Resources

Menciptakan Lingungan Kerja Ramah untuk Karyawan Puasa

Menciptakan Lingungan Kerja Ramah Untuk Karyawan Puasa

Bulan puasa adalah bulan yang ditunggu tunggu oleh seluruh umat muslim. Puasa menjadi kewajiban dan hak beribadah bagi pemeluk agama Islam. Walaupun menjalankan puasa, namun sebagian besar orang tentu tetap akan bekerja.

Dirasa perlu untuk karyawan melaksanakan puasa dan merasakan lingkungan kerja ramah berpuasa.

Nah, bagaimana cara perusahaan menciptakan lingkungan ramah berpuasa untuk karyawan? Simak caranya di bawah ini.

Pertama, perusahaan bisa menyediakan ruang istirahat bagi karyawan yang berpuasa

Orang mengira bahwa puasa membuat jam makan siang ditiadakan. Padahal, saat karyawan berpuasa, mereka membutuhkan waktu istirahat sebentar untuk mengembalikan fokus dan tenaga. Dengan mempertimbangkan kebutuhan karyawan, setelah istirahat dan recharge energi, diharapkan karyawan dapat kembali bekerja dengan optimal.

Kedua, perhatikan jam masuk dan pulang karyawan

Perusahaan juga bisa memberikan kompensasi waktu mulai bekerja sedikit lebih “siang” dari biasanya. Contohnya, jika biasanya jam masuk kerja adalah pukul 07.30 pagi. Maka saat bulan puasa, jam kerja bisa undur ke 08.00 pagi, yaitu setengah jam lebih siang.

Menciptakan Lingungan Kerja Ramah Untuk Karyawan Puasa

Kompensasi waktu kerja bisa menjadi pilihan untuk meciptakan linkungan ramah berpuasa. Saat bulan puasa, umat muslim diwajibkan bangun lebih awal untuk melaksanakan sahur.

Dengan menerapkan jam masuk lebih siang, karyawan bisa lebih santai untuk mempersiapkan diri ke kantor dan tetap semangat saat bekerja.

Begitu juga dengan jam pulang kerja. Sebisa mungkin, hindari untuk menahan karyawan bekerja lebih lama. Apalagi, jika jam kerja memang sudah selesai.

Perusahaan juga bisa memberikan kesempatan karyawan untuk pulang tepat waktu. Dengan demikian, karyawan juga bisa menghindari macet dan berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

Ketiga, berikan karyawan ruang untuk aktif bergerak

Fokus bekerja tentu hal yang bagus. Namun, terlalu lama fokus dan duduk di depan layar akan membuat badan tegang dan mata lelah, apalagi saat berpuasa. Kamu tidak makan dan minum sehingga membuat aktivitas ke kamar mandi juga akan berkurang.

Badan yang tegang dan mata lelah bisa menghambat fokus karyawan dalam bekerja. Maka, biarkan karyawan sesekali mendapat ruang untuk menggerakan badan dengan melakukan stretching ringan, atau sekedar jalan ke balkon untuk menghirup udara segar dan mendapat sinar matahari yang cukup.

Setelah menggerakan badan dengan ringan dan mendapat matahari yang cukup, karyawan diharapkan bisa mendapatkan lagi fokus kerjanya hingga jam kantor berakhir. Jangan sampai, karyawanmu mengalami penurunan kinerja, ya.

Nah, bagaimana, sudah siap menerapkan lingkungan kerja ramah puasa untuk karyawan?

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!