Resources

Tingkatkan Kesehatan Karyawan dengan 5 Ide Program Berikut Ini!

5 cara ini bisa kamu tiru loh untuk meningkatkan kesehatan karyawan. Simak ulasannya di artikel berikut ini!

program kesehatan

Program kesehatan di lingkungan kerja menjadi bagian penting dalam meningkatkan produktifitas karyawan. 

Kesehatan karyawan kamu kurang baik? Kesehatan memang unsur yang sangat penting bagi semua orang termasuk karyawan. Karena karyawan merupakan aset terpenting dalam suatu perusahaan. Keberadaan karyawan sangat mempengaruhi terhadap maju atau mundurnya perkembangan perusahaan. Sehingga, mengapa perusahaan perlu memikirkan program kesehatan yang baik bagi karyawannya. Hal ini tentunya untuk mendukung kondisi kesehatan karyawan agar tetap dapat bekerja lebih produktif dan memberikan kinerja yang baik. Banyak program kesehatan yang dapat diberikan oleh perusahaan kepada karyawan sebagai usaha meningkatkan kesehatan karyawan. Artikel berikut ini akan memberikan HR ide program kesehatan untuk karyawan. 

Baca juga: Serba-serbi Employee Wellness Program yang Perlu Kamu Ketahui!

#1 Rapat Berjalan

Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa berjalan kaki merupakan latihan fisik dan banyak penelitian mengusulkan untuk mengadakan rapat kantor yang dilakukan sambil berjalan kaki. Jika perusahaan menjalankan kebiasaan ini, tentunya banyak manfaat yang akan bertambah bagi kesehatan karyawan. Perusahaan dapat merancang pertemuan, rute perjalanan, dan durasi pertemuan. Misalnya 30 menit berada di taman sekitar kantor. Suasana baru dan sedikit udara segar tentunya akan mengasah kreativitas karyawan. Cara ini juga sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya. 

#2 Program Kesehatan dengan Meditasi

Perusahaan dapat menjalankan program kesehatan seperti meditasi. Meditasi adalah kegiatan yang menenangkan dan baik bagi kesehatan. Manfaat lainnya dari meditasi ialah dapat membantu karyawan mengurangi stres, meningkatkan daya ingat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh saat menghadapi pekerjaan. Contoh ketika kamu ingin menjalankan program ini misalnya dengan setiap pagi sebelum bekerja, ajak karyawan untuk duduk bersama melingkar lalu melakukan meditasi selama 15 menit. Cara ini akan sangat baik bagi produktivitas kerja karyawan.

Baca juga: 8 Indikator Ini Menentukan Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan, Sudah Cek?

#3 Kelas Kesehatan Fisik

Program kesehatan yang ketiga adalah dengan mengajak karyawan untuk melakukan aktivitas fisik. Misalnya dengan menawarkan kelas kebugaran. Perusahaan dapat menyediakan tempat gym gratis atau dengan mendatangkan instruktur setiap minggunya dan menjalankan olahraga bersama. Hal ini akan meningkatkan kesehatan karyawan dan membuat karyawan menjadi semakin bugar. Apabila tubuh merasa sehat pikiran pun menjadi sehat, sehingga karyawan dapat memberikan kinerja yang terbaik bagi perusahaan.

#4 Kelas Memasak

Makanan yang kita makan tentu akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Perusahaan dapat mengadakan kelas memasak sebagai program kesehatan karyawan. Dengan mengadakan kelas memasak ini selain bertujuan untuk menjaga kesehatan karyawan juga dapat menjadi cara menyenangkan untuk membuat semua orang terlihat sehingga dapat meningkatkan employee engagement

Baca juga: Perusahaan Ternyata Mempunyai Peran Penting dalam Kesehatan Mental Karyawan

#5 Mengadakan Tantangan Program Kesehatan

Perusahaan dapat mengadakan tantangan kegiatan yang sehat di tempat kerja secara sederhana. Misalnya dengan mengadakan tantangan jumlah jalan kaki terbanyak setiap harinya akan mendapat hadiah. Dengan melakukan hal ini tentu karyawan menjadi bersemangat untuk lebih menjaga kesehatannya. 

Berinvestasi pada program kesehatan sangat baik bagi perusahaan. Dengan mengadakan program ini tentu bukan hanya memberikan banyak manfaat bagi karyawan tapi perusahaan juga. 

Berikut tips-tips yang bisa perusahaan lakukan untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental karyawan. 

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!