Blog

Tips Menabung dan Mengatur Keuangan Saat Musim Belanja

Jangan sampai kalap! Begini cara menabung dan mengatur keuangan di musim belanja. Baca selengkapnya berikut ini.
mengatur keuangan musim belanja

Sudahkah kamu menabung dan mengatur keuangan musim belanja? Memang sulit rasanya menahan diri untuk tidak belanja. Apalagi, kamu sudah melihat diskon dan promo yang tersebar di e-commerce atau offline store

Demi menjaga kesehatan finansial kamu, GajiGesa akan memberikan tips menabung dan mengatur keuangan pada musim belanja ini. Ini sangat cocok untukmu yang ingin menabung untuk jangka panjang, maupun pendek. 

Tips Menabung dan Mengatur Keuangan

mengatur keuangan musim belanja

Berikut ini ada lima tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan di musim belanja. 

1. Buat Anggaran dan Mengelola Keuangan

Tujuan membuat anggaran adalah untuk mengalokasikan dana berdasarkan kebutuhan. Misalnya, kamu bisa menyisihkan dana untuk kebutuhan pokok, darurat, dan menabung. 

Jadi, sangat penting untuk menghitung keperluan primer terlebih dahulu. Kemudian, bisa disusul dengan menyisihkan dana tabungan. Manajemen keuangan sederhana ini bisa kamu terapkan sendiri.

2. Manfaatkan Aplikasi Pencatatan Keuangan

Jika kesulitan untuk membawa buku kas, kamu bisa mengunduh aplikasi pencatatan keuangan di smartphone. Fungsinya, agar kamu tetap bisa memantau cash flow dan mengevaluasi rekam jejak keuangan kamu. 

3. Gunakan Rekening Terpisah

Tips mengatur keuangan musim belanja selanjutnya adalah dengan menggunakan rekening terpisah. Kamu bisa memisahkan akun rekening antara kebutuhan sehari-hari dan menabung. Cara ini bisa jadi tips menabung untuk belanja supaya makin hemat. 

4. Batasi Pengeluaran Sekunder dan Tersier

Selain mengalokasikan anggaran, jangan lupa untuk membatasi pengeluaran yang impulsif. Contohnya, jika memiliki tas yang masih bisa digunakan, kamu tidak perlu untuk membeli yang baru. Hal ini tentu sangat penting agar misi menabung sukses dan tujuan tercapai. 

5. Tetapkan Cara Belanja

Caranya, kamu bisa melakukannya dengan membandingkan harga barang yang termurah. Lalu, kamu juga bisa menentukan waktu berbelanja, misalnya setiap akhir tahun. Kamu juga bisa memanfaatkan voucher belanja, cashback, dan promo lainnya. 

6. Gunakan Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka membantumu menabung secara teratur sampai waktu yang telah ditentukan. Sebelum membuka rekening tabungan berjangka, sebaiknya tentukan dulu waktu jatuh tempo dengan melihat kondisi keuangan. Jika kamu menarik dana tabungan sebelum jangka waktu yang ditargetkan, maka kamu bisa dikenakan pinalti. 

Yuk, mulai jaga kesehatan finansial kamu dengan menabung. Batasi diri juga untuk tidak membeli barang yang bukan kebutuhan sehari-hari. 

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!