olahan lainnya yang tidak sehat akan berkontribusi secara signifikan terhadap tingkat kecemasan kamu. Jadi makanlah makanan yang sehat agar tubuh dan pikiran menjadi sehat.

#8 Memaafkan

Masalah yang belum terselesaikan dapat menjadi sumber kecemasan yang sangat besar. Apakah kamu perlu memaafkan seseorang atas luka yang mereka sebabkan kepadamu? Apa kamu perlu memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang menghantui? Belajarkan untuk memaafkan seseorang atau diri sendiri agar hati dan pikiranmu menjadi tenang.

#9 Mendengarkan musik

Musik bisa menjadi penyembuhan untuk hati dan pikiran. Kamu bisa memutar daftar lagu favoritmu agar memberikan rasa kegembiraan. Mendengarkan musik adalah cara menenangkan hati dan pikiran yang dapat merubah mood kamu menjadi bagus.

#10 Lakukan sesuatu yang kreatif

Kreativitas adalah jalan keluar yang luar biasa untuk menghilangkan stres. Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai seperti menyulam, menggambar dan mewarnai, memasak, dan hal lainnya. Hal ini akan memberikan dampak baik agar terhindar dari kejenuhan.

#11 Berlatihlah bersyukur setiap hari

Kecemasan membuat kita terpaku pada pengalaman masa lalu atau khawatir tentang masa depan. Tetapi rasa syukur akan membuat hati dan pikiran kita tenang. Kamu dapat melatih bersyukur dengan cara menuliskan hal-hal apa saja yang kamu dapatkan hari ini.

#12 Perhatikan dan arahkan kembali pikiran kamu

Kita sering memikirkan skenario terburuk dalam hidup seperti bencana alam terburuk, krisis keuangan, atau melakukan percakapan imajiner yang tidak akan pernah kita miliki dalam kehidupan nyata. Merenung dan khawatir bisa menjadi buang-buang waktu. Kita bisa belajar mengendalikan pikiran kita. Kita bisa memutuskan di mana kita memperbaiki perhatian kita. Perhatikan pikiran yang mengalir melalui pikiran kamu dan mengarahkannya ke sesuatu yang benar dan menyenangkan dan baik untuk dipikirkan.

Baca juga: Sudah Tahu? Begini Cara Membuat Anggaran Pengeluaran Bulanan

#13 Cobalah meditasi

Meditasi adalah cara menenangkan hati dan pikiran yang efektif. Kita akan belajar di mana tubuh dan pikiran kamu terhubung dan bagaimana kamu dapat mengambil pandangan atas keinginan kamu. Meditasi akan menemukan ketenangan hati dan pikiran.

#14 Mengelola Jadwal

Kamu tidak bisa mengungguli kecemasan dan depresi kamu secara instant. Terburu-buru dan overcommitted akan memperburuk ketenangan pikiran. Apakah kamu terlalu sibuk? Stres oleh komitmen yang tidak dapat kamu pertahankan? Lihatlah bagaimana kamu menghabiskan tenaga dalam banyak waktu. Ini akan memicu pada kecemasan kamu pada banyak hal.

#15 Mengurangi penggunaan media sosial

Cara menenangkan hati dan pikiran yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah mengurangi penggunaan media sosial. Terlalu berlebihan menggunakan media sosial akan membuat kita semakin merasa cemas atau bahkan stres. Dengan tidak membuka media sosial seperti Instagram, Facebook, atau Twitter akan membuat hati dan pikiranmu lebih tenang.

#16 Berdoa

Meluangkan waktu secara teratur untuk berdoa akan menenangkan hati dan pikiranmu secara spiritual. Ketenangan jiwa juga memberikan pengaruh terhadap cara pandang kamu dalam menjalani hidup. 

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan hati dan pikiran.

 

Sumber: Ramsey

Apakah Kultur Perusahaan dapat Diubah? Berikut Tipsnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *