Resources

5 Kunci Dalam Menciptakan Program Pengembangan Karier

Pengembangan karier sama dengan memberdayakan karyawan. Untuk itu penting untuk dijalankan demi kemajuan sebuah perusahaan juga. Simak ulasannya di artikel berikut ini!

Apa itu pengembangan karier? Pengembangan karier merupakan proses pengetahuan diri dan eksplorasi. Selain itu juga sebagai peningkatan kemampuan karyawan yang berdampak pada perubahan status, posisi atau jabatan mereka di sebuah perusahaan. Hal ini merupakan aspek penting dalam manajemen karyawan mengingat salah satu alasan yang paling umum ketika karyawan resign adalah kurangnya perhatian perusahaan pada jenjang karier.

Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Karier Karyawan Agar Tidak Stagnan

Lagipula, pengembangan karier juga memberikan dampak positif bagi perusahaan karena meningkatkan keterampilan dan kompetensi karyawan akan menghasilkan output yang maksimal pula. Oleh karena itu, pengembangan karier sebaiknya dilakukan dengan perencanaan dan strategi khusus. Di bawah ini, kami mencoba mengurai 5 kunci yang perlu HR tahu dalam menciptakan program pengembangan karier.

#1 Tetapkan struktur organisasi yang jelas

Saat ingin menciptakan pengembangan karier kita terlebih dahulu harus memahami kebutuhan perusahaan. HR perlu membuat struktur organisasi yang bisa menunjukkan peran dari setiap posisi termasuk kompensasi dan benefitnya.

#2 Kembangkan peta karier

Setelah memiliki struktur organisasi yang jelas, akan lebih mudah untuk memetakan kemungkinan jalur karier untuk setiap posisi di setiap divisi. Buatlah jalur karier sejelas-jelasnya karena itu salah satu hal yang paling sering ditanyakan oleh karyawan.

Baca juga: Susun Rencana Karier Demi Masa Depan Cerah, Ini Caranya!

#3 Jalur karier yang diinginkan karyawan

Mengingat pengembangan karier merupakan hal yang mempengaruhi perusahaan dan karyawan, maka HR perlu mencari tahu apa yang karyawan inginkan dalam berkarier di perusahaan tersebut.

#4 Buat action plan yang jelas

Setelah ketiga proses di atas, hal yang utama adalah bagaimana mengimplementasikannya. Untuk itu, HR perlu membuat rencana tindakan spesifik agar karyawan maju dalam berkarir di perusahaan tersebut. Misalnya pelatihan seperti apa yang perlu diadakan untuk karyawan di posisi tertentu di divisi A, akan berbeda dengan pelatihan untuk karyawan di posisi tertentu di divisi B dan seterusnya.

#5 Evaluasi

Setelah semua langkah tersebut dijalankan dan program pengembangan karier mulai berjalan, maka perlu diadakan evaluasi di akhir program untuk melihat efektifitas program yang berjalan dan jangan lupa cari tahu kepuasan karyawan dengan program tersebut.

Baca juga: Membuat dan Mencapai Tujuan Karier, Bagaimana Caranya?

Program pengembangan karier ini sangat penting karena memiliki manfaat tidak hanya untuk perusahaan karena bisa menjadi pertimbangan karyawan untuk berkarier lama di sebuah perusahaan dan seiring meningkatnya kemampuan karyawan, output pekerjaan pun akan maksimal.

Sementara dari sisi karyawan, selain meningkatkan kemampuan dan mengasah potensi diri, mereka juga bisa menikmati kompensasi dan benefit yang lebih ketika sukses mendaki jenjang karir yang mereka inginkan di perusahaan tempatnya bekerja.

 

Sumber: HRNOTE

Simak juga:

https://gajigesa.com/gaji-gesa/program-finansial-karyawan/