Resources

5 Cara Ampuh untuk Menghindari Hutang di Saat Darurat

menghindari hutang

Sekarang ini, kamu harus mengetahui cara menghindari hutang di saat keadaan darurat.

Mengapa demikian? Sebab, melunaskan hutang bukanlah perkara yang mudah, terutama jika gajimu sudah habis untuk pengeluaran bulanan.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa berhutang seakan menjadi pilihan paling praktis di keadaan darurat.

Namun, beban yang akan kamu rasakan di masa-masa mendatang akan menghambatmu dari hal-hal yang lebih penting, seperti kebebasan finansial dan menabung untuk masa pensiun.

Hal ini dikarenakan biaya di keadaan darurat ternilai cukup besar, seperti ongkos perawatan rumah sakit atau reparasi kendaraan pasca kecelakaan.

Nah, maka dari itu, kali ini GajiGesa akan paparkan cara menghindari hutang dan opsi lain yang bisa kamu ambil di saat darurat. Yuk, disimak!

Cara Menghindari Hutang

Berikut adalah 5 cara yang bisa kamu terapkan guna menghindari hutang:

#1 Meminta bantuan teman atau keluarga

Opsi pertama, kamu bisa meminta bantuan kepada teman atau keluarga.

Walaupun meminta bantuan kepada orang terdekat terasa membebankan, hal ini bisa kamu pertimbangkan khususnya di keadaan darurat.

Saat ingin melakukan cara tersebut, cobalah untuk membuat percakapan yang mendalam terlebih dahulu dengan keluarga atau teman.

Kemudian, jika kamu perlu membuat mereka percaya bahwa kamu akan mengembalikan uang tersebut. Kamu bisa membuat surat perjanjian yang berisi tentang tanggal pembayaran dan rincian pinjaman lainnya.

#2 Menjual atau menggadaikan sesuatu

Apakah kamu mempunyai beberapa barang yang bernilai tinggi? Nah, Ccra menghindari hutang selanjutnya adalah untuk menjual atau menggadaikan barang tersebut.

Sebagai contoh, kamu bisa menjual motor atau mobil pribadi. Akan tetapi, dikarenakan proses penjualannya tidak sebentar, kamu dapat menggadaikannya dan meraih uang secara cepat.

#3 Memotong pengeluaran

Kamu bisa mulai mengevaluasi berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk kebutuhan. Mungkin, kamu bisa melakukan penghematan untuk menutupi keadaan darurat.

Misalnya, kamu telah menyisihkan uang untuk makan dan bersenang-senang. Kamu bisa memotongnya sedikit untuk membayar kebutuhan darurat.

#4 Menyewakan barang pribadi untuk mendapatkan uang

Cara menghindari hutang di saat keadaan darurat selanjutnya adalah dengan menyewakan barang pribadi untuk mendapatkan uang.

Seperti opsi kedua, kamu bisa memanfaatkan kendaraan pribadi dan menyewakannya kepada orang yang dipercaya.

Hal tersebut akan sangat membantu untuk menutup biaya yang bakal dikeluarkan di saat keadaan darurat.

#5 Bergabung dengan GajiGesa

Cara terakhir menghindari hutang yang sangat efektif yaitu bergabung dengan GajiGesa.

Apa sih, GajiGesa itu?

Nah, GajiGesa mempunyai layanan earned wage access (EWA) atau akses gaji fleksibel. Kamu bisa menarik gajimu kapan pun dan di mana pun secara prorata.

Dalam arti, kamu bisa menarik gaji yang kamu terima dari perusahaan berdasarkan lama kerjanya.

Contohnya, kamu memiliki gaji per hari sebesar Rp100.000. Kemudian, kamu sudah bekerja di perusahaan tersebut selama 10 hari.

Maka, kamu bisa menarik gajimu sebesar Rp1.000.000 atau sesuai dengan kebutuhan.

Bagaimana? Tertarik bergabung dengan GajiGesa? Yuk, daftarkan perusahaanmu sekarang juga!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!